Logo BeritaSatu

Kemdes PDTT Terus Pantau Penerapan PPKM Mikro di Desa

Senin, 22 Februari 2021 | 16:05 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) terus melakukan pemantauan terhadap desa-desa yang menjadi lokus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemdes PDTT Rosyidah Rachmawaty pada kegiatan "Dampak Pelaksanaan Pemberlakuan PPKM Skala Mikro" yang disiarkan secara virtual, Senin (22/2/2021).

Menurut Rosyidah, sebanyak 22.000 desa yang tersebar di 6 provinsi menerapkan PPKM Mikro.

"Dari kurang lebih 22.000 desa yang merupakan lokus PPKM Mikro, sudah ada beberapa kegiatan termasuk sosialisasi, penyediaan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, pendirian pos relawan desa dan ini sudah mencapai 18.535 desa atau lebih dari 80%," kata Rosyidah.

Berdasarkan data Kemdes PDTT, realisasi dana desa secara nasional per 21 Februari 2021 sudah mencapai Rp 2.444.617.291.600 atau sekitar 3% dari pagu dana desa 2021 Rp 72 triliun. Dana ini sudah dicairkan ke 8.297 desa. Lebih lanjut, pemerintah sudah menyalurkan Rp 1.437.264.000.000 ke 4.631 desa PPKM Mikro.

"Secara regulasi, 8% dari pagu dana desa dialokasikan untuk kegiatan penanganan Covid-19 di luar bantuan langsung tunai dana desa," kata Rosyidah.

"Sudah diterbitkan juga peraturan Dirjen Perimbangan Keuangan untuk memperlancar atau relaksasi terhadap pencairan 8% dari dana desa untuk penanganan Covid-19," tambahnya.

Kemdes PDTT, lanjut Rosyidah, juga akan terus mendorong pemerintah desa untuk mempercepat penyaluran dana desa untuk penanganan Covid-19.

Rosyidah menggarisbawahi adanya peningkatan zona hijau seiring dengan diberlakukannya PPKM skala mikro.

"Dari awalnya, 6.292 di tanggal 18 Februari, posisi kemarin 21 Februari, meningkat zona hijaunya menjadi 7.578. Terkait kasus yang terkena Covid-19 masih ada. Yang terkonfirmasi positif secara total, posisi 21 Februari, ada sekitar 36.000. Ini sudah dilakukan penanganan sesuai dengan protokol yang ada," kata Rosyidah.

Pos komando (posko) penanganan Covid-19 di desa, lanjutnya, juga terus berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Rosyidah menuturkan, penyiapan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kearifan lokal desa setempat. Misalnya, desa bisa memanfaatkan fasilitas yang ada seperti sekolah maupun balai desa sebagai tempat isolasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sudah banyak desa-desa yang mengoptimalisasi berbagai fasilitas untuk ruang isolasi," kata Rosyidah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Aparat Harus Tahu Larangan Penggunaan Gas Air Mata

Pengunaan gas air mata menjadi salah satu hal yang disorot publik dalam tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR: Tragedi Kanjuruhan Akan Sangat Berpengaruh terhadap Olahraga Nasional

Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian menyampaikan keprihatinannya atas tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, GMPI Jawa Timur: "Aremania vs Gas Air Mata"

Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Jawa Timur (Jatim) menyayangkan terjadinya tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Kirim Tim Usut Tragedi Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 174 Orang

Komnas HAM turunkan tim penyelidikan terkait tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang dilaporkan telah tewaskan 174 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Minta Polisi Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Nilai Sepak Bola Kerap Pancing Suporter Emosi

Mahfud MD menyampaikan penyesalan pemerintah atas terjadinya tragedi Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Ahmad Sahroni Kecam Penggunaan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengecam pengunaan gas air mata dalam kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Kantongi Berbagai Video Terkait Kerusuhan Kanjuruhan

Komnas HAM mengantongi berbagai video terkait kerusuhan Kanjuruhan seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya di Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liverpool Kirim Pesan Simpati atas Tragedi Kanjuruhan

Liverpool Kirim Pesan Simpati atas Tragedi Kanjuruhan

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings