Mendagri Sebut Desa Mandiri Jadi Kunci Penguatan Ekonomi
Logo BeritaSatu

Mendagri Sebut Desa Mandiri Jadi Kunci Penguatan Ekonomi

Rabu, 10 Februari 2021 | 20:00 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah terus menjalankan pembangunan desa untuk memperkuat ketahanan ekonomi domestik. Hal ini menjadi langkah jangka panjang pemerintah untuk menjalankan pemerataan ekonomi dan menjaga stabilitas perekonomian. Penguatan desa akan menjadi kunci memperkuat ketahanan ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Kalau desa-desa bisa mandiri dan mereka membuat sentra-sentra ekonomi baru maka kita tidak akan kolaps ketika ada satu daerah menghadapi tekanan,” ucap Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam konferensi pers pada Rabu (10/2/2021).

Tito mengatakan, selama ini pembangunan lebih banyak di perkotaan sedangkan kondisi pandemi Covid 19 banyak terjadi di daerah perkotaan. Saat pemerintah melakukan sejumlah pembatasan di perkotaan maka turut mempengaruhi laju perekonomian nasional.

"Kita sudah terlalu fokus pada pembangunan di Pulau Jawa, sehingga akibatnya saat daerah-daerah sentra ekonomi diperketat, kegiatan ekonomi turun, dan akan memengaruhi suplai daerah-daerah di luar Jawa," ucapnya.

Tito mencontohkan, Australia yang memiliki sentra ekonomi berbeda ada di Sydney, Melbourne, Queensland, Darwin, dan Perth. Sehingga, saat terjadi karantina wilayah (lockdown) di Melbourne daerah lain bisa memberikan suplai.

Selain itu, sambung Tito, beberapa negara lain seperti Amerika Serikat (AS) dan Jepang juga tidak memfokuskan perekonomiannya di satu daerah saja, sehingga bisa menjaga perekonomian tetap berjalan saat pandemi.

"Pembangunan desa menjadi pilar ketahanan nasional, terutama di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah sangat gigih dalam membangun desa,” ucap Tito.

Sementara itu, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Ketua Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) Panut Mulyono mengatakan, pihaknya terus mendorong agar pertumbuhan atau pembangunan ekonomi tidak hanya terpusat di kota tetapi bisa juga dilakukan di desa.

"Saat ini, sudah ada generasi milenial yang menjadi chief executive officer di perusahaan yang mengembangkan pertanian maupun perusahaan pariwisata di desa. Karena itu, desa harus tumbuh sebagai kekuatan ekonomi. Sehingga ekonomi kita bisa merata di seluruh negeri,” ucap Panut.

Menurut Panut, untuk mengembangkan potensi desa maka kompetensi pelaku ekonomi, dan aparatur desa harus ditingkatkan. Saat ini, perguruan tinggi juga sudah menjalankan kegiatan KKN untuk mendorong partisipasi mahasiswa dalam pembangunan desa.

"Sekarang akan dikombinasikan dengan desa masuk kampus, kami undang aparatur, pelaku ekonomi desa, pengurus Bumdes, dan pendamping desa untuk mengikuti pelatihan yang sifatnya kompetensi akademik,” ucapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendagri Tekankan Pengelolaan Pemerintah Desa Harus Profesional

Tito Karnavian menekankan pengelolaan pemerintah desa harus dijalankan sesuai konsep manajemen pemerintahan yang profesional.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kompolnas Dukung Bareskrim Usut Kasus Importasi Buah

Kompolnas mendukung Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri dalam mengusut kasus pengurusan izin importasi buah.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kampanyekan Pernikahan Dini Hingga Poligami, Polri Usut Aisha Wedding

Mabes Polri angkat bicara soal wedding organizer bernama Aisha Wedding.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Mulai Kamis, Lawan Arah di Tol Cipali KM 122 Diperpendek

Rekayasa lalu lintas lawan arah di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122+400 diperpendek menjadi satu kilometer mulai Kamis (11/2)

NASIONAL | 10 Februari 2021

KPK Eksekusi Eks Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II ke Lapas Cibinong

KPK mengeksekusi mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (PT AP II) Andra Yastrialsyah Agussalam ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cibinong

NASIONAL | 10 Februari 2021

Dor! Pengedar Sabu-sabu di Mataram Ditembak Polisi

Saat dilakukan penangkapan terhadap pelaku berinisial AAS alias Agus (40), petugas sempat diteriaki maling.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Babinkum TNI Sosialisasi HAM dan Hukum Humaniter Internasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mempunyai komitmen yang tinggi terhadap penegakan hukum, terhadap hak asasi manusia (HAM).

NASIONAL | 10 Februari 2021

Diduga Depresi Ditinggal Istri Jadi TKI, Pria Di Lombok Tengah Nekat Gantung Diri

Seorang pria berinisial S (28), warga asal Dusun Tanak Awu, Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, NTB, ditemukan tewas gantung diri.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Simpan Sabu-sabu 1,12 Gram, Paria Paruh Baya Diringkus Polisi

Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Lombok Barat, melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki yang diduga memiliki, menyimpan dan menguasai sabu-sabu.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Tawarkan Perlindungan Saksi Penembakan Pdt Yeremia, LPSK Koordinasi Dengan DPRP

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyusun inisiatif psikososial untuk kemanusiaan Papua.

NASIONAL | 10 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS