Bambang Pacul: Kader PDIP Harus Mengerem Kerakusan
Logo BeritaSatu

Bambang Pacul: Kader PDIP Harus Mengerem Kerakusan

Minggu, 28 Februari 2021 | 14:52 WIB
Oleh : JEM

Semarang, Beritasatu.com - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah Bambang Wuryanto, yang akrab disapa Bambang Pacul, menginstruksikan kader partai berlambang banteng moncong putih ini, terutama yang menjadi kepala daerah agar mengerem kerakusan terkait dengan upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

"Remlah rasa rakus dan internalisasikan nilai-nilai Pancasila, kalau itu bisa match, saya kira korupsi turun," katanya usai rangkaian acara HUT Ke-48 PDIP di Kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Minggu (28/2/2021).

Menurut pria yang juga menduduki posisi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan, yang paling utama dalam mencegah tindak pidana korupsi adalah pembangunan karakter manusia.

Karakter yang bagus, kata dia, tentu memahami bahwa ketika mengambil hak orang lain itu adalah keliru dan jika melakukan tindak pidana korupsi itu berarti mengambil hak rakyat.

"Jadi kalau korupsi itu mengambil hak orang lain, dan di dalam Pancasila itu namanya tidak berpikir adil dan tindakannya kurang beradab," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Bambang Pacul menanggapi penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (26/2/2021).

"Saya tidak curiga, tapi sebagai orang politik kadang-kadang kita punya prasangka. Sepengetahuan saya, Gubernur Sulsel ini gubernur yang santun, sering beri ceramah, menurut 'feeling' saya ini orang baik, tapi orang baik di politik itu tidak cukup, kadang dia mendapat kekuasaan bisa kadang-kadang lupa, bisa juga kekuasaan diincar oleh orang lain," katanya.

Menurut Bambang, alat untuk menjatuhkan orang lain bisa melalui penegakan hukum.

"Kadang-kadang lho ya, saya tidak mengatakan semuanya, tapi kita semua harus tegak lurus dengan hukum, dan yang tidak boleh dilanggar adalah hukum tertulis dan hukum alam," ujarnya.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menteri Kelautan: Bantuan Gudang Beku Tanggulangi Dampak Pandemi

Sakti Wahyu Trenggono menyatakan bantuan gudang beku kepada sejumlah UMKM merupakan upaya menanggulangi dampak pandemi terhadap kondisi perekonomian UMKM itu.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose

Stasiun Madiun menyediakan layanan fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat Covid-19 bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pemkab Banjarnegara Intensifkan Pengembangan Dataran Tinggi Dieng

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Dukung KPK, Jubir: Keluarga Nurdin Abdullah Siap Dimintai Keterangan

Verinica Moniaga mengatakan pihak keluarga menghormati dan terus akan kooperatif dengan proses hukum yang berjalan di KPK.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan

Pemerintah juga berkeinginan meningkatkan kinerja saling sinergis di situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Bali Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Wayan Koster mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksinasi, sebab ia telah membuktikan manfaat vaksin.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Pontianak

Tersangka diduga membakar lahan miliknya supaya menjadi bersih dan dapat digunakan untuk bercocok tanam, namun api meluas hingga ke lahan milik orang lain.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Sulsel Khianati Kepercayaan Rakyat dan Penghargaan Antikorupsi

Diketahui, KPK menetapkan Nurdin Abdullah bersama Sekretaris Dinas PUPR Pemprov Sulsel, Edy Rahmat dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Eriko: Cara Partai Dekatkan Diri ke Masyarakat di Tengah Pandemi

Eriko mengatakan Gowes Bareng PDI Perjuangan ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021 mendatang.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Perhutanan Sosial Dorong Desa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lokasi pilot project model pengembangan wilayah terpadu dengan basis hutan sosial.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS