Peran Penting Bank Sampah dalam Tumbuhnya Ekonomi Sirkular
Logo BeritaSatu

Peran Penting Bank Sampah dalam Tumbuhnya Ekonomi Sirkular

Selasa, 2 Maret 2021 | 21:35 WIB
Oleh : Indah Handayani / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Sampah memiliki peran penting dalam tumbuhnya ekonomi sirkular dengan menyediakan sampah plastik terpilah berkualitas baik dan bersih sekaligus sebagai bentuk edukasi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah.

Bahkan berdasarkan data Sustainable Waste Indonesia (SWI), Bank Sampah berkontribusi dalam mengumpulkan 2,7% dari 0,421 juta sampah plastik paska konsumsi.

Untuk itu, Danone-Aqua juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terkait pengembangan Bank Sampah Induk. Kerja sama ini ke depannya diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam mengembangkan infrastruktur pengelolaan sampah dan mencapai visi bersama pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rosa Vivien Ratnawati menjelaskan dalam rangka mencapai target strategis untuk mengurangi sampah 30% dan menangani sampah 70% pada 2025, pemerintah tidak bisa sendiri. Keterlibatan Pemerintah Daerah, dunia usaha, LSM, komunitas, organisasi keagamaan, pelajar dan mahasiswa, organisasi perempuan, serta masyarakat luas sangatlah dibutuhkan.

“Dengan sinergitas pengelolaan sampah yang komprehensif, terintegrasi dari hulu ke hilir, maka saya yakin kita akan mampu membangun pengelolaan yang baik dan berkelanjutan guna mencapai target-target tersebut,” ungkap Rosa di sela Virtual Tour #BijakBerplastik Danone-Aqua & Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (2/3/2021).

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan salah satu perwujudan dan kontribusi Danone-Aqua dalam kapasitasnya sebagai bagian dari sektor dunia usaha, pihaknya secara resmi menandatangani kerja sama dengan Bank Sampah Induk yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Danone-Aqua merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Sampah Induk untuk mengambil sampah kemasan plastik pasca konsumsi.

Selain itu, lanjut dia, momentum penandatanganan ini semakin menguatkan kemitraan yang telah terbangun sejak 2017. Kemitraan ini menjadi sangat penting karena kami dapat memastikan pasokan bahan baku RPET premium secara berkelanjutan untuk mendukung ambisi pilar pengumpulan dan pilar inovasi #BijakBerplastik.

Selain itu, pihaknya juga ingin terus mendukung kapasitas dan profitabilitas Bank Sampah Induk di Jakarta Barat, Selatan, Timur, Pusat, Utara, serta Kepulauan Seribu. Kontribusi Bank Sampah dalam memasok botol PET kualitas premium ke RBU kami tercatat mencapai 218 ton dari total 1.381 ton sampah botol.

“Pada akhirnya, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi tersebut sehingga pertumbuhan Ekonomi Sirkular dapat tercipta secara berkesinambungan,” tambahnya.

Menurut Karyanto, Danone-Aqua telah menjadi pionir dalam program daur ulang dan pengumpulan kemasan plastik bekas melalui Program Aqua Peduli (Pengelolaan Daur Ulang Limbah) sejak tahun 1993.

Selain itu, Danone-Aqua juga memelopori inovasi kemasan ramah lingkungan dengan memperkenalkan produk kemasan galon sejak 1983 dan memastikan 70% bisnisnya telah sepenuhnya sirkular.

“Gerakan #BijakBerplastik merupakan wujud komitmen yang berkelanjutan dalam hal partisipasi Danone-Aqua untuk mengelola sampah plastik sekaligus menciptakan model Ekonomi Sirkular yang memberikan nilai tambah ekonomi bagi komunitas yang terlibat,” tutup dia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kasus Asabri, Kejagung Periksa Tujuh Saksi

Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa tujuh orang saksi terkait dugaan korupsi PT Asabri

NASIONAL | 2 Maret 2021

Ribuan Prajurit TNI Divaksinasi Covid-19

Vaksin Covid-19 diberikan kepada 1.695 prajurit TNI.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas 4.500 Meter

Raditya mengatakan, sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa.

NASIONAL | 2 Maret 2021

10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia

Pemerintah mendatangkan sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 di Tanah Air.

NASIONAL | 2 Maret 2021

KPK Akui Usut Dugaan Korupsi Pajak Bernilai Puluhan Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui sedang mengusut kasus dugaan korupsi terkait pajak.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Industri Miras yang Ada Tetap Berjalan

Pencabutan isi lampiran ketiga Perpres 10/2021 terkait izin usaha industri miras tidak akan mengganggu perizinan industri miras yang telah berjalan.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Kasus BPJamsostek, Kejagung Periksa Tiga Saksi

Kasus dugaan korupsi BPJamsostek, Kejagung periksa tiga saksi.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Pencabutan Perpres Miras Bukti Jokowi Responsif Kritik dan Masukan

Jokowi telah mencabut Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang juga mengatur investasi industri minuman keras.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Awali Kerja Jajaran Direksi Baru, BPJS Kesehatan Fokus Serap Aspirasi

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti BPJS Kesehatan akan mengoptimalisasi kerja sama lintas sektoral.

NASIONAL | 2 Maret 2021

Pemkot Malang Siapkan MPP Berbasis Digital Terkoneksi

Pemkot Malang menyiapkan Mal Pelayanan Publik (MPP) berbasis digital terkoneksi bagi masyarakat dan mahasiswa.

NASIONAL | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS