Rapim TNI-Polri Bahas Penanggulangan Pandemi Covid-19
Logo BeritaSatu

Rapim TNI-Polri Bahas Penanggulangan Pandemi Covid-19

Senin, 15 Februari 2021 | 19:47 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, gelaran Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2021 diawali dengan pengarahan Presiden Joko Widodo terkait sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Jadi bagaimana agar sinergi Polri dan TNI terus dilakukan dalam upaya-upaya penanggulangan Covid yaitu, mulai dari melakukan pagelaran, peningkatkan kedisiplinan terkait protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi massal yang saat ini sedang digelar, dan kemudian ke depan juga tentunya akan ada penambahan jumlah vaksin yang akan didistribusikan, dan tentunya juga membantu mempersiapkan petugas atau vaksinator dalam rangka mempercepat program vaksinasi nasional yang dilaksanakan," ujar Sigit, Senin (15/2/2021).

Menyoal PPKM Mikro, kata Sigit, TNI-Polri dalam hal ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak terdepan di dalam pelaksanaan program PPKM Mikro berbasis RT atau RW diharapkan betul-betul menjadi pelopor.

"Bekerjasama dengan Linmas, kemudian ketua RT, ketua RW atau Lurah untuk betul-betul bisa melaksanakan penegakan aturan terkait dengan 3T, testing, tracing dan kemudian treatment, dengan tidak melupakan program 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Sehingga diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, maka penyebaran laju Covid-19 bisa ditekan," ungkapnya.

Listyo melanjutkan, TNI-Polri juga diharapkan bisa melakukan pengawalan terhadap pengembangan UMKM dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kemudian, pengawalan terhadap program-program nasional yang bersifat padat karya baik itu infrastruktur atau program-program lain yang perlu kita kawal. Kemudian tentunya yang tidak kalah penting adalah pendampingan terkait adanya refocusing anggaran," katanya.

Ihwal bidang hukum, Listyo menyampaikan, TNI-Polri diharapkan bisa mendukung dan mengawal proses penegakan hukum dengan memperhatikan masalah hak azasi manusia.

"Tentunya juga meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri ke depan dalam berbagai bentuk kegiatan yang bersifat integrasi, bersifat pendidikan dan berbagai macam kegiatan di lapangan, sehingga TNI-Polri semakin solid," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemerintah Diminta Dorong RUU Perampasan Aset Tindak Pidana

Pemerintah diminta untuk mendorong ditetapkannya RUU Perampasan Aset Tindak Pidana sebagai RUU Prioritas 2021 atau setidaknya pada tahun 2022.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Tuntaskan Kasus HAM, Setara Institute Dorong Humanisasi di Papua dan Papua Barat

Penyelesaian pelbagai kasus HAM di Papua bukan sekadar meminimalisir komoditas isu kelompok tertentu tetapi juga humanisasi dan hak konstitusional warga

NASIONAL | 15 Februari 2021

Angkasa Pura I Sediakan Galeri UMKM di Bandara Syamsudin Noor

Tiga pihak menandatangani kerja sama dalam rangka mendukung pengembangan dan pemasaran produk UMKM Kalimantan Selatan di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Panglima Ungkap Presiden Perintahkan TNI-Polri Dukung Penegakan Protokol Kesehatan

Presiden Jokowi memerintahkan TNI-Polri untuk mendukung penegakan disiplin protokol kesehatan, PPKM Mikro, mengawal distribusi vaksin hingga vaksinator.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Hasil Otsus Papua Masih Jauh dari Harapan

Penerapan otonomi khusus (otsus) diharapkan bisa menjadi penyelesaian masalah di Papua.

NASIONAL | 15 Februari 2021

KPK Tetapkan Bupati Muara Enim Tersangka

Bupati Muara Enim Juarsah menjadi tersangka kasus dugaan suap di Dinas PU Muara Enim tahun 2019.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Mendagri Lantik Safrizal ZA Jadi Penjabat Gubernur Kalsel

Safrizal dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 31/P Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Menkes Minta TNI-Polri Bantu Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Massal

Menkes meminta TNI-Polri untuk membantu pemerintah dalam menekan laju penularan virus Covid-19 di Indonesia melalui program vaksinasi massal.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Jubir Presiden Optimistis Vaksinasi Akan Selamatkan Bangsa Indonesia dari Covid-19

Pemerintah sangat optimistis vaksinasi terhadap 181,5 juta rakyat Indonesia akan berhasil menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orangtua dari Covid-19.

NASIONAL | 15 Februari 2021

Akhirnya, Bawaslu Minta Mendagri Tak Lantik Orient sebagai Bupati Terpilih Sabu Raijua

Bawaslu merekomendasikan dan meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tidak lantik Orient Patriot Riwu Kore sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua.

NASIONAL | 15 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS