Logo BeritaSatu

Polda Kalsel Ajak Pelaku Usaha Percepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Senin, 1 Maret 2021 | 20:02 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / WM

Banjarmasin, Beritasatu.com - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk, "Peran Serta Pelaku Usaha Di Provinsi Kalsel Dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional", di Hotel Rattan Inn Bajarmasin. Dalam kegiatan itu, Polri mengajak pelaku usaha untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Kalsel.

Acara itu dibuka Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto, dan dihadiri PJ Sekda Provinsi Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, Ka Akun Lanal Banjarmasin, Kabintal Lanud Sjamsudin Noor, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Kalsel, Wakajati Kalsel, Kepala BIN Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, para nara sumber, termasuk para pelaku usaha Provinsi Kalsel.

Rikwanto mengatakan, pandemi Covid-19 telah menjadi wabah penyakit kesehatan dan kemanusiaan di abad ini yang berimbas pada semua lini kehidupan manusia.

"Berawal dari masalah kesehatan, dampak pandemi Covid-19 telah meluas hingga meliputi masalah sosial sampai dengan ekonomi. Pada sektor perekonomian mengakibatkan terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi, di mana pada kuartal kedua tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 5,32% dan pada kuartal ketiga tahun 2020 minus 3,49%," ujar Rikhwanto, Senin (1/3/2021).

Dikatakan Rikhwanto, selain penanganan krisis kesehatan (penanganan Covid-19), saat ini pemerintah juga fokus menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai respons atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi, khususnya sektor informal atau UMKM.

"Ini telah diakomodir dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 yang mengatur program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam rangka menangani dampak signifikan pandemi Covid-19 terhadap perekonomian negara," ungkapnya.

Menurut Rikwanto, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan, pemerintah sedang fokus dan serius dalam menjalankan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang diarahkan melalui enam sektor yaitu, penanganan kesehatan, perlindungan sosial, sektoral kementerian/lembaga, dukungan pada UMKM, pembiayaan korporasi, dan insentif usaha.

Sementara itu, pogram Prioritas Kapolri 2021, salah satunya juga sejalan dengan program PC-PEN yakni, "Mendukung Upaya Mengembalikan Ekonomi Dan Peningkatan Daya Beli Masyarakat Serta Menjaga Stabilitas Kamtibmas Sebagai Dampak Terjadinya Covid-19".

"Polri telah mengambil langkah-langkah guna membantu pemerintah, dalam hal ini Satgas PC-PEN telah terbentuk di tingkat Mabes Polri dan Polda Jajaran guna melakukan upaya-upaya mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi dengan melakukan upaya sosialisasi, konsultasi, asistensi, identifikasi masalah, pengawasan bersama, menyusun mekanisme pengaduan, dan pemetaan area risiko," katanya.

Pembentukan Satgas ini, tambahnya, dilakukan dalam rangka mengawal kebijakan pemerintah, program pemulihan ekonomi dan sejalan dengan tema kebijakan fiskal 2021 yakni, "Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi". Peran lainnya adalah melakukan sinergisitas dengan aparat penegak hukum (APH), BPK, BPKP, kemudian, memperkuat aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) kementerian atau lembaga dalam melaksanakan pengawasan program pemulihan ekonomi hingga tingkat daerah.

"Selain itu dukungan dari instansi terkait dan stakeholder maupun para pelaku usaha tidak kalah pentingnya untuk dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Melalui kegiatan ini saya berharap, akan muncul ide atau pemikiran yang cemerlang dari para peserta yang terdiri dari para pengusaha sebagai pelaku usaha pada sektor riil, dan para stakeholder, instansi, lembaga, organisasi pengusaha selaku pelaksana kebijakan pemerintah, serta para akademisi selaku ahli di bidangnya yang memiliki konsep-konsep yang baik dan tepat. Sehingga diharapkan dari perpaduan tiga komponen ini kiranya akan memberikan kontribusi dan solusi terhadap upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Provinsi Kalsel. Sehingga tercipta suatu kondisi kehidupan masyarakat yang kondusif, aman dan tentram baik dari segi ekonomi, kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Suap HGU Sawit di Riau, KPK Sita Sin$ 100.000

KPK menyita uang sekitar Sin$ 100.000 terkait penyidikan kasus dugaan suap dalam pengurusan HGU di Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau.

NEWS | 8 Oktober 2022

Cak Imin Doa Bersama Habaib dan Ribuan Warga Jakarta

Cak Imin doa bersama habaib dan ribuan warga DKI Jakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

NEWS | 8 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA

Kabar gembira, Indonesia dipastikan tidak mendapatkan sanksi dari FIFA terkait tragedi Kanjuruhan Malang.

NEWS | 8 Oktober 2022

Relawan Perkuat Poros Kemenangan Ganjar di Jatim, Jateng, dan Jambi

Relawan Sahabat Ganjar memperkuat poros kemenangan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 di sejumlah kota di Jatim, Jatim, dan Jambi.

NEWS | 8 Oktober 2022

BNPT Kukuhkan 50 Anak Muda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

BNPT mengukuhkan 50 anak muda Papua sebagai Duta Damai Dunia Maya di salah satu hotel di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 8 Oktober 2022

Wagub Jawa Barat Ingatkan BUMD untuk Penuhi Target

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan BUMD untuk segera memenuhi target setoran laba sebagai kontribusi terhadap PAD.

NEWS | 8 Oktober 2022

Jumat Malam, Perumahan Dosen IKIP Bekasi Banjir 1,5 Meter

Banjir kembali merendam Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (7/10/2022) malam.

NEWS | 8 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

BOLA | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings