Jasmani dan Mental Anggota Polri Dinilai Perlu Terus Diawasi
Logo BeritaSatu

Jasmani dan Mental Anggota Polri Dinilai Perlu Terus Diawasi

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:21 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto mengatakan, kondisi kesehatan jasmani dan mental anggota Polri yang membawa senjata api perlu terus diawasi pimpinan atau penanggung jawab satuan.

Hal itu, disampaikannya terkait insiden penembakan yang dilakukan oknum anggota Polri Brigadir CS sehingga menyebabkan tiga orang meninggal dan satu terluka, di RM Cafe, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Semuanya memang perlu dievaluasi. Kepala satuannya juga perlu dievaluasi, karena kepala satuan terdekat itu penanggungjawab dari tindakan-tindakan anak buahnya. Mereka harus mengawasi secara detail hari perhari, bagaimana situasi kesehatan jasmani maupun mental dari anak buahnya sehingga dia layak untuk bertugas. Ketika anak buahnya tidak sedang sehat secara mental maupun jasmani terntunya (penggunaan) senjata itu bisa dievaluasi kembali," ujar Bambang kepada Beritasatu.com, Minggu (28/2/2021).

Menyoal apakah anggota Polri setiap saat boleh membawa senjata api, Bambang menyampaikan, ada beberapa satuan yang memang membawa senjata api secara melekat.

"Ada beberapa satuan yang memang melekat ya, bergantung kebutuhannya. Di beberapa satuan seperti reserse, intel kadang-kadang juga diberikan kewenangan untuk membawa senjata api. Makanya itu juga perlu dievaluasi apakah rekomendasi membawa senjata api itu benar-benar sudah diterapkan pada pelaku (tersangka CS)," ungkapnya.

Bambang menyampaikan, ada pelanggaran disiplin dalam insiden penembakan di Cafe RM itu.

"Pertama itu ada pelanggaran disiplin bukan hanya di polisi-nya, tapi juga TNI-nya yang menjadi korban, bagaimana seorang TNI yang merupakan aparat militer bisa berada di tempat yang tidak semestinya. Kemudian polisi pun juga demikian, seorang penegak hukum bagaimana dia keluyuran di tempat yang tidak semestinya juga. Makanya ini sangat disayangkan sekali," katanya.

Apalagi, tambahnya, saat ini ada PPKM Mikro. Artinya aparat itu tidak bisa menegakan disiplin terkait dengan PPKM itu. "Ini sangat di sayangkan. Ini terkait konsistensi aparat penegakan hukum, karena Satgas Covid ini kan salah satunya ada dipenegakan hukum," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK: Almarhum Artidjo Alkostar Tokoh Hukum Penuh Integritas

Artidjo Alkostar yang juga mantan Hakim Agung sekaligus Ketua Kamar Pidana merupakan tokoh hukum nasional yang penuh integritas.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anindya Bakrie Disebut Layak Jadi Ketum, Andi Bachtiar: Sesuai Tradisi Kadin

Andi Bachtiar Sirang mengungkapkan, munculnya nama Anindya Bakrie dalam bursa calon Ketua Umum Kadin merupakan sesuatu yang natural dan sudah menjadi tradisi.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar Meninggal

Mantan hakim agung yang kini menjadi anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia, Minggu (28/2/2021).

NASIONAL | 28 Februari 2021

Bambang Pacul: Kader PDIP Harus Mengerem Kerakusan

"Jadi kalau korupsi itu mengambil hak orang lain, dan di dalam Pancasila itu namanya tidak berpikir adil dan tindakannya kurang beradab," ujarnya.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Menteri Kelautan: Bantuan Gudang Beku Tanggulangi Dampak Pandemi

Sakti Wahyu Trenggono menyatakan bantuan gudang beku kepada sejumlah UMKM merupakan upaya menanggulangi dampak pandemi terhadap kondisi perekonomian UMKM itu.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose

Stasiun Madiun menyediakan layanan fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat Covid-19 bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pemkab Banjarnegara Intensifkan Pengembangan Dataran Tinggi Dieng

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Dukung KPK, Jubir: Keluarga Nurdin Abdullah Siap Dimintai Keterangan

Verinica Moniaga mengatakan pihak keluarga menghormati dan terus akan kooperatif dengan proses hukum yang berjalan di KPK.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan

Pemerintah juga berkeinginan meningkatkan kinerja saling sinergis di situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Bali Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Wayan Koster mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksinasi, sebab ia telah membuktikan manfaat vaksin.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS