Sulsel Akan Jadi Wilayah Percontohan Katalog Elektronik
Logo BeritaSatu

Sulsel Akan Jadi Wilayah Percontohan Katalog Elektronik

Kamis, 4 Maret 2021 | 17:20 WIB
Oleh : Ifan Ahmad / CAR

Makassar, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi wilayah percontohan katalog dan marketplace elektronik. Hal ini merupakan salah satu strategi nasional pencegahan korupsi (stranas PK).

Ketua Harian Stranas PK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Herda Helmi Jaya dan Pelaksana Tugas (plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membahas itu saat pertemuan di ruang rapat pimpinan kantor gubernur, Kamis (4/3/2021).

Rapat ini diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. Pertemuan tersebut merupakan rapat tindak lanjut penerapan katalog elektronik lokal dan e-marketplace di Sulsel. KPK akan terus mendampingi pemerintah daerah dalam memperbaiki pelayanan.

“Kami akan selalu mendampingi kawan-kawan Pemda dalam memperbaiki segala hal terkait dengan pelayanan,” kata Herda.

Herda menjelaskan, penerapan pencegahan korupsi ini tertuang dalam Perpres 4/2018. Ada tiga aspek yang akan diperbaiki antara lain, aspek perizinan, keuangan negara, reformasi birokrasi dan penegakan hukum.

“Pertemuan kali ini terkait fokus pada aspek keuangan negara terkait dengan sistem pengadaan,” ujar Herda.

Herda menambahkan, KPK membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Hrda berharap, persoalan paling krusial yaitu mark up harga bisa terselesaikan.

Kegiatan ini pun diinisiasi sudah lama, dan pemerintah provinsi menyambut dengan baik. Dengan tekad, Sulsel sebagai pelopor e-katalog dan e-marketplace di luar pulau Jawa.

“Sulawesi Selatan akan menjadi contoh buat provinsi lain, terutama di wilayah Sulawesi,” tegasnya.

Sementara itu, Andi Sudirman mengapresiasi agenda Stranas PK. Menurut Andi Sudirman, pencegahan yang akan dilakukan merupakan sebuah ikhtiar.

“Meskipun saat ini tahap beradaptasi, akan tetapi langkah ini merupakan ikhtiar,” kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengenang kenangan bersama Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah saat masa kampanye. Keduanya ingin memperkuat dari segi infrastruktur dengan istilah Sulsel terkoneksi.

“Sulsel terkoneksi yang dimaksud adalah wilayah terisolir, wilayah yang sangat jauh. Semangat kami membangun infrastruktur terus menerus,” ujar Andi Sudirman.

Menurut Andi Sudirman, ada peningkatan signifikan antara jalan dan jembatan saat ini, dan bisa dilihat grafiknya.

“Banyak harapan kami, ada hal yang perlu diperhatikan, yang menjadi hal yang penting untuk efektivitas kerja pemerintahan,” tutur Andi Sudirman.

Andi Sudirman pun menyebut, “Pak Nurdin Abdullah dulu berharap, bagaimana infrastruktur jalan jika memiliki kebutuhan pembangunan dapat diklik saja. Kami kedepan meminta arahan kepada KPK untuk membentuk sebuah sistem yang lebih baik.”



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Resmikan Kompleks Untirta Banten, Jokowi: Kampus Harus Jadi Menara Air

Perguruan tinggi harus memfungsikan diri sebagai menara air dimana hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan bisa dirasakan oleh masyarakat.

NASIONAL | 4 Maret 2021

JPU Tuntut Djoko Tjandra Empat Tahun Penjara

Djoko terbukti telah menyuap dua jenderal polisi terkait pengecekan status red notice dan penghapusan namanya dari Daftar Pencarian Orang (DPO).

NASIONAL | 4 Maret 2021

Dugaan Korupsi, Imigrasi Cegah 2 ASN Ditjen Pajak

Ditjen Imigrasi mencegah dua ASN Ditjen Pajak.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kejagung Tangkap Jaksa Palsu Penipu Masalah Pertanahan

Tim Intelijen Kejagung menangkap seseorang yang mengaku sebagai jaksa pada Jaksa Agung Muda Intelijen dan menipu masyarakat.

NASIONAL | 4 Maret 2021

POM TNI Tangkap Pelaku Pengguna Pelat Nomor Palsu

Salah seorang warga Bandung yang sempat viral di media sosial ditangkap karena menggunakan pelat nomor palsu kendaraan TNI.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kementerian Dalam Negeri Sosialisasikan E-BLUD kepada Pemerintah Daerah

Kemdagri melaksanakan sosialisasi pedoman pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah dalam bentuk sistem aplikasi e-BLUD kepada Pemda, Kamis (4/3/2021).

NASIONAL | 4 Maret 2021

Plt Gubernur Sulsel Tunjuk 4 Pelaksana Tugas Berdasarkan SE BKN

Plt Gubernur Sulsel,, Andi Sudirman Sulaiman, menunjuk empat orang pejabat menempati posisi sebagai Plt di lingkup Pemprov Sulsel.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kejari Batam Tenggelamkan 4 Kapal Asing Asal Vietnam

Keempat kapal asing asal Vietnam yang dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan tersebut merupakan barang bukti dalam perkara tindak pidana perikanan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Vaksinasi Anggota di Palembang

sebanyak 2.000 Personel yang terdiri dari 1.000 Prajurit TNI (850 TNI AD, 50 TNI AL, 100 TNI AU) dan 1.000 Anggota Polri mendapat vaksinasi covid-19.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Presiden Optimistis Bendungan Sindang Heula Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Bendungan Sindang Heula dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp 427 miliar diyakini akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Banten.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS