Gubernur Sulut Respons Positif Terbitnya Perpres Investasi
Logo BeritaSatu

Gubernur Sulut Respons Positif Terbitnya Perpres Investasi

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:28 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Perpres tersebut juga mengatur mengenai penanaman modal untuk minuman beralkohol dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat.

Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu daerah yang diberi kesempatan untuk menerbitkan izin produksi minuman beralkohol. Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyambut positif Perpres 10/2021 tersebut.

“Saya kira itu sesuatu hal yang sangat baik. Sampai sekarang memang sudah ditunggu kebijakan ini. Sulawesi Utara sendiri diberikan kesempatan dari pemerintah sebagai salah satu daerah yang boleh menerbitkan izin minuman mengandung alkohol,” ungkap Olly, Minggu (28/2/2021).

Olly menuturkan masyarakat Sulut sudah memproduksi minuman beralkohol sejak dahulu kala. Kebijakan pemerintah pusat, lanjut Olly, harus dimanfaatkan oleh petani pembuat minuman Cap Tikus (istilah minuman beralkohol di Sulut).

Olly menambahkan, Perpres 10/2021 akan membuat masyarakat memproduksi Cap Tikus dengan kualitas bagus, bahkan dapat diekspor. Olly mengajak warga Bumi Nyiur Melambai merespons Perpres 10/2021 sebagai peluang usaha.

“Peluang pasar di luar negeri terbuka besar, sehingga ciptakan nanti produk yang baik sehingga layak untuk di ekspor,” ucap Olly.

Industri minuman beralkohol sudah ada di Indonesia sejak lama. Investasi untuk industri diberikan, tetapi sangat dibatasi. Investasi secara terbatas tersebut diberikan agar kegiatan yang sudah ada dan berbasis budaya/ kearifan lokal tersebut menjadi legal.

Dengan begitu, lebih menguatkan pengawasan dan kontrol atas produksi dan distribusinya. Penjualan dan konsumsi minuman beralkohol dilakukan pengaturan yang sangat ketat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jasmani dan Mental Anggota Polri Dinilai Perlu Terus Diawasi

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto mengatakan, kondisi kesehatan jasmani dan mental anggota Polri yang membawa senjata api perlu terus diawasi.

NASIONAL | 28 Februari 2021

KPK: Almarhum Artidjo Alkostar Tokoh Hukum Penuh Integritas

Artidjo Alkostar yang juga mantan Hakim Agung sekaligus Ketua Kamar Pidana merupakan tokoh hukum nasional yang penuh integritas.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anindya Bakrie Disebut Layak Jadi Ketum, Andi Bachtiar: Sesuai Tradisi Kadin

Andi Bachtiar Sirang mengungkapkan, munculnya nama Anindya Bakrie dalam bursa calon Ketua Umum Kadin merupakan sesuatu yang natural dan sudah menjadi tradisi.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar Meninggal

Mantan hakim agung yang kini menjadi anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia, Minggu (28/2/2021).

NASIONAL | 28 Februari 2021

Bambang Pacul: Kader PDIP Harus Mengerem Kerakusan

"Jadi kalau korupsi itu mengambil hak orang lain, dan di dalam Pancasila itu namanya tidak berpikir adil dan tindakannya kurang beradab," ujarnya.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Menteri Kelautan: Bantuan Gudang Beku Tanggulangi Dampak Pandemi

Sakti Wahyu Trenggono menyatakan bantuan gudang beku kepada sejumlah UMKM merupakan upaya menanggulangi dampak pandemi terhadap kondisi perekonomian UMKM itu.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose

Stasiun Madiun menyediakan layanan fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat Covid-19 bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pemkab Banjarnegara Intensifkan Pengembangan Dataran Tinggi Dieng

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Dukung KPK, Jubir: Keluarga Nurdin Abdullah Siap Dimintai Keterangan

Verinica Moniaga mengatakan pihak keluarga menghormati dan terus akan kooperatif dengan proses hukum yang berjalan di KPK.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan

Pemerintah juga berkeinginan meningkatkan kinerja saling sinergis di situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS