10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia
Logo BeritaSatu

10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia

Selasa, 2 Maret 2021 | 19:47 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / EHD

Tangerang, Beritasatu.com - Pemerintah mendatangkan sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 di Tanah Air. Bahan baku vaksin buatan perusahaan Sinovac, Tiongkok tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa (2/03/2021), melalui penjemputan khusus maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA891.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan sepuluh juta bulk vaccine. Bulk vaccine ini adalah materi dasar vaksin yang nanti akan dibuat Bio Farma menjadi vaksin (siap pakai),” kata Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono.

Ia mengatakan, kedatangan 10 juta dosis bahan baku vaksin ini merupakan yang kelima setelah pemerintah mendatangkan vaksin siap pakai maupun bahan baku vaksin sejak Desember lalu.

Pada kedatangan pertama dan kedua, Pemerintah mendatangkan sebanyak 1,2 juta dan 1,8 juta dosis vaksin siap pakai. Adapun untuk kedatangan ketiga dan keempat masing-masing sebanyak 15 juta dan 10 juta dosis bahan baku vaksin telah didatangkan.

Sampai saat ini, pemerintah telah mendatangkan 38 juta dosis vaksin yang berasal dari perusahaan Sinovac. Vaksin-vaksin tersebut akan digunakan untuk mendukung program vaksinasi massal secara gratis yang menargetkan 181,5 juta masyarakat.

“Bertahap nanti kemudian akan datang 185 juta vaksin yang berasal dari Sinovac,” kata Dante.

Bahan baku vaksin, sebagaimana bahan baku pada kedatangan ketiga dan keempat, akan diolah dan diproduksi PT Bio Farma yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin Covid-19 produksi Sinovac juga telah menerima izin penggunaan darurat dari BPOM dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Lebih lanjut Dante mengatakan, selain mengadakan vaksin Covid-19 yang berasal dari Sinovac, Pemerintah juga telah memperoleh komitmen pengadaan vaksin dari sejumlah perusahaan farmasi lainnya, yakni AstraZeneca dari Inggris, Pfizer-BioNTech (Jerman dan Amerika Serikat), dan Novavax (Amerika erikat) yang akan digunakan dalam program vaksinasi Pemerintah. “Semua vaksin tersebut akan memenuhi kebutuhan vaksinasi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK Akui Usut Dugaan Korupsi Pajak Bernilai Puluhan Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui sedang mengusut kasus dugaan korupsi terkait pajak.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Industri Miras yang Ada Tetap Berjalan

Pencabutan isi lampiran ketiga Perpres 10/2021 terkait izin usaha industri miras tidak akan mengganggu perizinan industri miras yang telah berjalan.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Kasus BPJamsostek, Kejagung Periksa Tiga Saksi

Kasus dugaan korupsi BPJamsostek, Kejagung periksa tiga saksi.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Pencabutan Perpres Miras Bukti Jokowi Responsif Kritik dan Masukan

Jokowi telah mencabut Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang juga mengatur investasi industri minuman keras.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Awali Kerja Jajaran Direksi Baru, BPJS Kesehatan Fokus Serap Aspirasi

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti BPJS Kesehatan akan mengoptimalisasi kerja sama lintas sektoral.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Pemkot Malang Siapkan MPP Berbasis Digital Terkoneksi

Pemkot Malang menyiapkan Mal Pelayanan Publik (MPP) berbasis digital terkoneksi bagi masyarakat dan mahasiswa.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Bea Cukai Banten Musnahkan Miras, Rokok serta Cairan Vape Ilegal di Cikarang

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Banten, Kejaksaan Tinggi Banten dan KPU Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan minuman keras.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Operasi Jatuhnya Sriwijaya Ditutup, 3 Jenazah Masih Hilang

Proses identifikasi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) lalu akhirnya resmi ditutup.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Joyday Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Banjarmasin

Green Asia Food Indonesia (GAFI) yang merupakan produsen es krim Joyday memberikan bantuan kepada korban banjir di Kota Banjarmasin.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Cabut Lampiran Perpres 10/2021, Ulama Apresiasi Keputusan Jokowi

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) 10/2021 diapresiasi kalangan ulama.

NASIONAL | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS