Potensi Hujan di Jabodetabek Masih Cukup Tinggi hingga Maret
Logo BeritaSatu

Potensi Hujan di Jabodetabek Masih Cukup Tinggi hingga Maret

Jumat, 5 Maret 2021 | 16:15 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat "normal" sampai "atas normal". Bisa juga cenderung lebih basah dari biasanya atau bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan diprakirakan hingga Maret 2021 ini potensi hujan di Jabodetabek masih cukup tinggi, namun intensitasnya akan cenderung menurun.

“Mulai April 2021 memasuki periode peralihan musim (pancaroba). Tetapi untuk berakhirnya masih akan diupdate kembali infonya berdasarkan analisis dan prediksi dari kedeputian klimtologi, segera akan dirilis pada pertengahan atau akhir bulan maret 2021,” ujarnya ketika dihubungi Beritasatu.com pada Jumat (5/3/2021).

Menurutnya saat ini potensi hujan ekstrem masih akan terjadinya dibeberapa tempat di Indonesia selama terjadinya musim hujan. Dimana faktor-faktor seperti La Nina, siklon tropis, monsun asia, MJO, gelombang atmosfer, dan faktor lokal masih ada ada potensi mendorongnya cuaca ekstrim pada Maret hingga April ini.

Tetapi intensitas hujan ekstrem akan berkurang dibandingkan bulan Februari sebagai puncak musim hujan. Pada saat ini La Nina diperkirakan akan terjadi setidaknya hingga Mei 2021. Kecenderungan bulan Mei akan mendatang sebagai masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

“Namun diperkirakan Agustus dan September diprediksikan wilayah Indonesia memasuki kemarau. Musim kemarau tahun ini diprediksikan tidak sekering dibandingkan tahun lalu. Tetapi untuk berakhirnya masih akan diupdate kembali infonya berdasarkan analisis dan prediksi dari kedeputian klimtologi,” urai Guswanto.

Untuk musim hujan pada tahun 2020/2021 dipengaruhi fenomena La Nina, yang terjadi sejak awal Oktober 2020 lalu. Diprediksi akan berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas La Nina Moderat menjadi La Nina Lemah pada Maret 2021.

Hal ini bisa dipantau dengan kondisi indeks SOI yang cenderung positif (>10) dan NINO 3.4 yang cendenrung negatif (<-0.5) sejak November 2020. Terjadinya fenomena La Nina menandakan musim hujan yang cenderung lebih panjang dibandingkan musim kemarau yang lebih basah dibandingkan tahun lalu.

Ketika ditanyakan terkait rekayasa cuaca, Guswanto menjelaskan bahwa pada saat ini sudah tidak ada kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Jabodetabek dan sekitarnya (TMC Jabodetabek dilakukan 10 hari yakni 21 Feb - 2 Maret 2021).

“TMC di Jabodetabek dilakukan berdasarkan keputusan hasil rapat dari BNPB, BPPT, BMKG, TNI AU, Pemda DKI dan beberapa instansi terkait. Dalam TMC Jabodetabek dibagi peran antara lain, yaitu BNPB menyediakan anggaran, BPPT dan TNI AU sebagai pelaksana dan BMKG untuk supporting informasi cuaca, utamanya informasi pertumbuhan awan, pusat awan konvektif, arah dan kecepatan angin, serta tingkat kelembaban,” tutup Guswanto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemkumham Diminta Pertimbangkan Permohonan Remisi OC Kaligis

Pakar hukum pidana menilai dengan memperhatikan berbagai kondisi, sebaiknya negara mempertimbangkan permohonan remisi OC Kaligis.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Heboh Tantric Full Body Energy Orgasm Retreat, Sahroni Dorong Polda Bali Selidiki

Polda Bali diminta segera menyelidiki penyelenggara kegiatan yang bisa merusak citra Pulau Dewata/ itu.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Bubarkan KLB di Deli Serdang, Demokrat Sumut Bentuk 3 Tim

"The Hill, kan secara hukum di wilayah Polrestabes. Ini, sudah dikoordinasikan tadi malam," tegas Subanto.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Keuskupan Timika Instruksikan Sekolah Pedalaman Tetap Beraktivitas

Saat ini PSW Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Tillemans Keuskupan Timika mengelola puluhan hingga ratusan sekolah.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Anak OC Kaligis Sebut Sang Ayah Korban Pelanggaran HAM

OC Kaligis disebut menjadi korban pelanggaran HAM karena tak mendapat haknya memperoleh remisi.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Gibran Pastikan Kesiapan Pembukaan Sekolah Juli Mendatang

Untuk yang mengikuti PTM harus dipastikan jaga jarak, menggunakan faceshield, AC dimatikan, jendela dibuka untuk memperbaiki sirkulasi udara.

NASIONAL | 5 Maret 2021

3 Polisi Penembak Laskar FPI Berpotensi Tersangka

Sebanyak tiga polisi penembak laskar FPI berpotensi dijerat dengan Pasak 338 dan 354 KUHP.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Solid kepada AHY, Demokrat Sumatera Barat Tolak KLB Ilegal

“Kami ingin tunjukan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Sumbar, bahwa kami Partai Demokrat tetap solid bersama Ketum AHY," kata Rezka.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Mahfud MD: Karhutla di Tanah Air Turun 82 Persen

Jangan hanya mencegah, memadamkan kemudian melakukan pemulihan situasi, tetapi juga mengefektifkan upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana kebakaran.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Gibran Lakukan Mider Praja Perdana

Gibran meninjau kesiapan pembelajaran tatap muka di SMP 4 Solo.

NASIONAL | 5 Maret 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS