Logo BeritaSatu

Kantor Imigrasi Tangerang Bentuk Tim Pengawas Orang Asing

Jumat, 26 Maret 2021 | 21:52 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Tangerang, Beritasatu.com - Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tangerang, membentuk Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) dengan menggandeng berbagai unsur seperti TNI, Polri, dan pemerintah daerah (pemda). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felicia Sengky Ratna mengatakan terdapat ribuan warga negara asing (WNA) yang memiliki izin tinggal di wilayah Tangerang Raya.

Para WNA tersebut merupakan pekerja profesional atau tenaga ahli yang bekerja di pabrik di wilayah Tangerang. Selain itu juga bekerja di Jakarta, tetapi tinggal di Tangerang.

“Untuk melakukan peningkatan pengawasan terhadap WNA dan orang asing yang ada dan tinggal di wilayah Tangerang Raya, kita membentuk Timpora yang berasal dari unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah di wilayah Tangerang Raya,” kata Felicia, Jumat (26/3/2021).

“Kita mengharapkan Timpora bisa lebih optimal lagi mengawasi keberadaan orang asing di Tangerang Raya, sebab dengan wilayah kerja luas meliputi tiga wilayah kota/kabupaten tidak sebanding dengan pekerja kita,” demikian Felicia.

Felicia menambahkan, pengawasan terhadap WNA tidak saja berkaitan pada ancaman gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat (kamtibmas). Pengawasan penting dalam menjamin keamanan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

“Yang mungkin berkedok sumbangan negara asing, indikasinya ingin menginfiltrasi budaya-budaya kita, maka perlu kita bersinergi dengan semua pihak termasuk camat dan polsek-polsek,” ucapnya.

Selama menjabat di Tangerang, ia mengaku pernah mendapat laporan Timpora atas adanya kegiatan WNA di Ciputat yang menyebarkan pemahaman agama secara ekstrem.

“Kami pernah mendapat informasi di Ciputat, ada WN yang menyebarkan agama. Namun tidak sesuai dengan yang kita anut. Ekstrem dan arah gerakan separatis, radikal dan mereka menarik dengan berbagai macam cara dan itu yang perlu kita antisipasi secara intens,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mendukung langkah kerja pihak Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang yang mengajak serta Pemerintah Kota Tangsel untuk mengawasi WNA.

“Mudah-mudahan insyaallah dengan kegiatan rapat rutin yang biasa dilakukan di Timpora ini, mudah mudahan apa yang menjadi hal negatifnya bisa kita tekan, bisa kita kurangi,” ungkap Airin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng UKDW, Greatedu Dukung Program Merdeka Belajar

Platform pendidikan digital, Greatedu dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sepakat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Tak Segan Ambil Tindakan Keras

Kasus Lukas Enembe, KPK menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings