Jadi PTN Berbadan Hukum, UNS Diminta Lebih Gesit Hasilkan SDM Unggul
Logo BeritaSatu

Jadi PTN Berbadan Hukum, UNS Diminta Lebih Gesit Hasilkan SDM Unggul

Kamis, 18 Februari 2021 | 23:17 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Surakarta, Beritasatu.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) telah berubah status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Lewat perubahan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbud), Nizam, meminta UNS terus melakukan efisiensi, optimalisasi sumber daya, dan penguatan kelembagaan.

“Otonomi yang diberikan kepada PTN-BH supaya perguruan tinggi bisa lebih gesit dan cepat dalam mencapai tujuannya yaitu menghasilkan sumber daya manusia unggul dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Nizam dalam rapat koordinasi pimpinan UNS yang digelar di Surakarta, Kamis (18/02/2021), sebagaimana disampaikan siaran pers Kemdikbud.

Nizam mengatakan, UNS harus membangun ekosistem kampus secara holistik untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU).

“Setiap aktivitas yang dijalankan harus berkontribusi pada capaian IKU yang telah ditetapkan,” kata Nizam.

Nizam menjelaskan, IKU adalah panduan akselerasi peningkatan kualitas mahasiswa, dosen, dan pengembangan kualitas pembelajaran, riset dan reka cipta di perguruan tinggi. IKU terdiri dari delapan faktor yaitu jumlah lulusan perguruan tinggi yang mendapat pekerjaan yang layak, jumlah mahasiswa yang mendapat pengalaman di luar kampus, jumlah dosen yang berkegiatan di luar kampus, jumlah praktisi yang mengajar di kampus, hasil pekerjaan dosen yang digunakan masyarakat atau mendapat pengakuan internasional, program studi yang bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan program studi berstandar internasional.

Salah satu intisari kebijakan Kampus Merdeka adalah memfasilitasi kampus-kampus PTN yang belum berbadan hukum untuk bertransformasi menjadi PTN-BH. Pada 2020, Nizam mengatakan, terdapat lima PTN yang mengajukan perubahan status menjadi PTN-BH, namun hanya UNS yang berhasil lolos.

Nizam menambahkan, Kemdikbud menyediakan berbagai insentif pendanaan melalui transformasi dana pemerintah untuk perguruan tinggi. Misalnya, insentif berdasarkan pencapaian IKU, Program Kompetisi Kampus Merdeka, dan dana penyeimbang (matching fund).

Sementara itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi mengatakan, pihaknya meluncurkan berbagai program untuk mendukung kegiatan pembelajaran di luar kampus sejalan dengan IKU.

“Tahun ini merupakan tahun emas untuk para mahasiswa. Terkait program Kampus Merdeka saja Kemendikbud menargetkan mendanai 50.000 mahasiswa,” jelas Aris.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan UNS menjadikan delapan IKU sebagai basis dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Jamal juga menegaskan keinginan UNS untuk mewujukan cita-cita sebagai perguruan tinggi kelas dunia.

“UNS akan selalu melakukan transformasi, adaptasi, inovasi untik meningkatkan kualitas mahasiswa, dosen, dan output pembelajaran sesuai dengan IKU yang ditetapkan,” kata Jamal.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wali Kota Medan Terpilih Bobby Nasution Ungkap Rasa Syukur

Wali Kota Medan terpilih Muhammad Bobby Afif Nasution didampingi Wakil Wali Kota Aulia Rahman menyampaikan rasa syukur.

NASIONAL | 18 Februari 2021

JPU KPK Limpahkan Berkas Perkara Irgan Chairul Mahfiz

JPU melimpahkan berkas perkara Irgan Chairul Mahfiz dan Puji Suhartono ke Pengadilan Tipikor Medan, Sumatera Utara (Sumut).

NASIONAL | 18 Februari 2021

Kapolri Minta Polda dan Polres Buat Pedoman Penanganan Kasus Pelanggaran UU ITE

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan instruksi kepada jajaran di Polda dan Polres untuk membuat pedoman penanganan kasus pelanggaran UU ITE.

NASIONAL | 18 Februari 2021

BMKG: Waspada Potensi Gempa Besar

Selama kurun Januari saja, terjadi 85 kali kejadian kegempaan yang tersebar mulai dari Aceh, Nias, Bengkulu, dan Lampung.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Kasasi Ditolak, Terpidana Mati Aulia Kesuma Akan Ajukan PK

Terpidana vonis mati kasus pembunuhan berencana terhadap ayah dan anak di Lebak Bulus, Aulia Kesuma mengajukan PK setelah kasasinya ditolak MA.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Gunung Gede Pangrango Terlihat dari Jakarta, Ahmad Riza Patria: Bukti Kualitas Udara Membaik

Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons foto pemandangan Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dari kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Direktur Baru Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI Akan Perkuat Kerja Sama Internasional

Athor mencontohkan penguatan kerja sama internasional antara lain kegiatan joint thesis supervision, pertukaran pelajar, dan visiting scholar/professor.

NASIONAL | 18 Februari 2021

KPK Berharap Kepala Daerah Tak Tersandung Korupsi Bansos

Alexander Marwata berharap tidak ada kepala daerah yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial (bansos).

NASIONAL | 18 Februari 2021

Penggunaan Sampah Plastik Meningkat 2 Kali Lipat Selama PSBB

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan dapat menurunkan penggunaan sampah plastik di Indonesia.

NASIONAL | 18 Februari 2021

Dukcapil Terjunkan Empat Tim Tanggap Bencana Banjir di Jateng dan Jatim

Direktorat Jenderal (ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menerjunkan empat tim tanggap bencana.

NASIONAL | 18 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS