Temuan Varian Baru Covid-19, Aparat di Jabar Diminta Aktif Data Warga Pulang dari Luar Negeri
Logo BeritaSatu

Temuan Varian Baru Covid-19, Aparat di Jabar Diminta Aktif Data Warga Pulang dari Luar Negeri

Kamis, 4 Maret 2021 | 23:30 WIB
Oleh : LES

Cianjur, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, meminta aparat dari pemkab hingga tingkat RT untuk aktif melakukan pendataan terhadap warganya yang baru pulang dari luar negeri, khususnya tenaga kerja Indonesia, sebagai upaya memutus rantai penyebaran varian baru B117 asal Inggris.

"Temuan kasus di Karawang harus menjadi perhatian berbagai kalangan untuk memutus rantai penularan varian baru Covid-19 B117, di mana seorang TKI yang baru pulang dinyatakan positif. Berbagai cara harus dilakukan termasuk pendataan rutin dilakukan aparat desa hingga RT," katanya usai melakukan panen raya di Cianjur, Kamis (4/3/2021).

Ia menjelaskan, pejabat di tingkat desa hingga ke RT, harus rutin melakukan pendataan terhadap warganya yang baru pulang dari luar negeri khususnya TKI, karena pengawasan terhadap TKI legal yang berangkat sesuai dengan prosedur dapat dengan mudah dilakukan termasuk sudah dilakukan pemerintah.

"Setelah melakukan pendataan, aparat di lapangan, dapat melaporkan ke gugus tugas setempat untuk dilakukan tindakan dan penanganan, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya. Karena untuk TKI legal, sejak sampai di bandara, sudah dilakukan penanganan, tapi yang ilegal ini yang sulit," katanya.

Kepulangan TKI ilegal yang menjadi permasalahan karena sulit untuk dilakukan pengawasan dan pemantauan karena tidak diketahui secara pasti kapan mereka pulang, sehingga tugas aparatur desa hingga RT, lebih ditingkatkan untuk melakukan pendataan siapa saja warga mereka yang menjadi TKI dan kapan mereka pulang.

"Berbagai upaya harus dilakukan agar varian baru Corona, tidak sampai menyebar. Untuk memutus rantai kami imbau pendataan rutin dilakukan aparat desa, RT dan keluarga untuk melapor, atau TKI bersangkutan untuk memberikan informasi kepulangannya," kata UU.

Untuk mereka yang baru pulang dari luar negeri, tutur dia, nantinya akan dilakukan isolasi sebelum pulang ke kampung halamannya masing-masing terlepas hasil pemeriksaan terhadap dirinya positif atau negatif, sebagai upaya antisipasi menyebarnya varian baru tersebut.

"Peran aktif semua kalangan, kami harapkan termasuk TKI yang akan pulang atau sudah pulang, segera melaporkan diri dan melakukan isolasi. Meski didapati kasus TKI yang terpapar varian baru Covid-19 B117, kami sudah siap menerapkan protap tentang prokes dalam penanganan," katanya.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ketepatan Sistem Penargetan Akan Efektifkan Penyaluran Bansos

Pemerintah disarankan untuk memakai sistem penargetan yang berlandaskan on demand application, sehingga bisa melakukan pembaruan data secara cepat.

NASIONAL | 16 Agustus 2020

Di Tangan Gibran dan Wishnutama, Lokananta Bakal Disulap Jadi Ruang Kreatif untuk Anak Muda Solo

Lokananta dinilai tepat karena memiliki narasi yang kuat sebagai pusat budaya pada zamannya.

NASIONAL | 4 Maret 2021

KTP Elektronik Bukan Bukti Kepemilikan Atas Tanah

Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau (KTP-El) bukan bukti kepemilikan atas tanah atau lahan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Paspor AS Milik Orient Kedaluwarsa, Dirjen Dukcapil: Bukan Kesimpulan Saya

Paspor Amerika Serikat (AS) milik Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih Orient Patriot Riwu Kore sudah kedaluwarsa.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Garuda Sediakan Tes Antigen Gratis untuk Penumpang Rute Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik.

NASIONAL | 4 Maret 2021

IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan

IPB terbaik di Asia Tenggara di bidang Pertanian dan Kehutanan, peringkat ke-62 di dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Layanan Panggilan Darurat 112 Raih Penghargaan CCW

Layanan panggilan darurat 112 meraih penghargaan dalam ajang ContactCenterWorld (CCW) Top Ranking Performance Competition Tahun 2020 untuk tingkat dunia.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Jasa Marga Luncurkan Aplikasi Travoy 3.0 Penuhi Kebutuhan Pengguna Jalan

PT Jasa Marga meluncurkan aplikasi Travoy 3.0 sebagai asisten digital yang membuat perjalanan di jalan tol menjadi lebih aman dan nyaman.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pemerintah Sedang Susun Jadwal Penerimaan ASN dan Guru PPPK

Pemerintah tengah susun penerimaan aparatur sipil negara (ASN) dan guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPK Puji Program Akselerasi Transformasi Digital Kemkominfo

Program transformasi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menuai apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS