Cabut Lampiran Perpres 10/2021, Ulama Apresiasi Keputusan Jokowi
Logo BeritaSatu

Cabut Lampiran Perpres 10/2021, Ulama Apresiasi Keputusan Jokowi

Selasa, 2 Maret 2021 | 17:43 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras (Miras) diapresiasi kalangan ulama.

“Bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol, saya nyatakan dicabut,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Presiden Jokowi mengatakan, keputusan itu diambil setelah mendapatkan masukan dari berbagai elemen masyarakat.

“Masukan-masukan dari ulama-ulama MUI (Majelis Ulama Indonesia), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan ormas-ormas lainnya, serta tokoh-tokoh agama yang lain, dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut lampiran Perpres 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Ia berharap kedepannya pemerintah mempertimbangkan secara matang saat akan mengeluarkan peraturan.

“Alhamdulillah, Presiden Jokowi yang cukup arif mencabutnya. Saya harapkan tidak terulang lagi seperti ini. Jadi, kelihatan sekali sembrono, tidak ada pertimbangan yang bersifat agama, bersifat etika, bersifat kemasyarakatan,” kata Said Aqil Siroj, di Kantor Pusat PBNU, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Said Aqil menilai, pembatalan peraturan yang mengatur izin investasi minuman keras merupakan keseriusan pemerintah mendengar aspirasi masyarakat dan juga bersama-sama berkomitmen meneguhkan kemaslahatan bangsa.

“PBNU mafhum bahwa pemerintah saat ini berupaya untuk memulihkan kondisi ekonomi yang terkena imbas pandemi Covid-19 dengan membuka investasi dari berbagai sektor,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faizal Zaini juga mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi yang mencabut lampiran Perpres 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Helmy menyatakan, Presiden Jokowi sangat bijak karena mendengarkan masukan dari para ulama NU dan organisasi kemasyarakatan lainnya, terkait risiko dari peraturan itu.

“Kami menyampaikan apresiasi pada Presiden yang mau menerima masukan-masukan dari pada Ulama NU, dari segenap komponen ormas yang lain,” kata Helmy, di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Sementara itu, Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi mencabut Lampiran Perpres 10/2021 tentang Investasi Minuman Keras.

“Presiden Republik Indonesia telah merespons secara bijak aspirasi yang hidup di tengah masyarakat mengenai

pandangan yang disampaikan oleh MUI, NU, Muhammadiyah, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat dengan statement dan policy yang diambil oleh Presiden melalui pencabutan lampiran yang terkait dengan izin investasi minuman keras,” kata Asrorun saat memberikan keterangan pers di Gedung MUI, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Dikatakan, Presiden Jokowi secara bijak telah mendengarkan pandangan yang disampaikan Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan berbagai elemen masyarakat.

MUI mengapresiasi keseriusan pemerintah mendengar aspirasi masyarakat dan juga bersama-sama meneguhkan komitmen kemaslahatan bangsa.

“MUI juga berharap, ini menjadi momentum peneguhan komitmen untuk menyusun berbagai regulasi yang memihak kepada kemaslahatan masyarakat dan juga me-review seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyebabkan destruksi di tengah masyarakat, termasuk di dalamnya berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan yang memungkinkan adanya peredaran, produksi, dan juga penyalahgunaan miras di tengah masyarakat baik yang tersirat maupun tersurat," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menkominfo: Tahun 2021 Momentum Percepatan Transformasi Digital

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan tahun 2021 merupakan momentum percepatan pelaksanaan agenda transformasi digital Indonesia.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Polri Pasti Bantu Pencarian Harun Masiku

Hingga kini keberadaan politikus PDIP itu hingga kini masih menjadi misteri.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK: Pengganti Artidjo Alkostar Sebagai Anggota Dewas Ditunjuk Jokowi

KPK menyatakan pengganti Artidjo Alkostar sebagai Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

NASIONAL | 2 Maret 2021

Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award untuk Nurdin Abdullah Akan Dievaluasi

Pengurus Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (P-BHACA) memastikan mengevaluasi penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award kepada Nurdin Abdullah

NASIONAL | 2 Maret 2021

Geledah Rumah Dinas Nurdin Abdullah, KPK Sita Dokumen dan Uang Tunai

Hari ini tim penyidik menggeledah rumah pribadi Nurdin Abdullah dan Kantor Dinas PUTR Pemprov Sulsel.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Densus 88 Kembali Cokok Terduga Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah

Densus 88 Antiteror menangkap tersangka baru terkait Jamaah Islamiyah Jawa Timur.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK Pastikan Dalami Aliran Dana Suap dan Gratifikasi Gubernur Sulsel

KPK memastikan akan mendalami aliran uang suap dan gratifikasi yang diduga diterima Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah

NASIONAL | 2 Maret 2021

Menteri Erick Sebut Kerja Sama BUMN dan KPK Sebagai Bentuk Introspeksi

KPK bersama direksi 27 perusahaan BUMN menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait penanganan pengaduan dalam upaya pemberantasan korupsi

NASIONAL | 2 Maret 2021

Dua Terduga Teroris Poso Tewas, Tersisa Sembilan Orang

Dua orang DPO tewas sehingga buron yang tersisa tinggal 9 orang termasuk Ali Kalora.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Setahun Tanpa Hasil, KPK Belum Menyerah Buru Harun Masiku

Alex mengklaim, lembaga antikorupsi masih terus berusaha mencari Harun.

NASIONAL | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS