Stasiun Purwokerto Layani Pemeriksaan GeNose
Logo BeritaSatu

Stasiun Purwokerto Layani Pemeriksaan GeNose

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:55 WIB
Oleh : YUD

Purwokerto, Beritasatu.com - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose bagi calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Mulai hari ini, PT KAI (Persero) menambah empat stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, salah satunya Stasiun Purwokerto. Tiga stasiun lainnya adalah Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng," kata pejabat yang melaksanakan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Hendra Wahyono di Purwokerto, Minggu (28/2/2021).

Dengan demikian, kata dia, hingga saat ini telah ada 12 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

Menurut dia, delapan stasiun yang lebih dulu menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 terdiri atas Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait dengan persyaratan naik kereta api jarak jauh sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021," katanya.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan bagi calon penumpang kereta api yang akan melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun terlebih dahulu harus memiliki tiket atau kode "booking" KA jarak jauh yang dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, maupun kanal penjualan tiket eksternal lainnya dan telah dibayar lunas.

Menurut dia, selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan.

"Kalau minum air putih (air mineral, red.) masih diperbolehkan," katanya menambahkan.

Ia mengatakan saat pelaksanaan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Menurut dia, hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, kata dia, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Biaya pemeriksaan GeNose C19 hanya sebesar Rp 20.000. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia 5 tahun," katanya.

Hendra mengatakan ke depan, PT KAI (Persero) akan menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 secara bertahap di stasiun lainnya, sehingga total akan tersedia di 44 stasiun sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Oleh karena itu, kata dia, PT KAI (Persero) akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta UGM Yogyakarta guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.

"Meskipun peminat GeNose C19 tinggi, KAI tetap menyediakan layanan tes cepat antigen yang tersebar di 45 stasiun. GeNose ini merupakan opsi atau pilihan yang dapat dipilih pelanggan untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes cepat antigen dan PCR untuk memenuhi syarat perjalanan naik KA jarak jauh, sedangkan untuk lokasi pemeriksaan GeNose terletak di pintu keluar sisi barat Stasiun Purwokerto," katanya.

Salah seorang calon penumpang kereta api, Raka mengaku senang dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Purwokerto karena lebih murah jika dibandingkan dengan tes cepat antigen.

"Selain lebih murah biayanya, pelaksanaan pemeriksaan GeNose C19 juga lebih mudah dan nyaman jika dibandingkan tes antigen," kata dia yang hendak menuju Banyuwangi.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Andi Sudirman Ditunjuk Jadi Plt Gubernur Sulsel

Andi Sudirman Sulaiman (ASS) ucapkan Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun menanggapi penunjukkan dirinya sebagai Plt Gubernur Sulsel.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Sulut Respons Positif Terbitnya Perpres Investasi

Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu daerah yang diberi kesempatan untuk menerbitkan izin produksi minuman beralkohol.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Jasmani dan Mental Anggota Polri Dinilai Perlu Terus Diawasi

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto mengatakan, kondisi kesehatan jasmani dan mental anggota Polri yang membawa senjata api perlu terus diawasi.

NASIONAL | 28 Februari 2021

KPK: Almarhum Artidjo Alkostar Tokoh Hukum Penuh Integritas

Artidjo Alkostar yang juga mantan Hakim Agung sekaligus Ketua Kamar Pidana merupakan tokoh hukum nasional yang penuh integritas.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anindya Bakrie Disebut Layak Jadi Ketum, Andi Bachtiar: Sesuai Tradisi Kadin

Andi Bachtiar Sirang mengungkapkan, munculnya nama Anindya Bakrie dalam bursa calon Ketua Umum Kadin merupakan sesuatu yang natural dan sudah menjadi tradisi.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar Meninggal

Mantan hakim agung yang kini menjadi anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia, Minggu (28/2/2021).

NASIONAL | 28 Februari 2021

Bambang Pacul: Kader PDIP Harus Mengerem Kerakusan

"Jadi kalau korupsi itu mengambil hak orang lain, dan di dalam Pancasila itu namanya tidak berpikir adil dan tindakannya kurang beradab," ujarnya.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Menteri Kelautan: Bantuan Gudang Beku Tanggulangi Dampak Pandemi

Sakti Wahyu Trenggono menyatakan bantuan gudang beku kepada sejumlah UMKM merupakan upaya menanggulangi dampak pandemi terhadap kondisi perekonomian UMKM itu.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Deteksi Penularan Covid-19, Stasiun Madiun Gunakan GeNose

Stasiun Madiun menyediakan layanan fasilitas pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat Covid-19 bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pemkab Banjarnegara Intensifkan Pengembangan Dataran Tinggi Dieng

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS