Geledah Kantor Bupati Bintan, KPK Sita Dokumen Terkait Korupsi di BP Bintan
Logo BeritaSatu

Geledah Kantor Bupati Bintan, KPK Sita Dokumen Terkait Korupsi di BP Bintan

Selasa, 2 Maret 2021 | 11:09 WIB
Oleh : Fana F Suparman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Bupati Bintan dan tiga lokasi lainnya, Senin (1/3/2021). Penggeledahan ini terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengaturan barang kena cukai di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan atau BP Bintan tahun 2016-2018.

Selain Kantor Bupati Bintan, tim penyidik juga menggeledah Kantor BP Bintan dan dua rumah di Tanjungpinang. "Tim penyidik KPK telah selesai melakukan penggeledahan di empat lokasi berbeda yaitu Kantor Bupati Bintan, Kantor BP Bintan, rumah kediaman di Jalan Pramuka Lorong Sumba Tanjungpinang, dan rumah kediaman di Jalan Juanda Tanjungpinang," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Ali mengatakan, dari empat lokasi tersebut, tim penyidik KPK menemukan barang bukti. Beberapa di antaranya yakni sejumlah dokumen terkait dengan kasus ini.

"Selanjutnya seluruh dokumen dimaksud akan divalidasi dan dianalisa untuk segera dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara ini," kata Ali.

Tak hanya menggeledah empat lokasi, dalam mengusut kasus ini tim penyidik juga memeriksa tiga saksi pada Jumat (26/2/2021) lalu. Pemeriksaan dilakukan di Kantor Kepolisian Tanjung Pinang.

Mereka yang diperiksa adalah Mardiah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Bintan yang juga Kepala BP Bintan periode 2011-2016; Muhammad Hendri selaku Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bintan yang juga Wakil Kepala BP Bintan Tahun 2011-3013; dan Radif Anandra Anggota 4 Bidang Pengawasan dan Pengendalian BP Bintan Tahun 2016-sekarang. "Para saksi didalami pengetahuannya terkait tugas pokok dan kewenangan serta SOP pelayanan dari BP Bintan," kata Ali.

Diketahui, KPK sedang mengusut kasus dugaan korupsi terkait Pengaturan barang kena Cukai dalam pengelolaan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Bintan Kabupaten Bintan Tahun 2016-2018.

Penanganan perkara ini telah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Dalam penanganan perkara yang dilakukan KPK, peningkatan status perkara ke tahap penyidikan diiringi dengan penetapan tersangka.

Namun, Ali belum dapat menyampaikan secara rinci mengenai kasus dugaan korupsi yang sedang diusut, maupun pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Dikatakan, berdasarkan kebijakan Pimpinan KPK saat ini, pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan terhadap para tersangka. Meski demikian, KPK berjanji akan transparan dan menyampaikan setiap perkembangan penyidikan kasus ini.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Berantas Korupsi, 27 Perusahaan BUMN Teken Kerja Sama dengan KPK

Perjanjian ini terkait penanganan pengaduan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi melalui Whistleblowing System (WBS) terintegrasi.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Penerawangan Spiritualis Nusantara dari Gunung Lawu

Menurut pendapat Kidung Tirto Suryo Kusumo, Jaksa Agung sudah berada di jalur yang benar.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Eks Anak Buah Noordin M Top Ajak Masyarakat Jaga Persatuan-Kesatuan Bangsa

Abdurrahman Taib mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

NASIONAL | 2 Maret 2021

BMKG: Hari Ini Hujan Lebat dan Petir Berpotensi di 7 Daerah

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi meliputi wilayah Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Khofifah: Kota Surabaya Barometer Kebangkitan Ekonomi di Jatim

PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kota Surabaya menyumbang 24,11 % terhadap PDRB Jawa Timur.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Kementerian ATR/BPN Temukan 3.900 Indikasi Pelanggaran Tata Ruang

Hingga Februari, Direktorat Jenderal PPTR Kementerian ATR/BPN telah menertibkan 1.200 pelanggaran pemanfaatan ruang.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Setahun Kasus Covid-19, Kota Malang Andalkan PPKM Mikro untuk Mengurangi Angka Penularan

Pelaksanaan PPKM mikro sangat detail, bagus dan terarah.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Evita Nursanty Terpilih Secara Aklamasi Menjadi Ketua Umum KBPP Polri

Evita menyerukan soliditas para pengurus dari pusat ke daerah dalam menghadapi tantangan sangat berat yang dihadapi bangsa dan negara saat ini.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Bupati dan Wabup Pasaman Barat Tolak Beli Mobil Dinas Baru

Anggaran untuk membeli mobil dinas baru bagi bupati dan wabup Pasaman Barat bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Kejaksaan Periksa Mantan Bupati Jember Faida

Pemeriksaan terhadap mantan Bupati Jember Faida terkait dugaan aliran dana anggaran APBD Jember ke RS Bina Sehat.

NASIONAL | 1 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS