PKB Usul Syaikhona Cholil dan KH Bisri Syansuri Sandang Gelar Pahlawan Nasional
Logo BeritaSatu

PKB Usul Syaikhona Cholil dan KH Bisri Syansuri Sandang Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 10 Februari 2021 | 20:54 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR mendesak Kementerian Sosial (Kemsos) segera menindaklanjuti usulan gelar Pahlawan Nasional bagi KH Muhammad Cholil dan KH Bisri Syansuri. Wakil Ketua Fraksi PKB DPR, Marwan Dasopang menilai, dua sosok tersebut memenuhi persyaratan untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Hal ini mengingat pengabdian dua tokoh tersebut kepada bangsa dan negara. Untuk itu, Kemsos diminta wajib memprioritaskan KH Muhammad Cholil dan KH Bisri Syansuri menjadi Pahlawan Nasional pada 2021.

“KH Muhammad Cholil atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Cholil Bangkalan dan KH Bisri Syansuri dinilai pantas menyandang gelar Pahlawan Nasional. Bahkan tahapan pengusulan Syaikhona Cholil dan KH Bisri Syansuri sebagai pahlawan nasional telah diajukan ke instansi pemerintah daerah. Maka kami mendesak agar hal itu segera ditindaklanjuti di tingkat pemerintah pusat,” kata Marwan, Rabu (10/2/2021).

Marwan menjelaskan Syaikhona Cholil dan KH Bisri Syansuri merupakan sosok yang telah terbukti memberikan dampak luar biasa bagi perjalanan bangsa Indonesia. Syaikhona Cholil dikenal sebagai guru dari ulama-ulama besar di nusantara seperti pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari dan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Selain itu, lanjut Marwan, Syaikhona Cholil juga aktif memberikan dukungan moral bagi perjuangan para santri-santrinya dalam melawan penjajahan Belanda.

“Bahkan ada sebagian kesaksian jika Ir Soekarno juga pernah sowan kepada Syaikhona Cholil untuk mendapatkan restu dalam perjuangan mengalang kekuatan melawan Belanda,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.

Demikian halnya dengan KH Bisri Syansuri yang telah banyak berkontribusi bagi perjalanan bangsa Indonesia. Marwan menejelaskan, pendiri Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang tersebut aktif dalam perlawanan terhadap penjajah sebagai Komandan Markas Besar Ulama.

“Mbah Bisri juga mempunyai kontribusi besar dalam pendidikan Indonesia di mana kakek dari Gus Abdul Muhaimin Iskandar tersebut merupakan kiai pertama yang mendirikan pesantren khusus perempuan. Kiprah dan kontribusi Mbah Bisri tentu tidak diragukan lagi serta layak mendapat gelar Pahlawan Nasional,” kata Marwan.

Marwan mengaku akan segera bertemu dengan Kemsos sebagai mitra Komisi VIII untuk membicarakan pengangkatan Mbah Cholil Bangkalan dan Mbah Bisri Syansuri sebagai Pahlawan Nasional. Maran berharap agar persoalan teknis administratif pengajuan nasional bagi dua tokoh besar tersebut bisa segera diselesaikan.

“Kami yakin tokoh-tokoh tersebut tidak ingin dipuja sebagai pahlawan, namun sebagai bangsa besar kita tentu ingin mengabadikan jasa-jasa Syaikhona Cholil dan Mbah Bisri Syansuri sebagai Pahlawan Nasional,” ujar Marwan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK Lelang Barang Rampasan Perkara Pedangdut Saipul Jamil

KPK melelang barang hasil rampasan dari perkara suap penanganan kasus pelecehan seksual terhadap anak dengan terpidana Saipul Jamil

NASIONAL | 10 Februari 2021

Politikus PKS Singgung Sumber Dana Abu Janda

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Al Muzzammil Yusuf menyinggung soal sumber dana Permadi Arya atau yang dikenal dengan Abu Janda.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Wagub Terima Audiensi Kepala PLN NTT

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi menerima audiensi Kepala PLN Wilayah NTT, Agustinus Jatmiko.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kemdagri Ajak Masyarakat Ikut Melandaikan Kurva Penularan Covid-19

Tantangan dalam penanganan Covid-19 sangat besar

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kemdagri: 8% Dana Desa Boleh Dimanfaatkan untuk Penanganan Covid-19

Sekitar 8% dana desa yang sudah ada dalam APBDes, termasuk pendapatan lainnya, bisa dimanfaatkan dalam rangka pengendalian Covid-19.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Mendagri Sebut Desa Mandiri Jadi Kunci Penguatan Ekonomi

Penguatan peran desa akan menjadi kunci ketahanan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Mendagri Tekankan Pengelolaan Pemerintah Desa Harus Profesional

Tito Karnavian menekankan pengelolaan pemerintah desa harus dijalankan sesuai konsep manajemen pemerintahan yang profesional.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kompolnas Dukung Bareskrim Usut Kasus Importasi Buah

Kompolnas mendukung Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri dalam mengusut kasus pengurusan izin importasi buah.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Kampanyekan Pernikahan Dini Hingga Poligami, Polri Usut Aisha Wedding

Mabes Polri angkat bicara soal wedding organizer bernama Aisha Wedding.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Mulai Kamis, Lawan Arah di Tol Cipali KM 122 Diperpendek

Rekayasa lalu lintas lawan arah di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122+400 diperpendek menjadi satu kilometer mulai Kamis (11/2)

NASIONAL | 10 Februari 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS