PPI Ekspor Pupuk ke Timor Leste
Logo BeritaSatu

PPI Ekspor Pupuk ke Timor Leste

Senin, 22 Februari 2021 | 18:15 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI melakukan ekspor perdana pupuk nonsubsidi ke Timor Leste. Kegiatan ekspor ini merupakan langkah awal bagi PPI untuk melaksanakan rencana kerja sama imbal dagang antara Indonesia dengan Timor Leste.

PPI menggandeng PT Petrokimia Gresik dalam melakukan ekspor tahap I ini yang berupa pupuk non-subsidi SP-36 sebanyak 2.000 kg dan NPK Phonska Plus sebanyak 3.000 kg.

Secara geografis Timor Leste berbatasan langsung dengan wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sehingga hal ini memudahkan pihak PPI dalam akses pengiriman barang. Ke depan PPI secara intensif akan terus melakukan penjajakan untuk menangkap peluang dan potensi dalam rangka memenuhi kebutuhan Pemerintah Timor Leste.

Ekspor ini sendiri dilakukan langsung oleh PT PPI Cabang Kupang. “Ekspor perdana ini merupakan jalan pembuka bagi ekspor produk-produk yang lain nantinya. Pupuk nonsubsidi, pakan ternak dan pestisida ini menjadi salah satu produk unggulan PPI cabang Kupang. Kami optimistis bisa positif lagi di triwulan I 2021 ini,” papar Regional Manager PPI Cabang Kupang, Nandung Tatag S dalam keterangan yang diterima Senin (22/2/2021).

“Hasil pertanian dan alat pertanian akan kami penuhi untuk langkah selanjutnya. Peningkatan ekspor ini jelas membantu meningkatkan peran BUMN bagi program pemulihan ekspor nasional yang menjadi program pemerintah terutama di tengah kondisi pandemi ini,” ungkap Direktur Komersil PPI , Eko Budianto, pada kesempatan terpisah di Jakarta.

Menurut Eko, PPI sebagai anggota kluster pangan dalam lini perdagangan, terus melakukan transformasi dengan akselerasi dalam berbagai aspek. “Pemenuhan nilai-nilai strategis prioritas BUMN diinternalisasikan dalam strategic alignment program kerja 2021,” paparnya menambahkan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Besok, Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bendungan Napun Gete di Sikka

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bendungan Napun Gete, di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (23/2/2021).

NASIONAL | 22 Februari 2021

KPK Perpanjang Masa Penahanan Edhy Prabowo

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo nampaknya bakal lebih lama mendekam di sel tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NASIONAL | 22 Februari 2021

Jokowi: Puncak Kebakaran Hutan Agustus hingga September

Sejak Januari 2021, karhutla mulai terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air.

NASIONAL | 22 Februari 2021

Mendes PDTT Minta Kepala Desa Aktif Cegah Karhutla

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta kades agar terlibat aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NASIONAL | 22 Februari 2021

Cuti Bersama 2021 Dipangkas, Ini Pertimbangannya

Pertimbangan mengapa masih diberikan satu hari menjelang Idul Fitri dan satu hari menjelang Natal, agar memudahkan Polri dalam mengelola pergerakan warga.

NASIONAL | 22 Februari 2021

LTMPT: Pendaftaran KIP-Kuliah Satu Pintu Lewat Puslapdik Kemdikbud

Terhitung mulai 2021, pemerintah telah mengubah kebijakan pendaftaran KIP hanya satu pintu lewat Puslapdik Kemdikbud.

NASIONAL | 22 Februari 2021

Jokowi Bangga 5 Tahun Karhutla RI Tidak Dibahas di Asean Summit

Berdasarkan laporan yang disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD kasus kebakaran hutan dan lahan di Indonesia turun tajam hingga 88%.

NASIONAL | 22 Februari 2021

Anggoro Akan Digitalisasi Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Anggoro Eko Cahyo menyatakan akan mendigitalisasi jaminan sosial yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan agar pengelolaannya makin efektif dan efisien.

NASIONAL | 22 Februari 2021

Presiden Jokowi: 99% Kebakaran Hutan Akibat Ulah Manusia

Masyarakat harus diedukasi tentang cara-cara untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

NASIONAL | 22 Februari 2021

Edhy Prabowo Siap Dijatuhi Hukuman Mati

Edhy Prabowo menegaskan kesiapannya menjalani proses hukum kasus dugaan suap izin ekspor benih bening lobster atau benur.

NASIONAL | 22 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS