Logo BeritaSatu

Penggunaan Sampah Plastik Meningkat 2 Kali Lipat Selama PSBB

Kamis, 18 Februari 2021 | 21:55 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), penggunaan jasa layanan antar selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) meningkat dua kali lipat. Hal ini jelas berkontribusi meningkatkan penggunaan sampah plastik.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng ojek online untuk mendorong penggunaan tas belanja guna ulang sebagai solusi pengganti kantong plastik sekali pakai. Ini dilakukan menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2021 mendatang.

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati mengapresiasi langkah Gojek yang terus memanfaatkan teknologi untuk secara konsisten berinovasi mendorong masyarakat untuk lebih peduli lingkungan, dengan cara yang mudah.

"Teman-teman dari ojek online ini adalah salah satu ujung tombak dalam upaya pengurangan sampah plastik di Indonesia, kita tahu banyak yg WHF semakin banyak pemesanan makanan secara online, dan itu meningkatkan sampah plastik," ujar Rosa Rahmawati, dalam acara "Peluncuran Tas Belanja Guna Ulang," secara virtual Kamis (18/2/2021).

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan dapat menurunkan penggunaan sampah plastik di Indonesia.

"Pemerintah sudah punya peraturan presiden 97 2017, menargetkan pengurangan sampah 30 persen di tahun 2025, di samping pengurangan sampah itu 70 persen, artinya 100 persen sampah terkelola, sampah tidak terbuang begitu secara ilegal ke lingkungan," kata Rosa.

"Kegiatan ini sangat menunjang untuk pengurangan 30 persen lagi, dan saya harapkan juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi menghasilkan sampah plastik," dia melanjutkan.

Acara "Peluncuran Tas Belanja Guna Ulang" tersebut dihadiri oleh perwakilan mitra pengemudi dari tiga platform ojek online, yaitu Maxim, Grab dan Gojek.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho, mengatakan kegiatan tersebut memperkuat inisiatif GoGreener yang diluncurkan pada 2019, dan berhasil mengurangi 19,3 ton dalam setahun.

"Kami akan melaksanakan tiga pilar, yaitu edukasi, fasilitasi dan tentunya akselerasi teknologi di ekosistem Gojek, sehingga inisiasi ini bisa makin memperluas peta jalan pengembangan sampah oleh produsen di periode 2020-2029 oleh KLHK," ujar Shinto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bantah Desmond, Komnas HAM Tegaskan Timsel Telah Bekerja Sesuai Aturan

Komisioner Komnas HAM Amiruddin membantah tuduhan anggota DPR Desmond J Mahesa yang menyebut Timsel calon komisioner Komnas HAM melanggar tata tertib.

NEWS | 30 September 2022

Stok Vaksin Meningitis Jemaah Haji dan Umrah Diperbanyak

Kemenkes mengupayakan normalisasi stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) bagi pelaku perjalanan termasuk calon jemaah haji dan umrah.

NEWS | 30 September 2022

Indonesia Akan Sesuaikan Syarat Haji dan Umrah dengan Saudi

Kemenkes dan Kementerian Agama (Kemenag) bakal menyesuaikan aturan syarat haji dan umrah dari Pemerintah Arab Saudi.

NEWS | 30 September 2022

Nasdem Minta Anies Lanjutkan Program Jokowi jika Ingin Diusung

Partai Nasdem mensyaratkan Anies Baswedan melanjutkan program Jokowi jika ingin diusung Partai Nasdem sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 30 September 2022

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Dia juga menolak hasil referendum di empat wilayah tersebut, yang oleh Rusia diklaim bahwa 97-99% warga di sana ingin bergabung dengan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Wajib Diperangi hingga Akarnya

Terkait peringatan G30S/PKI, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, seperti halnya komunisme, bahaya laten korupsi harus diperangi dan diganyang hingga ke akarnya.

NEWS | 30 September 2022

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings