Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose
Logo BeritaSatu

Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose

Minggu, 28 Februari 2021 | 14:37 WIB
Oleh : JAS

Madiun, Beritasatu.com - Stasiun Madiun di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun menyediakan layanan fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat Covid-19 bagi calon penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh guna mencegah penularan virus mematikan tersebut.

"Penambahan Stasiun Madiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA jarak jauh sesuai SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 Nomor 7 tahun 2021," ujar Deputy Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Endra M Harahap di Madiun, Jawa Timur, Minggu (28/2/2021).

Ia mengatakan layanan GeNose di Stasiun Madiun tersedia mulai 28 Februari 2021 pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB setiap hari dengan biaya Rp 20.000.

Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada. Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) guna meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan GeNose yang menunjukkan negatif, berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia lima tahun.

Endra menjelaskan, selain Stasiun Madiun penambahan layanan GeNose C19 mulai per 28 Februari 2021 juga disediakan di tiga stasiun lain, yakni Stasiun Purwokerto, Malang, dan Surabaya Gubeng.

Dengan demikian jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 12 stasiun, yang sebelumnya pelayanan Genose C19 beroperasi di delapan stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

KAI akan menambah layanan GeNose secara bertahap di stasiun lainnya sehingga total akan tersedia di 44 stasiun. Untuk itu KAI akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.

Masyarakat sangat mengapresiasi dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Sampai dengan 26 Februari 2021, KAI telah melayani 84.794 peserta GeNose C19 di sejumlah stasiun.

"Meski peminat GeNose C19 tinggi, KAI tetap menyediakan rapid test antigen yang tersebar di 45 stasiun," kata Endra.

Khusus untuk delapan stasiun yang selama ini menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 dan rapid test antigen, rata-rata jumlah peserta rapid test antigen sebanyak 683 orang per hari, sedangkan peserta pemeriksaan GeNose C19 mencapai 4.653 orang per hari.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 juga merupakan bentuk komitmen KAI untuk menyediakan layanan transportasi kereta api yang bebas dari Covid-19," kata Endra.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemkab Banjarnegara Intensifkan Pengembangan Dataran Tinggi Dieng

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Dukung KPK, Jubir: Keluarga Nurdin Abdullah Siap Dimintai Keterangan

Verinica Moniaga mengatakan pihak keluarga menghormati dan terus akan kooperatif dengan proses hukum yang berjalan di KPK.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan

Pemerintah juga berkeinginan meningkatkan kinerja saling sinergis di situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Bali Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Wayan Koster mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksinasi, sebab ia telah membuktikan manfaat vaksin.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Pontianak

Tersangka diduga membakar lahan miliknya supaya menjadi bersih dan dapat digunakan untuk bercocok tanam, namun api meluas hingga ke lahan milik orang lain.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Sulsel Khianati Kepercayaan Rakyat dan Penghargaan Antikorupsi

Diketahui, KPK menetapkan Nurdin Abdullah bersama Sekretaris Dinas PUPR Pemprov Sulsel, Edy Rahmat dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Eriko: Cara Partai Dekatkan Diri ke Masyarakat di Tengah Pandemi

Eriko mengatakan Gowes Bareng PDI Perjuangan ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021 mendatang.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Perhutanan Sosial Dorong Desa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lokasi pilot project model pengembangan wilayah terpadu dengan basis hutan sosial.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Hasto: Banggakan Sepeda Ontel Kakeknya

Saat bersepeda, Hasto diiringi juga oleh anggota DPR Deddy Yevri Sitorus, dan sekitar 20-an orang kader PDIP yang semuanya memakai atribut merah.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pengamat: Perlu Edukasi Publik untuk Ciptakan Dunia Maya yang Sehat

Masyarakat bisa lapor atau bertanya kepada akun resmi kepolisian apakah konten yang dibuat melanggar UU ITE atau tidak.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS