Bantu UMKM, SiCepat Ekspansi Maksimalkan Dana Investor Rp 2,4 T
Logo BeritaSatu

Bantu UMKM, SiCepat Ekspansi Maksimalkan Dana Investor Rp 2,4 T

Jumat, 5 Maret 2021 | 20:41 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki kuartal pertama tahun 2021 ini, SiCepat Ekspres telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor sebesar US$ 170 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun, yang merupakan pendanaan Series B terbesar di Asia Tenggara. Pendanaan ini akan dimanfaatkan SiCepat Ekspres untuk membantu perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sejumlah investor yang telah mendanai SiCepat Ekspres antara lain Falcon House Partners, Kejora Capital, DEG (the German Development Finance Institution), Asia Based Insurer, MDI Ventures (by Telkom Indonesia), Indies Capital, Pavilion Capital (Temasek Holdings Subsidiary), Tri Hill dan Daiwa Securities.

Masa pandemi Covid-19 telah memengaruhi perkembangan bisnis retail e-commerce di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, yang juga berdampak kepada bisnis ekspedisi termasuk SiCepat Ekspres.

“Pendanaan yang diterima oleh SiCepat Ekspres ini untuk memperkuat posisi SiCepat Ekspres sebagai ekspedisi dengan layanan logistik terintegrasi yang melayani e-commerce, dan kami merencanakan perluasan jaringan, seiring dengan berkembangnya pasar e-commerce," papar jelas The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres.

"Layanan terintegrasi kami juga senantiasa membantu perkembangan bisnis para UMKM terutama yang memiliki produk-produk lokal, agar di masa sulit seperti sekarang masih bisa bertahan dan berkembang, dengan memberikan beberapa layanan promosi dan tarif yang kompetitif,” The Kim Hai menambahkan.

Perusahaan yang telah membukukan laba tersebut akan melakukan investasi lebih lanjut dalam memperluas layanan logistik dan infrastrukturnya. Saat ini SiCepat Ekspres menyediakan layanan penjemputan (first-mile) dan pengiriman (last-mile), pergudangan (fulfillment center), layanan pendukung perdagangan (commerce-enabling services), distribusi online dan logistik jarak menengah (middle-mile logistic).

Dengan penataan layanan logistik unik seperti ini, SiCepat Ekspres dianggap sebagai salah satu dari sedikit pemain di pasar logistik Indonesia yang menyediakan layanan logistik terintegrasi untuk ekonomi zaman baru (new economy) ini yang melayani segmen pasar e-commerce dan social commerce.

Sementara itu Managing Partner & Direktur Kejora Capital Sebastian Togelang, menegaskan pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada tahun 2020 mencapai sebesar Rp 460 triliun , dengan proyeksi peningkatan sebesar 21% di tahun 2025.

“Kami sangat percaya bahwa SiCepat Ekspres akan tumbuh dan berkembang pesat seiring dengan berkembangnya pasar e-commerce yang telah menyumbangkan 25% dari total perekonomian digital,” tambahnya.

Di awal tahun 2014 ketika SiCepat Ekspres didirikan, perusahaan ekspedisi ini hanya melayani UMKM (pasar social commerce) yang tersedia di social media, kemudian memperluas jaringan ke seluruh Indonesia dan mengembangkan teknologi untuk menyediakan layanan pengantaran dan penjemputan paket di beberapa platform e-commerce.

Pada tahun 2020 SiCepat Ekspres telah mengirimkan lebih dari 1,4 juta paket perhari dengan lebih dari 97% tingkat layanan untuk pengiriman satu hari sampai di tempat tujuan. Hal ini menjadikan SiCepat Ekspres menjadi pilihan utama para UMKM dalam memilih layanan ekspedisi, karena layanan terbaiknya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Alasan Ridwan Kamil Gelar Rapat Koordinasi Bodebek di Jakarta

Ridwan Kamil menggelar rapat koordinasi wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) di Markas Kodam Jaya, Jakarta.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Jawa Tengah Akan Perpanjang PPKM Mikro

Menurut Gubernur Ganjar, zona Covid-19 di Jawa Tengah untuk per kabupaten telah oranye, sedangkan per kecamatan catatan terakhir ada empat yang merah.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Mendes Minta Pemasaran Online Desa Wisata Lebih Kreatif

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengimbau pengelola desa wisata untuk lebih kreatif dan aktif mempromosikan desa wisata di media sosial (medsos).

NASIONAL | 5 Maret 2021

KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Mensos Juliari

KPK memperpanjang masa penahanan mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara

NASIONAL | 5 Maret 2021

PGRI Minta Wali Kota Malang Perhatikan Nasib Guru

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa pemerintah Kota Malang berkomitmen akan terus memperhatikan kesejahteraan guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Bank Panin Disidik KPK

Dalam sprindik disebutkan kedua oknum Ditjen Pajak menerima hadiah atau janji dari beberapa pihak termasuk Veronika Lindawati selaku kuasa PT Bank Panin.

NASIONAL | 5 Maret 2021

MAKI Minta KPK Juga Usut Dugaan Penyimpangan Pajak Rp 1,7 Triliun

KPK diminta mendalami adanya dugaan penyimpangan penagihan pajak senilai Rp 1,7 triliun

NASIONAL | 5 Maret 2021

Grup ABM Hadirkan Program Pelatihan Operator Alat Angkut Crane

Pelatihan merupakan wujud konsistensi PT ABM dalam memerkuat strategi Mining Value Chain (MVC) perusahaan melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

NASIONAL | 5 Maret 2021

MUI Dukung Pemberantasan Mafia Tanah

MUI akan membahas masalah mafia tanah pada rapat pimpinan tanggal 9 Maret mendatang.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Presiden Joko Widodo Dukung Baznas Kampanyekan Gerakan Cinta Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengampanyekan Gerakan Cinta Zakat sebagai upaya memaksimalkan potensi zakat demi kesejahteraan masyarakat. Gerakan Cinta Zakat akan diluncurkan pada bulan Ramadan mendatang

NASIONAL | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS