Menkominfo: Prancis Turut Biayai 3 Proyek Kemkominfo
Logo BeritaSatu

Menkominfo: Prancis Turut Biayai 3 Proyek Kemkominfo

Kamis, 25 Februari 2021 | 20:50 WIB
Oleh : Eman Kure / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membeberkan hasil pertemuannya dengan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Melalui diskusi kedua belah pihak, Prancis sepakat untuk turut serta dalam tiga proyek strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), yaitu proyek satelit multi fungsi atau Staria I, pusat data pemerintah, serta digitalisasi TVRI.

“Ini adalah bagian dari kunjungan dan diskusi secara rutin antara Dubes Prancis dan Kemkominfo. Saya tentu menyambut baik pertemuan dan diskusi ini,” kata Johnny melalui virtual conference, Kamis (25/2/2021).

Menurut Johnny, terkait proyek satelit multi fungsi, perencanaan proyek ini sudah masuk pada tahap akhir, dan dalam waktu satu-dua hari ke depan, akan memasuki tahap financial close. “Saat ini sudah di tahap akhir. Mudah mudahan financial close dapat dilakukan dalam 1-2 hari ini,” ujar Johnny.

Sedangkan, terkait proyek pusat data pemerintah, proyek ini juga sudah memasuki tahap akhir. Untuk financial close-nya juga sudah memasuki tahap akhir, dan sedang dibicarakan antara pemerintahan Prancis, Kementerian Keuangan (Kemkeu) dan Kementerian Bappenas.

Ketiga, membicarakan terkait dengan peran dan keikutsertaan prancis di dalam membiayai proyek TVRI berkitan dengan broadcasting digital system atau yang dulu disebut ITDS 3.

“Pemerintah prancis memberikan komitmen yang kuat bahwa akan ikut serta dan berusaha agar sebagaimana yang diamanatkan oleh UU Cipta Kerja, pada 2 november 2022 nanti sudah tersedia dengan baik infrastruktur yang mendukung Analog Switch Off (ASO). Dan dimulainya secara nasional digital broadcasting kita,” jelas Johnny.

Johnny menambahkan, dari sisi teknis, Kemkominfo telah melakukan evaluasi secara matang ketiga proyek tersebut. selanjutnya Kementerian Bappenas yang nanti akan menindaklanjuti pembicaraan lanjutan dengan negara-negara donor prospektif. “Mudah-mudahan ketiga proyek inis segera terealisasi dalam waktu dekat ini,” tambah Johnny.

Sementara, Olivier Chambard menambahkan, Indonesia merupakan mitra penting bagi Prancis. Sehingga, Prancis berkomitmen untuk turut serta dalam proses pembangunan, termasuk bantuan financial kepada Indonesia. Di sisi lain, Prancis juga berkomitmen untuk trurut serta dalam transfer knowlegde kepada Indonesia.

“Kami akan melanjutkan kerjasama, karena kami akan membagikan teknologi expertis dan financial. Karena Indonesia merupakan partner penting bagi Prancis,” ungkap Olivier.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Polisi Tolak Laporan Dugaan Kerumunan Presiden Jokowi

Langkah Koalisi Masyarakat Anti Ketidakadilan untuk melaporkan dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang diduga melibatkan Presiden Joko Widodo ditolak polisi

NASIONAL | 25 Februari 2021

Djoko Tjandra Sebut Sempat Diajak Bertemu Ma'ruf Amin

Djoko Tjandra mengaku sempat diajak kenalannya, Rahmat untuk bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kuala Lumpur, Malaysia.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Djoko Tjandra Ungkap Cara Pinangki Minta US$ 100 Juta

Djoko Tjandra membeberkan cara yang dilancarkan Pinangki Sirna Malasari meminta uang sebesar US$ 100 juta kepadanya.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Besok Dilantik Sebagai Bupati Semarang, Ngesti Nugraha Urung Diperiksa KPK

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal memeriksa Bupati Semarang terpilih, Ngesti Nugraha, Kamis (25/2/2021).

NASIONAL | 25 Februari 2021

Pengelolaan Sampah Harus Dilakukan Secara Holistik, Sistematik dan Terintegrasi

Bank sampah saat ini berkembang pesat, dimana pada tahun 2020 jumlah bank sampah telah mencapai 11.330 unit di 369 kabupaten/kota, dengan omset Rp 54 miliar.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Diperiksa Sebagai Tersangka, Ketua Tim Teknis Klaim Tak Tahu Aliran Dana Korupsi E-KTP

Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan KTP, Husni Fahmi mengklaim tak tahu menahu mengenai anggaran maupun aliran dana kasus dugaan korupsi proyek e-KTP

NASIONAL | 25 Februari 2021

KLHK Adakan E-Learning Pelatihan Pengelolaan Sampah

Target peserta pelatihan ini lanjut Vivien, sebanyak 4.200 pengurus bank sampah di seluruh Indonesia.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Mercu Buana Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Ekonomi Kreatif

Masyarakat dapat melakukan urban farming dengan tujuan memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi ruang terbuka hijau.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Ungkap Pengalaman Divaksinasi, Wapres: Aman

Sebab, ia sudah mengalami langsung sebagai seorang lanjut usia (lansia) yang sudah menerima vaksin.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Polisi di Malang Dibacok Pencuri Sepeda Motor, Dua Pelaku Ditembak

Anggota Reskrim Polres Malang Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban pembacokan dua pelaku pencurian kendaraan bermotor.

NASIONAL | 25 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS