Logo BeritaSatu

Peraih Yap Thiam Hien Award Eva Bande: Perempuan Harus Dijamin Kemerdekaannya di Sektor Agraria

Minggu, 7 Maret 2021 | 15:19 WIB
Oleh : JEM

Palu, Beritasatu.com - Salah satu aktivis agraria di Sulawesi Tengah Eva Bande menyatakan hari perempuan sedunia tanggal 8 Maret 2021 harus menjadi momentum untuk menjamin kemerdekaan dan kebebasan perempuan pada sektor agraria.

"Situasi agraria di Sulteng kurang membaik. Eksploitasi yang sudah berlangsung lama terus dilanjutkan, gerak rakyat terhalau oleh Covid-19 dan varian-varian barunya. Dalam kondisi yang demikian itu, perempuan terpojok karena mengalami tekanan dari berbagai arah, bahkan dari kalangannya sendiri yang memihak modal," ucap Eva Bande, dalam keterangan tertulisnya berkaitan dengan momentum hari perempuan sedunia, Minggu (7/3/2021).

Eva Bande yang merupakan perempuan aktivis peraih penghargaan Yap Thiam Hien Award (YTHA) tahun 2018 mengemukakan, hingga saat ini perempuan menjadi korban materiel maupun immateriel pada sektor agraria.

"Bahkan menjadi bulan-bulanan kekerasan fisik maupun mental. Tetapi perempuan tidak diam, mereka terus berusaha keluar dari kubangan lumpur kemiskinan dan kekerasan multisektor itu," ucapnya.

Kata Eva, perempuan-perempuan pejuang ditangkap lalu dipenjara, perempuan yang mempertahankan haknya diseret ke pengadilan, meski mereka bukanlah aktor-aktor penting dari gerakan lapis atas.

"Perempuan petani yang hanya bermodalkan keyakinan atas kepemilikan hak dan perintah dari langit untuk menjaga hak milik atas tanah, diintimidasi dengan peluru timah. Ini pernah dialami oleh perempuan petani di Toili Kabupaten Banggai, ini sungguh kelewatan," ujarnya.

"Periksa juga kasus Tanjung Sari-Luwuk, bagaimana puluhan kaum perempuan berjuang mempertahankan rumah-rumah mereka, yang digusur habis tanah dan bangunan rumah mereka, nasib mereka kini terkatung," sebutnya.

Atas kondisi itu, melalui momentum hari perempuan sedunia 8 Maret, Eva Bande menyuarakan persatuan kepada seluruh perempuan pejuang, bangkit dan lawanlah penindasan dari manapun datangnya.

"Konsolidasi harus dilakukan di semua tempat dan satukan semuanya, ikat dengan semangat yang tak surut, rebut kemenangan," kata dia.

"Salah satunya ialah mendesak pemerintah membentuk Badan Nasional Penyelesain Konflik Agraria Indonesia," ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

Dua warga Rusia yang mencari suaka di AS tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska, menurut dua senator pada Kamis (6/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Dinkes DKI Minta Opsi Relokasi

Dinkes DKI Jakarta meminta opsi relokasi vaksin Covid-19 dari daerah lain. Hal itu untuk mengantisipasi stok vaksin Covid-19 yang mulai menipis.

NEWS | 7 Oktober 2022

Malaysia Kategorikan Permen Karet Pengganti Rokok Tidak Beracun

Malaysia memasukkan pengganti nikotin berupa patch atau permen karet sebagai produk “tidak beracun” untuk membantu perokok berhenti merokok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 20 Orang

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini tersisa 20 orang.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ribut Warisan, Anak dan Bapak Bunuh Lima Anggota Keluarga

Warga di Desa Marga Jaya, Kabupaten Way Kanan, Lampung digegerkan pembunuhan satu keluarga yang menewaskan lima orang gara-gara warisan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Soal Capres 2024, Sekjen PDIP Tegaskan Ganjar Tetap Tunggu Keputusan Megawati

Terkait PSI yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan Ganjar menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri.

NEWS | 7 Oktober 2022

Selain Santunan, Korban MTsN 19 Jakarta Diberi Konseling

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia yang tertimpa tembok MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PKN: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Harus Betul-betul Cari Fakta

PKN mendorong Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur harus betul-betul mencari fakta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PDIP Siapkan Visi Misi Capres 2024, Hasto: Progresnya Sudah 80%

PDIP sedang mempersiapkan visi misi capres 2024, dan menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto progresnya sudah sudah sekitar 80%.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

Ada tiga korban meninggal dan tiga korban luka-luka pada insiden robohnya tembok pembatas MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings