Logo BeritaSatu

Sinergi BLK dan Dunia Usaha akan Percepat Penyerapan Tenaga Kerja

Kamis, 18 Februari 2021 | 20:28 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menekankan pentingnya membangun sinergi dan kolaborasi antara Balai Latihan Kerja (BLK) dengan pemangku kepentingan, khususnya dari dunia usaha dan industri sebagai pengguna tenaga kerja.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan dengan dilakukannya sinergi, dapat dipastikan nantinya peserta lulusan pelatihan yang telah sesuai dengan kebutuhan industri dan lebih mudah terserap. Pada akhirnya, program pelatihan vokasi akan mengurangi biaya pelatihan/training dan investasi SDM bagi industri, sehingga tercipta simbiosis mutualisme antara BLK dan industri.

"Saya kembali mengingatkan bahwa membangun kolaborasi antara BLK dan dunia usaha itu sangatlah penting," ucap Ida dalam siaran pers yang diterima pada Kamis (18/2/2021).

Adapun bentuk sinergi dan kolaborasi yang dapat dilakukan, katanya, di antaranya mengenai informasi pasar kerja; pengembangan kurikulum dan pengajaran; pengembangan standar kompetensi kerja dan kualifikasi nasional; sertifikasi kompetensi; On the Job Training (OJT); peningkatan keterampilan wirausaha; pengembangan training center di industri; dan bahkan menjadi co-manage lembaga pelatihan.

Ida mengatakan dalam upaya memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia, Kemnaker menjadikan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar yang dilaksanakan pada saat ini.

Sementara arah kebijakan program ini adalah mengubah secara total BLK sebagai balai pelatihan vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Salah satu agenda dari program ini adalah redesain pelatihan untuk merespons tantangan ketenagakerjaan lokal, nasional, dan internasional. Ke depan, akan terus dilakukan penguatan SDM instruktur, peningkatan kualitas dan kurikulum pelatihan, pengembangan kurikulum dan SKKNI berbasis kebutuhan industri, serta peningkatan pengakuan atas kompetensi lulusan.

"Agenda lainnya dari transformasi BLK yaitu meningkatkan kemitraan dan kolaborasi dengan stakeholders dalam rangka memperkuat kinerja BLK," ucap Ida.

Dalam kesempatan yang sama Ida juga mengatakan pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk dalam sektor ketenagakerjaan. Berdasarkan survei yang dilakukan Kemnaker pada 2020 menunjukkan bahwa sekitar 88% perusahaan terdampak pandemi yang mengakibatkan kerugian pada operasional perusahaan.

Ia menuturkan, kerugian tersebut umumnya disebabkan menurunnya penjualan, yang berakibat berkurangnya volume produksi. Dari survei tersebut juga didapatkan informasi bahwa meskipun mengalami kerugian operasional dan pengurangan volume produksi, sebagian besar perusahaan tetap mempekerjakan pekerjanya.

Dari dampak pandemi tersebut, hanya terdapat 17,8% perusahaan yang memberlakukan pemutusan hubungan kerja, 25,6% perusahaan yang merumahkan pekerjanya, dan 10% yang melakukan keduanya.

"Alhamdulillah meski pandemi, sebagian besar perusahaan masih mempekerjakan pekerjanya," ucap Ida.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara akan ditutup malam ini. Sebanyak 30 PSK di lokalisasi di Cilincing dipulangkan ke kampung halaman.

NEWS | 26 September 2022

8 Aki Kendaraan Dinas di Kantor Wali Kota Jakpus Dicuri

Delapan aki kendaraan dinas di Kantor Wali Kota Jakpus (Jakarta Pusat) digondol maling. Kendaraan itu terparkir di halaman parkir.

NEWS | 26 September 2022

Sandiaga Optimistis Situs Gunung Padang Cianjur Capai Kunjungan 1,9 Juta Wisman

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis destinasi situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat mampu mencapai kunjungan 1,9 juta wisman.

NEWS | 26 September 2022

Gara-gara Somasi Pelanggan, Es Teh Indonesia Viral

Es Teh Indonesia menjadi viral karena Es Teh Indonesia melayangkan somasi kepada pelanggannya yang mengkritik soal kadar gula dalam kandungan Es Teh Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Anies berharap selesainya revitalisasi TIM mampu membawa perubahan besar ekosistem kesenian yang menghasilkan karya-karya seni yang membanggakan.

NEWS | 26 September 2022

Wagub Jateng Hadiri Jaring Aspirasi UU Cipta Kerja

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mengapresiasi pemerintah pusat yang berupaya menjaring aspirasi buruh terkait UU Cipta Kerja.

NEWS | 26 September 2022

Alasan Effendi Simbolon Tak Hadiri Raker dengan Panglima TNI dan Kasad

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon tidak menghadiri rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman.

NEWS | 26 September 2022

Sapa Masyarakat Baubau, Presiden Jokowi Pilih Berjalan Kaki

Presiden Jokowi memilih untuk berjalan kaki usai tiba di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara setelah melihat banyak masyarakat yang menyambutnya.

NEWS | 26 September 2022

KPK Tak Segan Pakai Pasal Obstruction of Justice di Kasus Lukas Enembe

KPK menegaskan tidak segan untuk menerapkan pasal obstruction of justice atau perintangan penyidikan di kasus Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 26 September 2022

Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

KPK menyatakan belum menerima informasi yang sahih terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mengeklaim sakit.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings