Pemerintah Gandeng Dewan Pers hingga Startup untuk Sukseskan Vaksinasi Wartawan
Logo BeritaSatu

Pemerintah Gandeng Dewan Pers hingga Startup untuk Sukseskan Vaksinasi Wartawan

Jumat, 26 Februari 2021 | 18:36 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Baik pemerintah, komunitas pers maupun startup digital berkolaborasi untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 bagi wartawan.

Vaksinasi massal bagi awak media sudah dimulai sejak Kamis (25/02/2021). Vaksinasi massal bagi insan pers di DKI Jakarta ini akan berlangsung hingga Sabtu (27/2/2021) di Hall Basket Senayan Jakarta. Dalam program ini, Kemkominfo berkoordinasi bersama Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Dewan Pers.

"Saya bersyukur sekali melalui koordinasi yang baik antara Kemkes, Dewan Pers, Kominfo dan berbagai ekosistem lain yang memungkinkan acara vaksinasi bagi rekan-rekan media hari ini bisa dimulai," kata Menkominfo Johnny G Plate, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (26/2/2021).

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, vaksinasi bagi awak media menunjukkan modal sosial yang dimiliki bangsa dan negara begitu besar.

"Semua orang kalau merasa bahwa ini adalah milik mereka bersama, saya rasa pekerjaan sesusah apapun bisa selesai," ujarnya.

Menkes berharap dengan adanya gerakan sosial bersama untuk mendukung vaksinasi ini bisa membantu Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19 sesegera mungkin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengapresiasi Menkominfo Johnny dan Menkes Budi atas program vaksinasi massal bagi awak media.

"Berkat Pak Menkominfo dan Pak Menkes apa yang disampaikan Bapak Presiden, pada saat HPN itu, hari ini bisa kita laksanakan 5.512 (wartawan yang divaksinasi)," ujarnya.

Mohammad Nuh menambahkan, target awak media yang divaksinasi tidak hanya di DKI Jakarta, "Oleh karena itu, kami akan terus bergerak di daerah-daerah, mereka pun yang di daerah harus kita pastikan mendapatkan vaksin, karena ini bagian dari perlindungan," jelasnya.

Startup digital juga menunjukkan dukungannya untuk vaksinasi massal bagi karyawan. Salah satunya adalah perusahaan ride-hailing Gojek.

"Gojek memberikan lebih dari 5.000 voucher perjalanan GoRide dan GoCar serta 3500 voucher GoFood yang dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan media dan seluruh peserta. Hal ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi atas peran dan kontribusi rekan-rekan media selama ini, khususnya di masa pandemi," kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho.

Adapun vaksinasi massal ini juga menuai apresiasi dari rekan media termasuk Wahid Ahmad dari BeritaSatu TV. Wahid pun juga mengajak masyarakat untuk ikut menjalani vaksinasi.

"Kita sudah banyak dapat info soal Covid-19 ini, semua aman, nggak ada masalah, dan proses vaksinasi juga hanya disuntik, kita sudah biasa. Pemerintah, lembaga keagamaan, MUI dan lainnya ini sudah menyatakan bahwa vaksin aman dan halal," kata Wahid.

"Jadi, menurut saya tidak akan ada masalah dari vaksinnya. Untuk itu, sebaiknya kita turut serta berpartisipasi agar pandemi cepat selesai dan aktivitas dapat kembali berjalan normal seperti biasa," tambahnya.

Menkominfo Johnny mengatakan, mengingat pentingnya vaksinasi untuk membentuk herd immunity, hal itu tidak saja diperuntukkan kepada awak media. Tetapi juga ekosistem lainnya yang menjadi garda terdepan, termasuk Kemkominfo.

"Seperti untuk rekan-rekan dari BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) dan mitra kerja yang akan bertugas ke daerah untuk pembangunan infrastruktur TIK. Demikian juga pejabat-pejabat yang berhadapan langsung beraktifitas dan interaksi langsung dengan masyarakat," kata Johnny.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di Surabaya

Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris di sebuah rumah di Jalan Medokan Sawah 121, Rungkut, Surabaya, Jumat (26/2/2021).

NASIONAL | 26 Februari 2021

LAN Terbitkan Aturan Biaya Pelatihan Dasar CPNS secara Daring

Transformasi penyelenggaraan Lastar CPNS ini tentu saja lebih efektif dan efisien

NASIONAL | 26 Februari 2021

Vaksinasi Covid-19, Pimpinan DPR: Tahanan Tidak Termasuk Skala Prioritas

Azis Syamsuddin meminta Kementerian Kesehatan mengevaluasi prosedur penyaluran dan pemberian vaksin Covid-19 terhadap tahanan KPK.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Pengadilan Tinggi Jakarta Potong Vonis Eks Dirkeu Jiwasraya

Vonis eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo dipotong menjadi 20 tahun penjara setelah sebelumnya divonis penjara seumur hidup.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Karyawan Perlu Cegah Dampak Buruk Hoax

Laju perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi saat ini berjalan beriringan dengan meningkatnya potensi timbulnya hoax.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Menkominfo: Program Konektivitas Digital Dukung Pemulihan Ekonomi

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan Program Strategis Konektivitas Digital dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Nurdin Abdullah Lantik 11 Kepala Daerah Terpilih di Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah melantik 11 kepala daerah bupati/wali kota hasil Pilkada Serentak 2020.

NASIONAL | 26 Februari 2021

5 Terduga Pemasok Senjata Api ke KKB Diamankan, 1 Mantan TNI

Dijelaskan dari lima orang yang diamankan satu di antaranya mantan anggota TNI AD yakni DJ alias Joni.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Polresta Malang Kota Gelar Arema Police Sobo Kelurahan untuk Layani Masyarakat Lebih Cepat

Polresta Malang Kota, Jawa Timur, meningkatkan pelayanan publik secara instan dengan menggunakan teknologi informasi dan non-IT selama masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Tunggu Lukas Enembe, Pemprov Papua Tunda Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Menurut Jery, rencananya pelantikan ini akan ditunda hingga Maret 2021.

NASIONAL | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS