Mahfud MD Dorong Percepatan Pembangunan Monumen Bela Negara
Logo BeritaSatu

Mahfud MD Dorong Percepatan Pembangunan Monumen Bela Negara

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:58 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah terbengkalai bertahun-tahun, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemko Polhukam) mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Monumen Bela Negara di Sumatera Barat (Sumbar).

Langkah tersebut dilakukan sebagai respons atas permintaan Gubernur Sumbar yang disampaikan kepada Menko Polhukam Mahfud MD pada saat Menko berkunjung ke Sumatera Barat, beberapa waktu lalu

Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Janedjri M Gaffar, menjelaskan, pada 11 Februari 2011 lalu, telah diadakan Rakor yang dipimpin langsung Menko Polhukam Mahfud MD, yang dihadiri perwakilan dari beberapa kementerian terkait. Antara lain Kemdagri, Kemhan, Kementerian PUPR, Kemdikbud, Kemsos, Kemkeu, dan Kementerian PPN/Bappenas.

Rakor tersebut menyepakati perlunya disusun dasar hukum percepatan penyelesaian pembangunan Monumen Bela Negara. Rapat juga merekomendasikan diadakan pertemuan lanjutan untuk mematangkan konsep percepatan penyelesaian pembangunan Monumen Bela Negara dan kebutuhan anggaran dengan mengundang kementerian dan pemerintah daerah terkait.

Pada hari ini, Rabu (3/3/2021), Kemko Polhukam melalui Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa, juga menggelar rapat pembahasan dasar hukum percepatan penyelesaian pembangunan monumen bela negara provinsi Sumbar di Jakarta.

Acara tersebut dihadiri para eselon satu dari seluruh kementerian terkait, Gubernur Sumatera Barat yang baru saja menjabat Mahyeldi, Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati Kabupaten Agam, perwakilan dari Kabupaten Solok Selatan, Kota Bukittinggi, dan sebagian peserta rapat yang terlibat secara daring.

"Pak Menko Polhukam sungguh-sungguh berharap agar pembangunan monumen bela negara ini bisa berjalan dengan baik, karena itu peran kementerian dan lembaga terkait, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten, menjadi sangat penting," kata Janedjri M Gaffar.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengemukakan, kelanjutan pembangunan Monumen Bela Negara merupakan keinginan masyarakat Sumbar yang sudah lama. Masyarakat bahkan telah menghibahkan 50 hektare tanah untuk pembangunan ini, sejak tahun 2012. Artinya, sudah 9 tahun terhenti pembangunannya.

"Ini harapan kita semua dan karena itu kami menyambut baik kelanjutan pembangunan monumen bela negara ini. Dengan pertemuan hari ini yang dikoordinasikan oleh Kantor Menko Polhukam untuk membahas Inpres agar sungguh-sungguh terlaksana secara dengan melibatkan para kementerian dan lembaga terkait," ujar Mahyeldi.

Dirinya mengungkapkan, saat ini pemerintah daerah dan masyarakat Sumbar telah kembali memiliki optimisme baru. Apalagi, masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) adalah hal yang sangat monumental bagi masyarakat Sumbar.

Monumen yang terbengkalai sejak awal ingin mulai dibangun pada 2006 itu rencananya akan dibangun di Lokasi Monumen Bela Negara di Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan luas lahan sekitar 50 hektare, serta Lokasi Tugu Bela Negara berada di tiga tempat. Yaitu Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Bukittinggi dan Bidar Alam Kabupaten Solok Selatan.

Rancangan Inpres tersebut bernama Inpres Percepatan Penyelesaian Pembangunan Monumen Bela Negara Di Provinsi Sumatera Barat, yang berisikan antara lain mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing Kementerian dan Lembaga serta Provinsi dan Kabupaten/Kota secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Monumen Bela Negara di Provinsi Sumatera Barat



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jaksa Agung Tangkap Buronan Kelas Kakap, Ini Komentar Spiritualis Nusantara

Jaksa Agung berhasil menangkap terpidana TPPU Bety yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1,4 triliun.

NASIONAL | 3 Maret 2021

KPK Sita Rumah Pribadi Stafsus Edhy Prabowo di Cilandak

KPK menyita dan memasang plang sita di rumah milik Andreau Pribadi Misanta yang merupakan staf khusus Edhy Prabowo

NASIONAL | 3 Maret 2021

Mendikbud: Subsidi Kuota Belajar Lebih Kecil, Tapi Aksesnya Lebih Fleksibel

Kini, bantuan kuota diberikan seluruhnya untuk kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses aneka situs seperti Google dan Youtube.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kejagung Sita 410 Hektare Tanah dari Tersangka Kasus Asabri

Kejagung menyita barang bukti perkara korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asabri atas nama tersangka BTS berupa tanah 400 hektare.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Pelajaran dari Polemik Perpres Miras, Pembantu Presiden Harus Lebih Hati-hati

Arsul minta para pembantu presiden untuk selalu berhati-hati dengan membuka ruang konsultasi publik seluasnya jika menyangkut hal berbau ajaran agama.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Haum Gandeng Westbike Messenger Rilis Pengiriman Gunakan Sepeda

Haum berharap dapat lebih meningkatkan dampak sosial seperti memperbaiki kualitas lingkungan serta mengurangi polusi udara.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Bupati Teluk Bintuni: Dana Otsus Papua Masih Dibutuhkan untuk Kepentingan Pembangunan

Otsus Papua adalah keinginan bersama, bukan keinginan sekelompok orang dan bukan keinginan kepala daerah.

NASIONAL | 3 Maret 2021

KPK Usut Suap Perpajakan, Misbakhun Minta Pegawai Ditjen Pajak Tetap Semangat

Misbakhun mengapresiasi ikhtiar KPK memberantas korupsi di sektor perpajakan.

NASIONAL | 3 Maret 2021

IHLC dan Sucofindo Sepakat Bangun Ekosistem Industri Halal

Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dan Sucofindo sepakat untuk membangun ekosistem industri halal dan berperan secara aktif dalam menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar produk halal di pasar global pada 2024

NASIONAL | 3 Maret 2021

Geledah 3 Rumah di Tanjungpinang, KPK Sita Dokumen Penting Kasus Korupsi di Bintan

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga rumah di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau

NASIONAL | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS