Abu Vulkanik Gunung Raung Mulai Menurun
Logo BeritaSatu

Abu Vulkanik Gunung Raung Mulai Menurun

Minggu, 14 Februari 2021 | 21:29 WIB
Oleh : YUD

Banyuwangi, Beritasatu.com - Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mencatat aktivitas vulkanik gunung api yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur itu kini mulai menurun.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021) mengatakan material abu vulkanik sudah tidak keluar secara terus-menerus dan kegempaan juga sudah dominan pada amplitudo 1 mm serta suara gemuruh dan pantulan cahaya api juga menurun.

"Asap kawah bertekanan lemah, teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang, dan tinggi 300-500 meter di atas puncak kawah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung terpantau tipis hingga sedang, sedangkan arah angin membawa abu ke timur dan timur laut.

Ia menjelaskan bahwa abu vulkanik Gunung Raung saat ini hanya keluar sesekali saja dan abu hanya keluar dengan durasi waktu yang tidak bisa dipastikan, termasuk pantulan cahaya api dari asap tidak lagi nampak dan suara gemuruh juga tidak terdengar.

"Paling tidak setengah jam sekali, suara gemuruh sudah tidak terdengar lagi. Begitu juga cahaya api sudah tidak tampak lagi sejak tadi malam," katanya.

Mukijo menjelaskan, untuk kegempaan sejak 12 Februari 2021 amplitudonya sudah dominan 1 mm dan kalaupun ada fluktuasi, tremor yang terjadi naik turunnya antara 1 mm hingga 4 mm.

Dengan kondisi aktivitas Gunung Raung saat ini, menurut dia, bisa menggambarkan kondisi letusan gunung api secara keseluruhan sudah mereda.

"Hanya saja ya tetap kami pantau karena tremornya masih ada, sampai tadi pagi juga. Tinggi kepulan asap masih 500 meter," katanya.

Sejak 7 hingga 12 Februari 2021, kata dia, abu vulkanik Gunung Raung keluar secara terus menerus, dan semburan abu bisa mencapai hingga sekitar 2.500 meter di atas puncak.

Meskipun demikian, katanya, setelah 12 Februari 2021, kondisi aktivitas vulkanik menurun, status Gunung Raung masih waspada.

"Semoga kondisinya segera pulih. Sampai saat ini status masih waspada, dan jarak aman bagi masyarakat masih 2 kilometer dari atas puncak," demikian Mukijo.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wamenparekraf Kecam Penyelewengan Dana Hibah Pariwisata

Wamenparekraf memastikan kedelapan oknum yang kini telah menjadi tersangka itu mendapat tindakan tegas dari Kejaksaan Negeri Buleleng.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Diduga Korupsi, Calon Bupati Terpilih di Papua Dipolisikan

Elisa Kambu, calon bupati terpilih Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, dilaporkan ke Mabes Polri

NASIONAL | 14 Februari 2021

Perpres RAN PE Dinilai Sebagai Bentuk Kemajuan Penanganan Ekstremisme

Savic Ali menilai peraturan yang juga dikenal sebagai Perpres Ekstremisme ini merupakan bentuk kemajuan penanganan ekstremisme di Indonesia.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Kapal Meledak di Samarinda, 3 Tewas

Polresta Samarinda, Kalimantan Timur menyatakan ada tiga korban meninggal dunia dan satu orang luka ringan dalam peristiwa meledaknya kapal tanker.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Akhyar Nasution Harap Muhammadiyah Terus Lahirkan Gagasan Kemajuan

Wali Kota Medan Akhyar Nasution berharap Muhammadiyah dapat menjadi wadah yang terus melahirkan berbagai gagasan, terutama bagi kemajuan Medan.

NASIONAL | 14 Februari 2021

PLN Berhasil Pulihkan 99 Persen Gardu Listrik Terdampak Banjir di Jabar

Hingga Minggu (14/2/2021) sore, total 473 gardu terdampak banjir telah kembali menyala.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Oknum Aparat Diduga Terlibat Ilegal Logging , Dandim Putussibau Dukung Proses Penyelidikan

Oknum anggota Subdenpom Putussibau berinisial WD diduga terlibat dalam aktivitas ilegal logging.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Hadiri Tahun Baru Imlek, Wapres: Kerukunan Kunci Utama Menjaga Keutuhan Bangsa

Wapres KH Ma’ruf Amin mengajak Ormas yang berbasis agama untuk meningkatkan peran aktifnya dalam menjaga kerukunan antarumat bergama.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Pemprov Sulsel Gandeng Perseroda dan Bank Sulselbar Sejahterakan Petani

Pemprod Sulse gandeng PT Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel dan Bank Sulselbar, untuk mensejahterakan masyarakat Sulsel.

NASIONAL | 14 Februari 2021

Produksi Padi Jatim Tertinggi di Indonesia, Khofifah: Bendungan Tukul Akan Perkuat Ekonomi Masyarakat

Khofifah menyebutkan produksi padi Jatim dari data BPS tahun 2020 merupakan yang tertinggi dari seluruh Jatim.

NASIONAL | 14 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS