Presiden: Indonesia Termasuk Negara Paling Rawan Bencana
Logo BeritaSatu

Rakornas Penanggulangan Bencana 2021

Presiden: Indonesia Termasuk Negara Paling Rawan Bencana

Rabu, 3 Maret 2021 | 14:54 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / FMB

Jakarta, Beritasatu,com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam setahun Indonesia mengalami sedikitnya 3.253 kejadian bencana alam atau sembilan kejadian bencana setiap harinya. Pengalaman kebencanaan ini harus dijadikan momentum untuk memperkokoh ketangguhan dalam menghadapi segala bentuk bencana yang terjadi di negeri ini.

“Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa negara kita Indonesia adalah negara yang rawan bencana, termasuk 35 negara yang paling rawan bencana di dunia. Bukan sebuah angka yang kecil. Tantangan dan cobaan itu harus kita hadapi," kata Presiden Jokowi saat berpidato pada peresmian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Hadir pada kesempatan itu, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan para gubernur di seluruh Indonesia yang mengikuti secara virtual.

Presiden Jokowi dalam pidatonya menyatakan, dalam setahun ini Indonesia telah diberi pengalaman dan pelajaran yang sangat luar biasa. Bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana non alam berupa pandemi Covid-19.

"Dan, dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, di sisi kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan dalam waktu bersamaan, bukan hanya skala daerah, bukan hanya skala nasional, tapi skala global," kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, lebih dari 215 negara menghadapi pandemi Covid-19 seperti Indonesia. Kondisi ini menuntut pemerintah untuk bekerja cepat, inovatif, dan juga berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk negara lain dan lembaga-lembaga internasional.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi. Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BNPB, yang telah mendedikasikan seluruh waktunya untuk menangani dan menyelesaikan krisis sekarang ini," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pegawai DJP Diduga Terlibat Suap, Sri Mulyani: Tidak Ada Toleransi

Terkait dugaan suap di Direktorat Jenderal Pajak, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pihaknya tidak menoleransi pengkhianatan upaya memulihkan ekonomi.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Ribuan Prajurit dan PNS Mabes TNI Divaksin Covid-19

Mereka harus terdaftar sebagai sasaran penerima vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

NASIONAL | 3 Maret 2021

KLHK dan APHI Gelar Pelatihan Pengembangan Hortikultura di Kawasan Hutan

KLHK bekerja sama dengan APHI menggelar kegiatan e-learning mitra usaha produktif dengan materi pelatihan pengembangan hortikultura di kawasan hutan.

NASIONAL | 3 Maret 2021

KPK Belum Berencana Hentikan Kasus RJ Lino

KPK belum berencana menerbitkan SP3 atau menghentikan penyidikan kasus dugaan korupsi Pelindo II dengan tersangka RJ Lino.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kasus Suap Benur, KPK Periksa Karyawan Swasta

Bahkan, tim penyidik telah menyita sebidang tanah beserta vila di atasnya di Sukabumi yang diduga dibeli dari hasil suap.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Waket KPK Ungkap Ada Kasus Korupsi yang Penyidikannya Akan Dihentikan

Waket KPK Alexander Marwata tak menyebut secara gamblang kasus yang akan dihentikan penyidikannya.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Mendikbud: Guru Honorer Punya Kesempatan 3 Kali untuk Lolos Seleksi PPPK

Kemdikbud menyiapkan seri khusus untuk persiapan guru honorer atau lulusan PPG mengikuti seleksi PPPK bernama Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Pemerintah Bangun 38 Mal Pelayanan Publik

Dengan berdirinya MPP, masyarakat tidak perlu repot mengurus administrasi hingga perizinan berusaha, sebab bisa dilakukan di satu tempat.

NASIONAL | 3 Maret 2021

BPK Terus Tingkatkan Pembangunan Zona Integritas

Badan Pemeriksa Keuangan terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan zona integritas.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kampus Didorong Lahirkan SDM Unggul

BSI bertekad terus menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh generasi penerus bangsa.

NASIONAL | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS