Pembangunan Huntara Korban Banjir Libatkan Warga Lokal
Logo BeritaSatu

Pembangunan Huntara Korban Banjir Libatkan Warga Lokal

Kamis, 18 Februari 2021 | 14:09 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pembangunan hunian sementara (huntara) korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) melibatkan warga lokal, sehingga masyarakat lebih memiliki dan pengerjaan proyek lebih terpantau. Hal itu itu dilakukan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Aqsha Delatinos BSD Tangerang Selatan, yang berkolaborasi dengan Barabaimuda (kelompok pemuda lokal) membangun huntara bagi korban banjir di Desa Alat Sebrang, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam pembangunan ini, Aqsha Tanggap Bencana (ATB) Masjid Al-Aqsha Delatinos bertugas mengumpulkan dana, membelanjakan logistik, dan mengirimkan ke lokasi. Sementara Barabaimuda membantu eksekusi pembangunan. “Pola kerja sama ini efektif, karena melibatkan masyarakat. Jadi mereka tak hanya sebagai penerima. Dengan begitu masyarakat akan memelihara huntara dan memudahkan operasional di lapangan,“ kata Ketua ATB Masjid Al Aqsha Delatinos, Amirudin Khaer dalam keterangan tertulisnya Kamis (18/2/2021).

Sementara pembina Baraibamuda, Birrul Qodriyah mengatakan, pihaknya selalu memberikan up date pembangunan. "Pengerjaan huntara ini akan terus jalan sepanjang donasi masih mengalir," kata dia.

Dia mengatakan, huntara diprioritaskan bagi korban banjir dengan kondisi khusus yang memerlukan. Beberapa prioritas utama adalah keluarga dengan lansia, keluarga dengan balita atau ibu hamil, serta keluarga dengan anggota keluarga yang sakit berat/menahun. "Ini akan meringankan masyarakat yang sudah kehilangan harta dan benda," kata dia.

Hingga kini kolaborasi penanggulangan bencana tersebut sudah membangun sembilan hunian untuk korban banjir, dan akan bertambah seiring masuknya donasi. “Kami kami harap banyak masyarakat terbantu dengan pola seperti ini. Pola ini cepat dan langsung menuju sasaran," kata Birrul.

Sementara huntara berupa rumah kayu. Setiap huntara senilai Rp 15 juta ini ditargetkan selesai dalam 10 hari, dengan ukuran 8x4 meter. “Meski huntara, tetapi fondasi dan tiang utama tetap menggunakan kayu ulin seperti kebiasaan masyarakat Banjar dalam membangun rumah," kata Iqbal koordinator lapangan untuk pembangunan Aqsha Huntara



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menoor Batik Berdayakan Peran Perempuan untuk Bangun Ekonomi

ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender perlu dijawab dengan peran pemberdayaan wanita di bidang ekonomi. Menoor Batik memulainya di industri batik.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Lawan Peredaran Narkoba di Desa, BNN Gandeng Kemdes PDTT

BNN menggandeng Kemdes PDTT untuk memerangi peredaran narkoba di perdesaan.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Kematian Ustaz Maaher, Komnas HAM: Polisi Datang Beri Penjelasan

Komnas HAM ingin mendalami penyebab sebenarnya kematian ustaz Maaher.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Peneliti IPB: Pengembangan KEK Lido Bogor Tidak Boleh Menyerobot Hutan

Jika memang ada usaha untuk memanfaatkan kawasan hutan, kalau bisa diupayakan dapat memiliki fungsi sosial bagi masyarakat setempat.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Untar dan TAR UC Malaysia Selenggarakan 2 Konferensi Internasional

Konferensi ini membahas bagaimana ilmu sosial dan teknologi dapat berkontribusi untuk menyelesaikan masalah yang muncul selama pandemi Covid-19.

NASIONAL | 18 Februari 2021

KPK Dalami Aliran Uang Penyewaan Apartemen Edhy Prabowo

Penyewaan apartemen yang dilakukan Amiril Mukminin tersebut diduga uangnya bersumber dari para eksportir yang mendapat izin ekspor benur.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Uhamka Targetkan 50 Dosen Kuliah S-3 Tiap Tahun

Bahkan untuk saat ini, ada 100 dosen sedang melanjutkan S-3 dan 300 lainnya secara bertahap akan melanjutkan S-3.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel

Jokowi juga akan meninjau relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Hipmi Jaya Siap Gelar Musda XVII Secara Hybrid

Afie menegaskan, Hipmi Jaya siap menggelar Musda XVII secara hybrid pada tanggal 24 dan 25 Maret 2021 di The Tribrata Dharmawangsa Jakarta.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Kapolri: Usut Tuntas Mafia Tanah

Kapolri minta semua jajarannya usut tuntas mafia tanah.

NASIONAL | 18 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS