KPK Setor Pembayaran Denda Perantara Suap Bowo Sidik
Logo BeritaSatu

KPK Setor Pembayaran Denda Perantara Suap Bowo Sidik

Jumat, 5 Maret 2021 | 17:03 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Jaksa Eksekutor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyetorkan pembayaran denda Terpidana M Indung Andriani K sejumlah Rp 200 juta berdasarkan putusan MA Nomor : 1744/Pid.Sus/2020 tanggal 14 Juli 2020. Indung merupakan perantara suap untuk politikus Golkar Bowo Sidik Pangarso.

"Jaksa Eksekusi KPK telah melakukan penyetoran uang pembayaran denda ke kas negara," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, Jumat (5/3/2021).

Selain menyetorkan uang dendan Indung, Jaksa Eksekutor KPK juga menyetorkan uang denda dari terpidana Karunia Alexander Muskitta dengan total Rp 50 juta. Karunia Alexander Muskitta merupakan perantara kasus suap proyek pengadaan barang di PT Krakatau Steel (Persero). Alexander melakukan tindak pidana bersama-sama dengan Mantan Direktur Produksi dan Teknologi PT Krakatau Steel (Persero), Wisnu Kuncoro.

Selain itu telah disetorkan ke kas negara terkait pembayaran denda dan uang pengganti terpidana lainnya yakni Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi, Radian Azhar atas perkara suap kepada Wahid Husen selaku Kepala Lapas Sukamiskin.

"Pembayaran denda Terpidana Radian Azhar sejumlah Rp 50.000.000,00 berdasarkan putusan PN Tipikor pada PN Bandung Nomor : 32/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Bdg tanggal 23 September 2020," kata Ali.

Kemudian, disetorkan juga cicilan uang pengganti Terpidana Ahmad Yani sejumlah Rp 100 juta berdasarkan putusan MA RI Nomor : 256/Pid.Sus/2021 tanggal 26 Januari 2021. Ahmad Yani merupakan mantan Bupati Muara Enim yang menjadi terpidana perkara suap terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, Jaksa juga menyetorkan cicilan uang pengganti terpidana mantan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Muara Enim, Ramlan Suryadi. Anak buah Ahmad Yani itu terbukti menerima suap Rp 1,1 miliar terkait penerimaan fee proyek 16 paket pengerjaan jalan.

"Cicilan uang pengganti Terpidana Ramlan Suryadi sejumlah Rp 302.675.000,00 berdasarkan putusan PN Tipikor pada PN Palembang Nomor : 18/Pid.Sus- TPK/2020/PN.Plg tanggal 19 Januari 2021," ungkap Ali.

Ali menegaskan, penyetoran uang pengganti dan denda ini merupakan upaya KPK untuk memulihkan kerugian keuangan negara yang diakibatkan tindak pidana korupsi.

"Sebagai komitmen untuk tetap memberikan pemasukan bagi negara dari asset recovery tindak pidana korupsi dan TPPU yang ditangani oleh KPK," kata Ali.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Anggota V BPK Terima Satyalancana Wira Karya dari Kemdagri

Anggota V BPK Bahrullah Akbar mendapat Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

NASIONAL | 5 Maret 2021

BPPT Hentikan Modifikasi Cuaca Jabodetabek, Beralih ke Karhutla Riau

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi berharap kondisi cuaca yang masih turun hujan dan berawan bisa membantu operasi modifikasi cuaca di Provinsi Riau.

NASIONAL | 5 Maret 2021

KPK: OC Kaligis Tak Pernah Ditetapkan Sebagai Justice Collaborator

KPK menegaskan tidak pernah menetapkan advokat senior OC Kaligis sebagai justice collaborator

NASIONAL | 5 Maret 2021

Kasad Pimpin Penyerahan Jabatan Wakasad

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Pakar Tegaskan Tidak Ada Unsur Mafia Tanah di Tangerang

Kasus di Tangerang merupakan sengketa kepemilikan dan sudah terbukti kalah di pengadilan karena alas hak tersebut tidak benar.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Potensi Hujan di Jabodetabek Masih Cukup Tinggi hingga Maret

Menurut BMKG saat ini potensi hujan ekstrem masih akan terjadinya dibeberapa tempat di Indonesia selama terjadinya musim hujan.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Kemkumham Diminta Pertimbangkan Permohonan Remisi OC Kaligis

Pakar hukum pidana menilai dengan memperhatikan berbagai kondisi, sebaiknya negara mempertimbangkan permohonan remisi OC Kaligis.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Heboh Tantric Full Body Energy Orgasm Retreat, Sahroni Dorong Polda Bali Selidiki

Polda Bali diminta segera menyelidiki penyelenggara kegiatan yang bisa merusak citra Pulau Dewata/ itu.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Bubarkan KLB di Deli Serdang, Demokrat Sumut Bentuk 3 Tim

"The Hill, kan secara hukum di wilayah Polrestabes. Ini, sudah dikoordinasikan tadi malam," tegas Subanto.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Keuskupan Timika Instruksikan Sekolah Pedalaman Tetap Beraktivitas

Saat ini PSW Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Tillemans Keuskupan Timika mengelola puluhan hingga ratusan sekolah.

NASIONAL | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS