Terkait Jiwasraya, Forum Pensiunan BUMN Gelar Deklarasi dan Pernyataan Sikap
Logo BeritaSatu

Terkait Jiwasraya, Forum Pensiunan BUMN Gelar Deklarasi dan Pernyataan Sikap

Sabtu, 27 Maret 2021 | 18:57 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam menyuarakan keprihatinan sekaligus bentuk protes atas kasus korupsi yang menimpa para nasabah Jiwasraya yang berimbas kepada tersendatnya pembayaran dana pensiun dari para mantan pegawai yang bekerja di berbagai perusahaan perseroan (persero), sejumlah pensiunan pegawai akhirnya menggelar deklarasi dan pernyataan sikap.

Deklarasi dan pernyataan sikap yang disampaikan di Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Sabtu (27/3/2021), menurut Ketua Forum Pensiunan BUMN RI nasabah Jiwasraya Syahrul Tahir pada hakikatnya sebagai bentuk penolakan. "Jiwasraya hanya menawarkan 3 (tiga) opsi yang dirasa sangat merugikan para pensiunan," kata Syahrul.

Adapun tiga butir fakta yang menjadi pertimbangan nasabah Jiwasraya untuk menolak opsi yang ditawarkan oleh Jiwasraya karena, sosialisasi program restrukturisasi polis kepada para peserta pemegang polis anuitas Jiwasraya yang terdiri dari para pensiunan BUMN RI dengan memberikan pilihan ikut restrukturisasi dengan hanya menawarkan 3 opsi yang semuanya akan sangat merugikan para pensiunan.

"Mereka yang tidak ikut restrukturisasi yang berpotensi hilangnya seluruh hak-hak pensiunan yang selama ini diterima," imbuh Syahrul.

Selama ini keikutsertaan para pensiunan BUMN RI pemegang polis anuitas pensiunan pendapatan pasti seumur hidup adalah dalam rangka menjalankan amanat UU No 11/1992 tentang dana pensiun. Kepesertaan tersebut untuk memastikan para pensiunan BUMN RI dapat menjalani hari tua tanpa membebani anak cucu mereka. Adapun program restrukturisasi polis anuitas pada hakekatnya adalah pelanggaran atas UU itu sendiri sehingga dapat diartikan sebagai menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada para pensiunan BUMN tanpa mengetahui apa kesalahannya.

Lebih lanjut Forum Pensiunan BUMN RI memandang bahwa semua kisruh yang menyebabkan kerugian besar pada PT Jiwasraya adalah sepenuhnya tanggung jawab manajemen pengelola, pemerintah selaku pemegang saham dan lembaga otoritas yang bertugas melakukan pengawasan sehingga tidak sepatutnya para pensiunan BUMN selaku peserta pemegang polis diajak apalagi dihukum untuk bertanggung jawab.

Forum pensiunan BUMN RI nasabah Jiwasraya memberikan pernyataan sikap yaitu:

1. Mengajak dengan hormat manajemen PT Jiwasraya bersama-sama dengan kami untuk meminta pemerintah/negara selaku pemilik PT Jiwasraya untuk membantu sepenuhnya program penyehatan PT Jiwasraya dengan tanpa membebani para pensiunan BUMN RI.

2. Mendesak dengan hormat Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Joko Widodo untuk memerintahkan pihak-pihak terkait untuk merevisi program restrukturisasi polis Jiwasraya yang ternyata akan berdampak mengurangi atau merugikan hak-hak pensiunan BUMN RI.

Dalam deklarasi dan pernyataan sikap forum pensiunan BUMN RI nasabah Jiwasraya, sejumlah perwakilan pensiunan dari berbagai perseroan turut membubuhkan tanda tangan. Adapun perwakilan pensiunan dari berbagai perusahaan yang turut membubuhkan tanda tangan pada acara tersebut meliputi pensiunan PT Garuda Indonesia, PT Pupuk Kaltim, PT Petro Kimia. Gresik, PT Rekayasa Industri, PT Timah, PT. Bukit Asam serta PT Indosat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Panglima Lakukan Mutasi 99 Perwira Tinggi TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan mutasi kepada 99 perwira tinggi (Pati) TNI dari tiga matra.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Muslimapp Mendukung Pengusaha NU Membangun Ekosistem Bisnis Digital

Kegiatan yang dirangkai dengan Mukernas HPN tersebut dihadiri 300 pengusaha Nahdliyin untuk membahas, merumuskan, dan membangun rencana program pengembangan bisnis dengan platform Go Digital

NASIONAL | 27 Maret 2021

Kebijakan Mudik Lebaran 2021 Dinilai Bingungkan Masyarakat

Kebijakan mudik yang dikeluarkan pemerintah menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Rektor IPB: Indonesia Alami Degradasi Kualitas Lingkungan Hidup

Kkomitmen kepedulian lingkungan harus dicapai pada 2030 dan Indonesia merupakan bagian yang harus terus konsisten mewujudkan langkah-langkah untuk itu.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Bareskrim Kembali Periksa Sadikin Aksa

Bareskrim telah memeriksa Sadikin Aksa untuk kedua kalinya pada Kamis (25/3/2021).

NASIONAL | 27 Maret 2021

Salah Tangkap Kolonel TNI AD, Kompol Anria Dicopot

Kasat Narkoba Polresta Malang Kota Kompol Anria Rosa Piliang dicopot dari jabatannya dan "diparkir" di Ditresnarkoba Polda Jatim.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Larangan Mudik, Polri: Petugas Akan Cek di Lapangan

Polri akan menggelar pengamanan Lebaran 2021 dengan operasi tahunan bersandi Operasi Ketupat.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Kasus Salah Tangkap Kolonel TNI AD, Kasatresnarkoba Polresta Malang Dimutasi

Kompol Anria Rossa Piliang diberhentikan dari jabatannya dan dimutasi ke Polda Jatim sebagai analis kebijakan pertama bidang psikotropika Polda Jatim.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Sebagai Negara Megabiodiversity, Indonesia Mampu Capai Kemandirian Obat

Indonesia bisa memenuhi komponen produk farmasi yang dibutuhkan saat ini seperti bahan aktif obat, seperti eksipien, reagens, enzim, dan sistem ekspresi.

NASIONAL | 27 Maret 2021

Megawati Dorong Anak Muda Buktikan Made In Indonesia Karya Terbaik

Dijelaskan Megawati, Indonesia memiliki berbagai perangkat peraturan nasional untuk melindungi pelaku kreatif.

NASIONAL | 27 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS