BPPT Hentikan Modifikasi Cuaca Jabodetabek, Beralih ke Karhutla Riau
Logo BeritaSatu

BPPT Hentikan Modifikasi Cuaca Jabodetabek, Beralih ke Karhutla Riau

Jumat, 5 Maret 2021 | 16:51 WIB
Oleh : Natasa Christy Wahyuni / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BB TMC) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi telah menghentikan upaya modifikasi cuaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Selasa (2/3/2021).

Operasi tersebut dihentikan berdasarkan evaluasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menilai tidak ada lagi potensi hujan lebat atau cuaca ekstrem.

“TMC Halim sudah berakhir 3 Maret karena cuaca Jabodetabek menurut BMKG sudah kondusif sehingga ke depan tidak ada potensi seperti kondisi tanggal 18-19 Februari, jadi relatif aman,” kata Kepala BB TMC Jon Arifian saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (5/3/2021).

Jon menjelaskan BB TMC saat ini akan beralih kepada operasi modifikasi cuaca di daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Jon mengaku masih melakukan koordinasi dan menunggu surat resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku otoritas anggaran untuk kondisi darurat.

“Rencananya awal Maret, sekitar awal minggu depan menunggu surat dari BNPB,” ujar Jon.

Jon mengatakan pada tahap awal akan mengirimkan sekitar 20 ton garam dapur (NaCl), namun penggunaannya disesuaikan dengan kondisi karhutla di sana. Menurutnya, jika operasi TMC dilakukan dalam periode lama, maka akan dilakukan penambahan bahan semai garam.

“Pengalaman tahun 2020, di Riau sampai 94 ton karena operasi dimulai dari Maret sampai Oktober, sehingga tergantung eskalasi di lapangan seperti apa,” ujarnya.

Jon menyebut hampir seluruh wilayah Provinsi Riau merupakan lahan gambut, namun titik hotspot paling sering berada di sektor timur laut, utara, dan timur, serta perbatasan dengan Provinsi Jambi. Lokasi-lokasi hotspot tersebut akan menjadi sasaran dari operasi modifikasi cuaca.

“Di pesisir Riau itu paling banyak lahan gambut,” ujarnya.

Jon berharap kondisi cuaca yang masih turun hujan dan berawan bisa membantu operasi modifikasi cuaca di Provinsi Riau. “Dengan modal itu kita berharap operasi dilakukan secepat mungkin, tanah masih bisa kita optimalkan kebasahannya,” katanya.

Terkait modifikasi cuaca Jabodetabek, Jon menjelaskan operasi digelar selama 10 hari pada 21 Februari-2 Maret 2021 dengan total bahan semai 26,8 ton garam. Dia mengatakan modifikasi cuaca terakhir atau hari ke-10 dilakukan dengan bantuan pesawat TNI CASA 212 untuk menebar 800 kg NaCl ke sektor barat laut dan barat daya Jabodetabek karena angin masih berasal dari kedua arah tersebut.

Jon menambahkan total anggaran yang dikeluarkan untuk modifikasi cuaca selama 10 hari di Jabodetabek sekitar Rp 1,8 miliar.

“BNPB selaku otoritas yang memutuskan selesai atau tidaknya program modifikasi cuaca dan pihak yang mengerahkan dukungan dana darurat,” lanjutnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK: OC Kaligis Tak Pernah Ditetapkan Sebagai Justice Collaborator

KPK menegaskan tidak pernah menetapkan advokat senior OC Kaligis sebagai justice collaborator

NASIONAL | 5 Maret 2021

Kasad Pimpin Penyerahan Jabatan Wakasad

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Pakar Tegaskan Tidak Ada Unsur Mafia Tanah di Tangerang

Kasus di Tangerang merupakan sengketa kepemilikan dan sudah terbukti kalah di pengadilan karena alas hak tersebut tidak benar.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Potensi Hujan di Jabodetabek Masih Cukup Tinggi hingga Maret

Menurut BMKG saat ini potensi hujan ekstrem masih akan terjadinya dibeberapa tempat di Indonesia selama terjadinya musim hujan.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Kemkumham Diminta Pertimbangkan Permohonan Remisi OC Kaligis

Pakar hukum pidana menilai dengan memperhatikan berbagai kondisi, sebaiknya negara mempertimbangkan permohonan remisi OC Kaligis.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Heboh Tantric Full Body Energy Orgasm Retreat, Sahroni Dorong Polda Bali Selidiki

Polda Bali diminta segera menyelidiki penyelenggara kegiatan yang bisa merusak citra Pulau Dewata/ itu.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Bubarkan KLB di Deli Serdang, Demokrat Sumut Bentuk 3 Tim

"The Hill, kan secara hukum di wilayah Polrestabes. Ini, sudah dikoordinasikan tadi malam," tegas Subanto.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Keuskupan Timika Instruksikan Sekolah Pedalaman Tetap Beraktivitas

Saat ini PSW Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Tillemans Keuskupan Timika mengelola puluhan hingga ratusan sekolah.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Anak OC Kaligis Sebut Sang Ayah Korban Pelanggaran HAM

OC Kaligis disebut menjadi korban pelanggaran HAM karena tak mendapat haknya memperoleh remisi.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Gibran Pastikan Kesiapan Pembukaan Sekolah Juli Mendatang

Untuk yang mengikuti PTM harus dipastikan jaga jarak, menggunakan faceshield, AC dimatikan, jendela dibuka untuk memperbaiki sirkulasi udara.

NASIONAL | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS