Menkominfo: Tahun 2021 Momentum Percepatan Transformasi Digital
Logo BeritaSatu

Menkominfo: Tahun 2021 Momentum Percepatan Transformasi Digital

Selasa, 2 Maret 2021 | 17:35 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan tahun 2021 merupakan momentum percepatan pelaksanaan agenda transformasi digital Indonesia.

"Kominfo perlu berfokus pada peningkatan utilisasi Palapa Ring backbone broadband, juga pemanfaatan ruang digital ekonomi yang lebih berimbang," kata Johnny pada Pelantikan Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama di Kantor Kemkominfo, Jakarta, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (1/3/2021).

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), transformasi digital ini harus sejalan dengan prinsip "connecting the unconnected and leaving no one behind", serta kemandirian dan kedaulatan digital.

"Karenanya dibutuhkan strategi serta eksekusi komunikasi publik yang komprehensif agar masyarakat Indonesia memiliki kesadaran akan manfaat yang dibawa oleh transformasi digital," ungkapnya.

Lebih lanjut, Menkominfo Johnny menilai UU Cipta Kerja (UU Ciptaker) mampu mendorong investasi, serta membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan yang lebih cepat.

"Salah satu tujuan utama dan penting diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah tentang NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria). Semangat Undang-Undang Cipta Kerja adalah mempercepat proses perizinan, mendorong investasi yang lebih sehat dan lebih memadai di negara kita," kata Johnny.

Online Single Submission dan tata kelas risiko yang diatur dalam UU Ciptaker dan PP, lanjutnya, juga harus diterjemahkan secara jitu oleh seluruh aparat dan pejabat, termasuk di lingkungan Kemkominfo.

"Saya dengan hormat minta untuk jadi perhatian kita, seluruh kementerian lembaga akan dilihat responnya atas semangat besar bangsa kita dengan melakukan reformasi besar-besaran terhadap payung hukum untuk kepentingan kelancaran jalannya pemerintahan, dunia usaha, lingkungan usaha," kata Johnny.

"Serta sosial kemasyarakatan dan khususnya bagi kita adalah kepentingan bangsa dan negara di dalam ruang digital, baik itu untuk kepentingan ekonomi digital, kepentingan kultural dan budaya digital, kepentingan pertahanan, keamanan serta ketertiban masyarakat dalam ruang digital dan kepentingan kehidupan sosial yang lebih baik dalam ruang digital," tandasnya.

Tak hanya itu, Johnny menekankan pentingnya komunikasi publik terkait utilisasi backbone broadband dan pemanfaatan ruang digital yang lebih baik.

"Hal ini penting untuk terus ditingkatkan agar masyarakat semakin teredukasi akan urgensi dan manfaat baik dari program-program Kementerian Kominfo, dan khususnya dan lebih luasnya tentu adalah manfaat dan program-program pemerintah di bawah leadership Presiden Joko Widodo, khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dan ketertiban di dalam ruang digital," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo Johnny telah melantik Widodo Mutikyo sebagai Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. Serta Ayu Widiasari sebagai Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Adapun Widodo Mutikyo sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Polri Pasti Bantu Pencarian Harun Masiku

Hingga kini keberadaan politikus PDIP itu hingga kini masih menjadi misteri.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK: Pengganti Artidjo Alkostar Sebagai Anggota Dewas Ditunjuk Jokowi

KPK menyatakan pengganti Artidjo Alkostar sebagai Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

NASIONAL | 2 Maret 2021

Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award untuk Nurdin Abdullah Akan Dievaluasi

Pengurus Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (P-BHACA) memastikan mengevaluasi penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award kepada Nurdin Abdullah

NASIONAL | 2 Maret 2021

Geledah Rumah Dinas Nurdin Abdullah, KPK Sita Dokumen dan Uang Tunai

Hari ini tim penyidik menggeledah rumah pribadi Nurdin Abdullah dan Kantor Dinas PUTR Pemprov Sulsel.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Densus 88 Kembali Cokok Terduga Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah

Densus 88 Antiteror menangkap tersangka baru terkait Jamaah Islamiyah Jawa Timur.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK Pastikan Dalami Aliran Dana Suap dan Gratifikasi Gubernur Sulsel

KPK memastikan akan mendalami aliran uang suap dan gratifikasi yang diduga diterima Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah

NASIONAL | 2 Maret 2021

Menteri Erick Sebut Kerja Sama BUMN dan KPK Sebagai Bentuk Introspeksi

KPK bersama direksi 27 perusahaan BUMN menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait penanganan pengaduan dalam upaya pemberantasan korupsi

NASIONAL | 2 Maret 2021

Dua Terduga Teroris Poso Tewas, Tersisa Sembilan Orang

Dua orang DPO tewas sehingga buron yang tersisa tinggal 9 orang termasuk Ali Kalora.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Setahun Tanpa Hasil, KPK Belum Menyerah Buru Harun Masiku

Alex mengklaim, lembaga antikorupsi masih terus berusaha mencari Harun.

NASIONAL | 2 Maret 2021

PLN dan KPK Integrasikan Penanganan Pengaduan Tindak Pidana Korupsi

KPK akan membantu serta memberikan asistensi kepada PLN dalam rangka penyusunan dan/atau penguatan aturan internal serta sistem penanganan pengaduan.

NASIONAL | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS