Logo BeritaSatu

Ormas Katolik Kutuk Keras Pengeboman di Gereja Makassar

Minggu, 28 Maret 2021 | 17:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu-com Sejumlah organisasi massa umat Katolik mengutuk keras aksi pengeboman di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3). Perbuatan jahat bom bunuh diri ini jelas-jelas bukan perilaku serta sikap orang beragama.

Berkaitan hal tersebut, pimpinan ormas Katolik yang terdiri dari: Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Pemuda Katolik (PK), Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), bersama Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) menyampaikan kutukan keras.

Dalam pernytaaan bersama, pimpinan ormas Katolik mengajak segenap umat beragama tetap teguh dalam solidaritas, dan senantiasa bekerja sama mengawal kepentingan masyarakat dan bangsa, serta menghormati kerukunan hidup beragama.

"Kepada umat Katolik seluruh Indonesia dan khususnya di Paroki Katedral Makassar, kami menyerukan agar tetap tenang, tidak terbawa kecemasan serta larut dalam rasa takut. Kita bawa segenap peristiwa dan kekecewaan ini dalam doa bersama," bunyi pernyataan bersama.

Menurut ormas Katolik, tragedi di Katedral Makassar kiranya menjadi pengingat kepada semua elemen bangsa dan lapisan masyarakat agar semakin memperkuat persatuan, solidaritas, kerjasama dalam kesatuan bangsa dan tanah air Indonesia yang kaya oleh keragaman latarbelakang agama, budaya, dan suku.

Ormas Katolik meminta Pemerintah, Polri dan TNI agar bisa mengungkap pelaku dan jaringannya agar mencegah peristiwa serupa terjadi di kemudian hari.

"Di tengah pandemi yg belum berakhir, seharusnya kita saling menjaga ketenangan dan ketertiban, menjalankan protokol kesehatan, giat beramal bakti, serta terus menjalin solidaritas untuk warga masyarakat terdampak," bunyi pernyataan bersama.

Pada Minggu (28/3), Umat Katolik Gereja Hati Yesus yang Mahakudus, Paroki Katedral Makassar, sedang melaksanakan beribadah luring di Katedral, dalam jumlah terbatas serta setelah melalui prokes ketat. Peribadahan Minggu Palma ini sekaligus menandai awal Pekan Suci Paskah 2021.

Namun di tengah suasana peribadatan suci, satu bom, diduga bom bunuh diri, meledak di salah satu pintu masuk Katedral Makassar. Belasan orang korban terluka akibat ledakan di tempat kejadian perkara.

Katedral Makassar memiliki jumlah umat Katolik terbesar di Makasar dan menjadi ikon gereja Katolik tertua di Sulawesi Selatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Petinggi OPM Imbau Lukas Enembe Patuhi Hukum

Mantan petinggi OPM, Alex Ruyawri Yessi Makabori mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe agar mematuhi proses penegakan hukum di KPK.

NEWS | 26 September 2022

ISESS Belum Lihat Kapolri Bersih-bersih di Tubuh Polri

ISESS belum melihat langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah jabatan di lingkungan Polri sebagai upaya bersih-bersih Polri.

NEWS | 26 September 2022

KPK Koordinasi ke IDI untuk Cek Kesehatan Lukas Enembe

KPK berkoordinasi dengan IDI untuk mengungkap kebenaran kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.  

NEWS | 26 September 2022

ISESS: Reformasi di Tubuh Polri Perlu Didukung Semua Pihak

Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) menyatakan reformasi di tubuh Polri perlu didukung oleh semua pihak

NEWS | 26 September 2022

Pengamat: Anies Penuhi Janji Sediakan Sarana Transportasi

Pengamat transportasi AKBP (Purn) Budiyanto menyatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi janjinya yakni menyediakan sarana transportasi

NEWS | 26 September 2022

Kinerja Anies Baswedan Jadi Promosi Para Relawan di Daerah

Kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 5 tahun menjabat, menjadi promosi para relawan dalam menggalang massa di daerah

NEWS | 26 September 2022

11 Jenderal Dimutasi, Kompolnas: Upaya Bersih-bersih Polri

Kompolnas menyatakan, langkah Kapolri untuk melakukan mutasi di antaranya 11 perwira tinggi (pati) Polri adalah upaya bersih-bersih

NEWS | 26 September 2022

Banjir dan Tanah Longsor Berdampak pada 3.702 Warga di Garut

BNPB melaporkan bencana banjir dana tanah longsor yang terjadi di Garut, Jawa Barat berdampak pada 1.213 keluarga.

NEWS | 26 September 2022

Legislator Cecar Nadiem Soal 400 Orang Shadow Team

Anggota Komisi X DPR mencecar Nadiem terkait keberadaan 400 orang anggota shadow team Kemendikbudristek.

NEWS | 26 September 2022

Dicecar Dokter KPK, Tim Medis Lukas Enembe Tak Mampu Jawab

Tim medis pihak Lukas Enembe tidak mampu menjawab persoalan kecil terkait teknis  kondisi kesehatan yang bersangkutan ketika dicecar dokter KPK.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ISESS Belum Lihat Kapolri Bersih-bersih di Tubuh Polri

ISESS Belum Lihat Kapolri Bersih-bersih di Tubuh Polri

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings