Pencabutan Perpres Miras Bukti Jokowi Responsif Kritik dan Masukan
Logo BeritaSatu

Pencabutan Perpres Miras Bukti Jokowi Responsif Kritik dan Masukan

Selasa, 2 Maret 2021 | 19:32 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencabut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang juga mengatur investasi industri minuman keras (Miras).

Keputusan Jokowi dinilai menjadi bukti bahwa pemerintah tetap mendengarkan kritik dan masukan dengan mencabut Perpres yang dianggap kontroversial tersebut. Apalagi keberadaan Perpres telah mendapat banyak kritikan dari banyak pihak.

"Jadi memang saya kira (pencabutan Perpres 10/2021) adalah bukti bahwa Pak Jokowi figur yang demokratis, karena Perpres itu walaupun baru satu hari sudah dicabut setelah mendengarkan aspirasi kritik dari masyarakat," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, selama ini Presiden Jokowi juga sangat memperhatikan dan mendengarkan aspirasi dari organisasi dan tokoh-tokoh Islam. Kondisi tersebut sekaligus menjawab tudingan negatif yang menyebutkan Jokowi anti Islam seperti yang selama ini dihembuskan.

"Artinya tudingan bahwa Pak Jokowi ini anti Islam itu tidak benar, terbukti tidak benar dengan dicabutnya Perpres kali ini," ucap Qodari.

Perpres 10/2021 bukan merupakan Perpres yang pertama dicabut Presiden Jokowi setelah mendapatkan masukan dan kritikan. Qodari mencatat, Presiden Jokowi pernah membatalkan Perpres yang mengatur soal Daftar Negatif Investasi (DNI) soal UKM pada tahun 2018 lalu setelah mendapatkan kritikan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

"Untuk catatan bahwa sebetulnya Pak Jokowi juga pernah mencabut juga Perpres-perpres sebelumnya. Ada kebijakan yang juga pernah dicabut karena mendapatkan masukan dan kritikan dari HIPMI, sudah dibuat Kemenko perekonomian, lalu dicabut," ucapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Awali Kerja Jajaran Direksi Baru, BPJS Kesehatan Fokus Serap Aspirasi

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti BPJS Kesehatan akan mengoptimalisasi kerja sama lintas sektoral.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Pemkot Malang Siapkan MPP Berbasis Digital Terkoneksi

Pemkot Malang menyiapkan Mal Pelayanan Publik (MPP) berbasis digital terkoneksi bagi masyarakat dan mahasiswa.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Bea Cukai Banten Musnahkan Miras, Rokok serta Cairan Vape Ilegal di Cikarang

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Banten, Kejaksaan Tinggi Banten dan KPU Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan minuman keras.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Operasi Jatuhnya Sriwijaya Ditutup, 3 Jenazah Masih Hilang

Proses identifikasi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) lalu akhirnya resmi ditutup.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Joyday Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Banjarmasin

Green Asia Food Indonesia (GAFI) yang merupakan produsen es krim Joyday memberikan bantuan kepada korban banjir di Kota Banjarmasin.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Cabut Lampiran Perpres 10/2021, Ulama Apresiasi Keputusan Jokowi

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) 10/2021 diapresiasi kalangan ulama.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Menkominfo: Tahun 2021 Momentum Percepatan Transformasi Digital

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan tahun 2021 merupakan momentum percepatan pelaksanaan agenda transformasi digital Indonesia.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Polri Pasti Bantu Pencarian Harun Masiku

Hingga kini keberadaan politikus PDIP itu hingga kini masih menjadi misteri.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK: Pengganti Artidjo Alkostar Sebagai Anggota Dewas Ditunjuk Jokowi

KPK menyatakan pengganti Artidjo Alkostar sebagai Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

NASIONAL | 2 Maret 2021

Penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award untuk Nurdin Abdullah Akan Dievaluasi

Pengurus Perkumpulan Bung Hatta Anti-Corruption Award (P-BHACA) memastikan mengevaluasi penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award kepada Nurdin Abdullah

NASIONAL | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS