Logo BeritaSatu

Begini Penjelasan BKKBN Soal Janda di Cianjur Hamil Tanpa Hubungan Seks

Minggu, 14 Februari 2021 | 15:23 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Seorang perempuan dengan status janda di Cianjur, Jawa Barat bernama Siti Zainah, mengaku hamil tanpa didahului hubungan seks dengan pria. Warga Kampung Gabungan, RT 02, RW 02, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, itu kemudian melahirkan seorang bayi mungil perempuan di Puskesmas Cidaun.

Peristiwa itu pun menggemparkan jagat maya dan pemberitaan mengenai kasus yang dialami Siti Zainah menjadi viral di media sosial (medsos).

Kejadian yang dialami Siti Zainah pun menimbulkan pertanyaan, apakah hal tersebut secara medis mungkin bisa terjadi? Pertanyaan ini terlepas apakah pengakuan Siti Zainah di Cianjur itu benar hamil tanpa melakukan hubungan seks atau tidak.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengatakan, bukan hal yang mustahil seorang perempuan hamil tanpa melakukan hubungan seks.

Menurut Hasto, secara fisiologis, terjadinya embrio bisa secara seksual melalui pertemuan sel telur dengan sperma. Hal ini, kata dia, bisa terjadi secara alami melalui hubungan seks, baik secara sadar dilakukan atau karena tidak dikehendaki, seperti kasus pemerkosaan dengan pembiusan sehingga tidak sadar melakukan hubungan seks.

"Bisa juga tidak secara alami, tetapi dengan inseminasi buatan dengan dibantu dokter, sperma suami dimasukkan ke dalam rahim saat masa subur," ujar Hasto menanggapi kasus yang terjadi di Cianjur, Minggu (14/2/2021).

Cara lainnya, kata Hasto, yaitu dengan artifisial teknologi melalui upaya mempertemukan sperma dan sel telur di dalam laboratorium. Lalu, setelah menjadi embrio, baru dimasukkan dalam rahim (embrio transfer). "Itulah yang disebut dengan bayi tabung atau invitro fertilisasi (IVF)," urainya.

Lebih lanjut, Hasto menuturkan, dalam ilmu biologi, ada proses pembuahan yang tanpa didahului dengan hubungan seks atau pertemuan antara sel telur dan sperma. Hal ini dikenal dengan aseksual.

"Ada istilah partenogenesis yang terjadi pada lebah sehingga lebah bisa bertelur dan telurnya mendapatkan semacam sengatan listrik oleh lebah itu sendiri, bisa jadi seperti tersengat maka telur itu secara ajaib bisa menjadi calon embrio lebah baru dan jadi lebah. Hal itu merupakan kuasa Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa," paparnya.

Dikatakan Hasto, dalam perkembangan teknologi reproduksi, cara seperti itu sudah dipraktikkan dengan cara sel telur sapi diberi sengatan listrik dengan tanpa adanya sperma sapi jantan. Hasilnya, tukas Hasto, ternyata bisa menjadi seperti embrio yang dinamakan inner cell mass (ICM).

"Jadi, dengan teknologi reproduksi, bisa menjadi calon kehidupan baru dengan tanpa proses hubungan seksual. Ini bagian dari kuasa Allah. Jika Allah berkehendak jadi maka jadilah, sehingga terjadi kehamilan tanpa hubungan seks," paparnya.

Terakhir, kata Hasto, perlu kewaspadaan terkait dengan status kejiwaan seseorang ketika ada keanehan seperti yang dialami Siti Zainah di Cianjur. Pasalnya, banyak orang mengalami gangguan jiwa ringan atau berat yakin dengan isi pikiran terkait suatu kejadian, yang kenyataannya sebenarnya salah.

”Ini bisa terjadi kepada siapa saja, bahkan halusinasi dan ilusi bisa terjadi. Bukan hanya kali ini saja seorang perempuan mengaku tidak sama sekali melakukan hubungan seksual tetapi hamil, padahal sebenarnya ada konteks seksual," pungkas Hasto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ribuan Mahasiswa, Buruh, dan Petani Unjuk Rasa di DPR

Ribuan mahasiswa, buruh, hingga petani akan bergabung dan menggelar unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (27/9/2022)

NEWS | 27 September 2022

Mahfud Ungkap Jokowi Kecewa Upaya Pemberantasan Korupsi Sering Gembos di MA

Mahfud MD mengungkapkan, Presiden Jokowi kecewa upaya pemberantasan korupsi kerap kali gembos di MA atau lembaga yudikatif. 

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Panggil Mahasiswa dan Bos Perusahaan Kargo

Kasus Lukas Enembe, KPK mengagendakan pemeriksaan dua saksi yakni seorang mahasiswa dan bos perusahaan kargo terkait kasus Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Jika Gunakan Senjata Nuklir, Rusia Ditinggalkan Iran dan Tiongkok

Rusia akan ditinggalkan Iran dan Tiongkok jika Presiden Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir.

NEWS | 27 September 2022

4.400 Personel Amankan Aksi Demo di Depan Gedung DPR/MPR

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI, Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak yang bakal menggelar aksi demo di depan Gedung DPR/MPR.

NEWS | 27 September 2022

Seleksi Guru ASN P3K Dibuka, Pemda Diminta Optimalkan Usulan Formasi

Kemendikbudristek mendorong pemda mengajukan formasi guru ASN P3K secara optimal dalam seleksi guru ASN P3K 2022. 

NEWS | 27 September 2022

Volodymyr Zelensky Dapat Gelar Tokoh Yahudi Paling Berpengaruh 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendapat gelar sebagai Tokoh Yahudi Paling Berpengaruh Tahun 2022.

NEWS | 27 September 2022

Swiss Musnahkan 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna

Swiss terpaksa memusnahkan 10,3 juta dosis vaksin Moderna untuk melawan Covid-19, setelah habis masa berlakunya minggu ini.

NEWS | 27 September 2022

5 Warga Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Kota Baru Kalsel

Sebanyak lima warga meninggal dunia dalam bencana tanah longsor yang melanda Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sei Durian, Kabupaten Kota Baru, Kalsel.

NEWS | 27 September 2022

Global Forum AMM G-20 Akan Bahas Pertanian Digital

AMM G-20 akan dibuka dengan sesi Global Forum yang secara khusus akan membahas pertanian digital.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan <em>Bikin </em>Malu

6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan Bikin Malu

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings