Kementerian Dalam Negeri Sosialisasikan E-BLUD kepada Pemerintah Daerah
Logo BeritaSatu

Kementerian Dalam Negeri Sosialisasikan E-BLUD kepada Pemerintah Daerah

Kamis, 4 Maret 2021 | 16:18 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri melaksanakan Sosialisasi Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam bentuk sistem aplikasi e-BLUD (eletronik Bdan Layanan Umum Daerah) kepada pemerintah daerah, Kamis (4/3/2021).

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Dr Mochamad Ardian Noervianto, MSi, dalam pembukaan kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa Ditjen Bina Keuangan Daerah tidak akan dapat bekerja sendirian.

"Sudah barang tentu keterlibatan pemangku kebijakan di Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam penyelenggaraan BLUD agar optimal dan ideal," ujar Mochamad Ardian Noervianto.

Dikatakan Ardian terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan Pemda terkait BLUD, yakni: Penguatan peran Pemerintah Daerah dalam pembinaan BLUD; Menyiapkan regulasi (Peraturan Gubernur, Bupati/Walikota) dalam rangka implementasi pengelolaan BLUD; Meningkatkan kapasitas SDM Pengelola, Pembina, dan Pengawas BLUD; dan Mengalokasikan anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BLUD.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan pedoman lainnya terkait BLUD, khususnya Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Nomor 981/4092/KEUDA tanggal 2 Oktober 2020 Hal Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

Selanjutnya acara diberikan arahan Direktur BUMD, BLUD dan BMD Kemdagri, Drs. Budi Santosa, M.Si, serta R. Wisnu Saputro, SE dan Ananto Budiono, SE, MAP selaku Kasi Subdit BLUD.

Dalam pemaparannya, mereka menyebutkan bahwa Pengelolaan keuangan BLUD berdasarkan SE Dirjen BKD tersebut merupakan hal baru bagi BLUD, sehingga dalam penerapannya agar dapat lebih tertib, efektif dan efisien serta akuntabel perlu dibantu oleh sistem aplikasi yang dinamakan e-BLUD.

Sistem aplikasi e-BLUD sendiri adalah suatu sistem yang mendokumentasikan administrasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan pertanggungjawaban, serta pelaporan keuangan BLUD secara real time.

Sistem aplikasi e-BLUD dirancang secara online untuk memudahkan pengguna dalam mengakses data di mana dan kapan saja berdasarkan manajemen user yang sistematis sesuai tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan BLUD.

Maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh BLUD dalam melakukan administrasi pengelolaan keuangan BLUD. Kegiatan ini juga berguna untuk menginformasikan regulasi maupun pengembangan aplikasi e-BLUD tersebut.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar bagi seluruh stakeholder tentang peran dan tanggung jawab masing-masing dalam proses pengelolaan keuangan BLUD," ujar Budi Santoso.

Sosialisasi ini juga diisi oleh para Narasumber dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik (LPPSP) Fisip Universitas Indonesia yaitu Hendra Wijaya, S.Sos., M.Si, (Ketua FTC LPPSP UI); Bramana Purwasetya, S.Sos., M.Si, Zarwin Sabar, SE., ME; Alfian Agustiar, SE (Peneliti FTC LPPSP UI) dan Narasumber dari Kasubag Keuangan RSUD Bendan Kota Pekalongan yaitu Mukhsin Hadi SE, M.Si, AAP, CPFO, CSEP yang memberi paparan gambaran umum implementasi pengelolaan keuangan BLUD dengan menggunakan aplikasi e-BLUD.

Pada akhirnya hasil yang diharapkan dari sosialisasi ini adalah agar seluruh BLUD dapat menerapkan pengelolaan keuangan BLUD yang terstandar, tidak berbeda-beda antar BLUD di daerah-daerah sesuai peraturan perundang-undangan dan standar akuntansi BLUD, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel, handal dan relevan untuk mencapai tujuan BLUD memberikan pelayanan dasar yang baik bagi masyarakat di daerah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Plt Gubernur Sulsel Tunjuk 4 Pelaksana Tugas Berdasarkan SE BKN

Plt Gubernur Sulsel,, Andi Sudirman Sulaiman, menunjuk empat orang pejabat menempati posisi sebagai Plt di lingkup Pemprov Sulsel.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kejari Batam Tenggelamkan 4 Kapal Asing Asal Vietnam

Keempat kapal asing asal Vietnam yang dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan tersebut merupakan barang bukti dalam perkara tindak pidana perikanan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Vaksinasi Anggota di Palembang

sebanyak 2.000 Personel yang terdiri dari 1.000 Prajurit TNI (850 TNI AD, 50 TNI AL, 100 TNI AU) dan 1.000 Anggota Polri mendapat vaksinasi covid-19.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Presiden Optimistis Bendungan Sindang Heula Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Bendungan Sindang Heula dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp 427 miliar diyakini akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Banten.

NASIONAL | 4 Maret 2021

KPK Minta Imigrasi Cegah Pejabat Ditjen Pajak ke Luar Negeri

KPK meminta Ditjen Imigrasi mencegah ke luar negeri Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Angin Prayitno Aji.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Laporan Marzuki Alie terhadap AHY Tak Diterima Polisi

Tim kuasa hukum Marzukie Alie tiga hari ke depan akan kembali datang sembari melengkapi syarat formil materil yang diminta polisi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kemhan Luncurkan 2 Kapal Angkut Tank

Penamaan dan peluncuran kapal merupakan salah satu milestone pembangunan kapal yang menandai pertama kalinya kapal berada di air.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kasus 6 Laskar FPI Tewas Dihentikan, 3 Polisi Jadi Terlapor

Penghentian kasus ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 109 KUHP karena tersangka sudah meninggal dunia.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pakar: Status WNI Gugur, Orient Riwu Kore Tak Bisa Jadi Bupati

Orient Riwu Kore tidak sah jadi Bupati.

NASIONAL | 4 Maret 2021

SEED Awards 2021, Ajang Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan

Para pemenang dari SEED Awards ini akan mendapatkan total dana senilai 163.500 euro atau sekitar Rp 2,7 miliar.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS