Logo BeritaSatu

170 Mahasiswa S1 Mendapat Beasiswa Tanoto Foundation

Selasa, 9 Maret 2021 | 08:42 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Tanoto Foundation memberikan paket beasiswa komplet dalam program TELADAN kepada 170 mahasiswa Strata-1 (S1), di 9 mitra perguruan tinggi negeri di Indonesia pada awal tahun ini.

Para penerima beasiswa pilihan Tanoto Foundation, yang disebut Tanoto Scholars, adalah mereka yang terpilih setelah melalui seleksi ketat tiga tahap yang terdiri dari administrasi, tes potensi kepemimpinan, dan wawancara.

CEO Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo mengatakan, beasiswa TELADAN ini ditujukan mencetak calon-calon pemimpin yang berkarakter unggul, dan mampu menghadapi tantangan di masa depan.

“Pemimpin masa depan harus memiliki kompetensi dan mampu membangun integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang (grit), jiwa pemberdaya dan berwawasan internasional, motivasi kuat serta sikap wirausaha. Hal itulah yang ingin dibangun melalui beasiswa TELADAN ini,” ujar Satrijo dalam keterangan tertulis, pada Selasa (9/3).

Paket beasiswa TELADAN itu pun terbilang komplet, karena para mahasiswa terpilih bakal memperoleh tunjangan mulai dari biaya kuliah yang dibayarkan 100% sejak semester dua hingga lulus, dan uang saku setiap bulan.

Selain menerima tunjangan, para penerima beasiswa mendapat pelatihan pengembangan potensi melalui pelatihan kepemimpinan berjenjang dan monitoring terstruktur, dukungan untuk aktif menjalankan kegiatan sosial, juga kesempatan membangun jejaring dengan Tanoto Scholars lain dan alumni, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pengukuhan Tanoto Scholar sendiri dilakukan secara daring dan dihadiri oleh tiga menteri, yakni Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Andalas Insannul Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno menuturkan bahwa mahasiswa yang telah terpilih sebagai penerima beasiswa TELADAN harus mampu menunjukkan komitmennya dalam belajar di perguruan tinggi.

“Ini merupakan sebuah kepercayaan untuk Tanoto Scholars, juga sebuah tanggung jawab, tidak hanya menyelesaikan kuliah dengan baik, tetapi juga berkontribusi terhadap bangsa dan negara. Saya ingin berbagi tiga hal, yaitu pentingnya pantang menyerah, termasuk dalam menghadapi krisis; pentingnya menangkap peluang di tengah tantangan; dan pentingnya menjaga solidaritas dan persatuan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, program TELADAN menjadi salah satu wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan sehingga kelak bisa berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Sebagai informasi, sejak 2006 Tanoto Foundation telah konsisten memberikan beasiswa untuk mahasiswa Strata-1 berprestasi dari sembilan perguruan tinggi mitra. Hingga saat ini, program tersebut telah ada memberikan manfaat kepada lebih dari 7.820 Tanoto Scholars.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ancaman Perang Nuklir, Zelensky Yakin Rusia Tak Hanya Menggertak

Volodymyr Zelensky meyakini pihak Rusia sudah bukan lagi melakukan gertak untuk melakukan perang nuklir, dan ancaman itu bisa menjadi kenyataan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Dudung-Effendi Simbolon, Ini Saran KH Marsudi Syuhud

Tokoh nasional KH Marsudi Syuhud meminta semua elemen negara untuk lebih menahan diri dan tidak saling menyudutkan.

NEWS | 26 September 2022

Anies: Saringan Sampah Ciliwung Kurangi Beban Manggarai

Fasilitas penyaringan sampah yang ditempatkan di Kali Ciliwung mampu mengurangi beban sampah di Pintu Air Manggarai secara signifikan.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Aspol Sukoharjo, Dugaan Kelalaian Didalami

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi belum bisa memastikan kemungkinan adanya unsur kelalaian dalam peristiwa ledakan di sekitar Asrama Polisi (Aspol)

NEWS | 26 September 2022

CSIS: Jika Head to Head di Pilpres 2024, Anies Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Survei CSIS menunjukkan bahwa Anies Baswedan memenangi pertarungan pilpres 2024 saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

NEWS | 26 September 2022

Menlu Retno dan Menkes Ethiopia Bahas Vaksinasi Global Covid-19

Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse Gebremedhin membahas perkembangan vaksinasi global Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe menghormati proses hukum yang berjalan di KPK. termasuk menghadiri pemanggilan pemeriksaan dari KPK. 

NEWS | 26 September 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022

Baru 9 Tahun, Pangeran George Ditaksir Bakal Miliki Kekayaan Rp 15 Triliun

Pangeran George, putra sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton yang baru berusia 9 tahun, ditaksir bakal memiliki kekayaan senilai US$ 1 miliar.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ancaman Perang Nuklir, Zelensky Yakin Rusia Tak Hanya Menggertak

Ancaman Perang Nuklir, Zelensky Yakin Rusia Tak Hanya Menggertak

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings