Transportasi Ramah Lingkungan Tidak Bisa Lagi Ditunda
Logo BeritaSatu

Transportasi Ramah Lingkungan Tidak Bisa Lagi Ditunda

Selasa, 9 Maret 2021 | 16:00 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia telah menyetujui komitmen Paris Agreement dalam Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Bangsa-bangsa, yang diawali dengan mereduksi emisi karbon dioksida yang berlaku pada 2020. Jakarta, sebagai pusat Ibu Kota, diharapkan dapat mengawali perubahan lingkungan yang lebih baik. Di mana pusat kota merupakan pusat hiruk pikuk dengan banyaknya kemacetan dan transportasi yang kerap sesak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yakin bahwa Jakarta dapat mengaplikasikan konsep sustainability city bahwa pembangunan kota seharusnya tidak hanya memperhatikan ekonomi saja, namun juga kualitas hidup manusia di dalamnya.

“Kami menyadari bahwa transportasi itu merupakan denyut nadi dalam kehidupan perkotaan. Kita harus memastikan bahwa transportasi itu ramah lingkungan dan bebas polusi,” ucapnya dalam Webinar Katadata Forum "Green Transportation Roadmap" pada Selasa (9/3/2021).

Menurut dia, kalau sudah komitmen dengan menciptakan transportasi ramah lingkungan sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak menunda.

Maka peta jalan untuk mencapai kualitas lingkungan yang lebih baik harus lebih jelas. Seperti menggunakan emisi Euro yang tujuannya untuk memperkecil kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor.

“Sekarang menggunakan bahan bakar yang kualitasnya relatif rendah misalnya standar emisi Euro 2 gitu ya, kenapa kita tidak menyarankan Euro 4 atau Euro 5 sekalian. Mungkin kita tidak bisa meratakan di seluruh Indonesia, kenapa Jakarta tidak mencapai champion,” ungkap Widhyawan.

Bergerak sedikit demi sedikit dan pasti, Direktur Konservasi Energi, Luh Nyoman Puspa Dewi menjelaskan bahwa sumber daya manusia saat ini fokus terhadap motor listrik. Ia mengatakan, Badan Penelitian dan Pengembangan melakukan penelitian memodifikasi motor dengan bahan bakar listrik dan baterai.

“Harapannya motor-motor yang dimodifikasi dengan bahan bakar listrik jadi lebih murah. Memang peraturan harus dipenuhi pada masyarakat dan tentunya juga industri,” katanya.

Komitmen global Presiden Jokowi dalam menjaga kualitas udara dan lingkungan sesuai Paris Agreement, menurut Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Dadan Kusdiana mengatakan akan menuju angka 23% untuk energi terbarukan dari total campuran energi primer nasional pada 2025.

Selain itu, menggadangkan waste-to-energy juga atau limbah ke energi yang merupakan proses menghasilkan energi ke dalam bentuk listrik atau panas. Bisa juga pengolahan limbah yang menjadi sumber bahan bakar.

“Jadi dua-duanya harus dijaga, jadi kita menjaga komitmen global Presiden. Kita memastikan bahwa program dan kebijakan match dengan apa yang ditargetkan. Pengurangan Rumah Kaca juga dapat tercapai,” jelasnya dalam diskusi yang sama.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Soal 6 Laskar FPI Tewas di Tol, Jokowi Sudah Minta Komnas HAM Independen

Presiden Joko Widodo dan pemerintah sama sekali tidak ikut campur dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Komnas HAM.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Jalin Kerja Sama dengan KPK, Pakar: Erick Thohir Serius Bersih-bersih BUMN

27 perusahaan BUMN untuk berkerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi melalui Whistle Blowing System.

NASIONAL | 9 Maret 2021

FKKMK UGM Putuskan Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara

Surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Menteri Kesehatan.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah, KPK Geledah Kantor PT Adonara Propertindo

KPK melakukan penggeledahan di beberapa lokasi di wilayah DKI Jakarta terkait dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Rangon.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Lagi, KKP Gagalkan Pengiriman 29.250 Benih Lobster

BKIPM bersama Bea Cukai dan Otoritas Bandara Juanda Surabaya menggagalkan penyelundupan 29.250 benih bening lobster (BBL).

NASIONAL | 9 Maret 2021

Kasus Suap PLTU Cirebon, KPK Kembali Periksa Eks Petinggi PT Cirebon Power

KPK kembali jadwalkan pemeriksaan mantan Corporate Affair Director PT Cirebon Power, Teguh Haryono, Selasa (9/3/2021), terkait kasus suap PLTU 2 Cirebon.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Satgas Pamtas Yonif 642 Kapuas Amankan 42 Kg Narkoba di Jalur Perbatasan

Narkoba tersebut dibungkus menggunakan kemasan teh, yang ditemukan saat melaksanakan kegiatan patroli patok perbatasan dan jalur ilegal di Sambas.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Tim Kajian UU ITE Undang Aktivis dan Praktisi Media Sosial

Tim Kajian UU ITE sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan para terlapor dan pelapor.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Kubu Juliari Sebut Sejumlah Saksi Sidang Suap Bansos Tak Konsisten

Kuasa hukum Juliari Batubara menyebut dua saksi yang tak konsisten itu di antaranya Hartono Laras dan Pepen Nazaruddin.

NASIONAL | 9 Maret 2021

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran pada Selasa Pagi

"Awan panas guguran tercatat di seismograf dengan amplitudo 36 mm dan durasi 99.52 detik," kata Hanik.

NASIONAL | 9 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS