Kominfo Temukan Akun Palsu di Facebook Rugikan Wali Kota Malang
Logo BeritaSatu

Kominfo Temukan Akun Palsu di Facebook Rugikan Wali Kota Malang

Jumat, 5 Maret 2021 | 06:54 WIB
Oleh : Didik Fibrianto / JEM

Malang, Beritasatu.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) menemukan akun di Facebook palsu mengatasnamakan Wali Kota Malang Sutiaji. Terkait temuan akun palsu tersebut, Sutiaji dan keluarganya menyatakan merasa dirugikan.

"Saya sudah lama tidak menggunakan Facebook. Sudah kurang lebih tiga tahunan. Ini tiba tiba ada yang menggunakan akun Facebook tersebut, padahal sudah off," kata Wali Kota Malang Sutiaji, di Malang, Kamis (4/3/2021)

Sutiaji mengatakan, ia dan keluarganya dirugikan dengan akun yang ia nyatakan palsu tersebut, karena membuat status yang berisi negatif dan fitnah mengatasnamakan wali kota untuk kepentingan oknum pembuatnya melakukan kejahatan dan membangun citra buruk.

"Jelas merugikan saya secara pribadi, keluarga dan juga Kota Malang, karena apa pun yang diunggah orang yang tidak bertanggung jawab akan memberi persepsi bahwa itu benar saya, padahal bukan," kata Sutiaji.

Untuk itu, Sutiaji meminta Dinas Kominfo Kota Malang untuk menelusuri pembuat akun tersebut serta memberitahukan kepada masyarakat bahwa akun yang mengatasnamakan Sutiaji tersebut merupakan akun palsu.

"Saya minta Kominfo untuk mengklarifikasi dan memberi penjelasan kepada masyarakat bahwa itu akun palsu," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Nurwidianto membenarkan adanya pemalsuan akun Facebook atas nama Wali Kota Malang Sutiaji tersebut. Namun pihaknya belum berencana untuk melaporkan masalah itu ke aparat penegak hukum.

"Belum sampai melangkah pada proses hukum meskipun tidak menutup ruang ke sana.Tapi perlu saya ingatkan proses hukum bisa menghadirkan siapa saja yang memang beriktikad tidak baik dengan modus pemalsuan akun atau melakukan hack atas sosmed (sosial medial) orang lain," tuturnya.

Ia menegaskan akun Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Malang Sutiaji tersebut adalah akun palsu dan bukan milik wali kota Malang.

Nurwidianto berharap masyarakat agar berhati-hati dalam bermedia sosial dan tidak mudah untuk membuat akun dengan mengatasnamakan orang lain. Untuk itu, dia ingin lebih dulu membangun kesadaran dan literasi kepada masyarakat agar bijak bermain medsos.

"Terlebih dahulu, kami ingin membangun kesadaran dan literasi untuk bijak serta berhati hati dalam bermain sosial media," ujarnya.

Kata Nurwidianto, situasi inilah yang sungguh membahayakan dan berpotensi fitnah sehingga muncul ujaran kebencian yang menyebabkan perpecahan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sekolah.mu Siap Hadirkan Pelatihan Terbaik untuk Masyarakat

Pada tahun 2020 rata-rata tingkat penyelesaian pelatihan di platform Sekolah.mu mencapai lebih dari 90%.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Diam-diam KPK Periksa Effendi Gazali Terkait Kasus Suap Ekspor Benur

Effendi Gazali diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Erick Thohir Beberkan Alasan Tunjuk Said Aqil Jadi Komut PT KAI

Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya buka suara terkait penunjukan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj menjadi Komisaris Utama PT KAI.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Pemkab Madiun Vaksinasi 7.699 Guru

Presiden Joko Widodo menargetkan proses belajar mengajar kembali normal atau dapat dilaksanakan secara tatap muka pada semester kedua 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Temuan Varian Baru Covid-19, Aparat di Jabar Diminta Aktif Data Warga Pulang dari Luar Negeri

Pejabat di tingkat desa hingga ke RT, harus rutin melakukan pendataan terhadap warganya yang baru pulang dari luar negeri khususnya TKI,

NASIONAL | 4 Maret 2021

Ketepatan Sistem Penargetan Akan Efektifkan Penyaluran Bansos

Pemerintah disarankan untuk memakai sistem penargetan yang berlandaskan on demand application, sehingga bisa melakukan pembaruan data secara cepat.

NASIONAL | 16 Agustus 2020

Di Tangan Gibran dan Wishnutama, Lokananta Bakal Disulap Jadi Ruang Kreatif untuk Anak Muda Solo

Lokananta dinilai tepat karena memiliki narasi yang kuat sebagai pusat budaya pada zamannya.

NASIONAL | 4 Maret 2021

KTP Elektronik Bukan Bukti Kepemilikan Atas Tanah

Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau (KTP-El) bukan bukti kepemilikan atas tanah atau lahan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Paspor AS Milik Orient Kedaluwarsa, Dirjen Dukcapil: Bukan Kesimpulan Saya

Paspor Amerika Serikat (AS) milik Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih Orient Patriot Riwu Kore sudah kedaluwarsa.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Garuda Sediakan Tes Antigen Gratis untuk Penumpang Rute Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS