Sajiku Kurangi Pemakaian Plastik hingga 9,5% di 2021
Logo BeritaSatu

Sajiku Kurangi Pemakaian Plastik hingga 9,5% di 2021

Rabu, 3 Maret 2021 | 16:55 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Ajinomoto Indonesia melalui merek Sajiku mendukung langkah pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik dengan mengurangi ketebalan kemasan, namun tetap menjaga kualitas isi produk. Berdasarkan data dari Data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Sebanyak 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Berdasarkan data The World Bank 2018, sebanyak 87 kota di pesisir Indonesia memberikan kontribusi sampah ke laut diperkirakan sekitar 1,27 juta ton. Dengan komposisi sampah plastik mencapai 9 juta ton dan diperkirakan sekitar 3,2 juta ton adalah sedotan plastik. Dukungan merek Sajiku tersebut diwujudkan melalui pengurangan penggunaan plastik pada setiap kemasan produk Sajiku bumbu praktis siap pakai, termasuk varian terbaru Sajiku Bumbu Tahu dan Tempe Goreng.

“Kami mengurangi ketebalan plastik yang digunakan untuk kemasan Sajiku yang awalnya 2,34 gram plastik per bungkus menjadi 2,12 gram plastik per bungkus,” ujar Brand Manager Sajiku Endang Pamularsih, dalam keterangan resmi, Rabu (3/3/2021).

Dengan begitu, Sajiku kata dia telah mengurangi sebanyak 9,5% plastik di setiap kemasan tersebut. “Ketebalan plastik menjadi penting karena dengan menggunakan plastik yang lebih tipis, maka kami telah mengurangi konsumsi plastik di pabrik,” lanjutnya.

Kegiatan pengurangan penggunaan plastik ini dilakukan sejak Desember 2020, dan akan terus berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. Selain itu, perseroan telah melakukan penelitian tentang produk lain untuk mengurangi komposisi penggunaan plastik. "Ini sedang dalam proses dan membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi kami akan terus melakukan aktivitas ini untuk memperbaiki masalah lingkungan.” ungkap Endang.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja BNPB

Jokowi secara khusus meminta jajaran BNPB dan pihak terkait lainnya untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipasi bencana secara terencana dan detail.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Sekjen Barikade 98 Dukung Erick Thohir Gandeng KPK Berantas Korupsi

Sebelumnya, KPK dan 27 BUMN menandantangani perjanjian kerja sama mengenai penanganan pengaduan dalam upaya pemberantasan korupsi

NASIONAL | 3 Maret 2021

Nikita Mirzani: Jangan Hapus UU ITE

Artis, yang kini juga dikenal sebagai pegiat media sosial (medsos), Nikita Mirzani meminta agar pemerintah memastikan UU ITE tidak dihapus

NASIONAL | 3 Maret 2021

Ustaz Yusuf Mansyur Apresiasi Keputusan Presiden Cabut Aturan Investasi Miras

Yusuf Mansur memuji sikap Presiden yang masih mau mendengarkan pendapat para alim ulama dan pemuka agama terkait rencana pembukaan investasi miras di Indonesia.

NASIONAL | 3 Maret 2021

KPK Periksa Direktur PT Energi Sejahtera Mas

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa Direktur PT Energi Sejahtera Mas, Syafriadi, Rabu (3/3/2021).

NASIONAL | 3 Maret 2021

Ini Dukungan Kemkominfo untuk Pengembangan Pariwisata dan UMKM NTB

Dukungan dari Kemkominfo antara lain melalui penyediaan infrastruktur digital seperti Base Transceiver Station (BTS) dan akses internet gratis.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Tim Kajian UU ITE Akan Tampung Masukan Aktivis dan Asosiasi Pers

Tim kajian revisi UU Infomasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah selesai mengumpulkan sejumlah masukan dari narasumber pelapor dan terlapor.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Dukung Kampus Merdeka, 10 Perguruan Tinggi Bentuk Konsorsium "Ihilead"

Tujuannya adalah untuk mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kejaksaan Tangkap Buronan Pembobol Dana Pensiun Pertamina Rp 1,4 Triliun

Terpidana tindak pidana korupsi tersebut atas nama Bety yang merupakan Komisaris Utama PT Sinergi Millenium Sekuritas.

NASIONAL | 3 Maret 2021

GP Ansor dan Aice Group Usulkan Gerakan Pentahelix di Tiap Provinsi

Persiapan terbaik dalam menghadapi bencana dengan membangun kolaborasi pentahelix, terutama di wilayah dengan kerawanan bencana tinggi.

NASIONAL | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS