BPPT Lakukan Rekayasa Cuaca untuk Tingkatkan Ketinggian Air Danau Toba
Logo BeritaSatu

BPPT Lakukan Rekayasa Cuaca untuk Tingkatkan Ketinggian Air Danau Toba

Selasa, 30 Maret 2021 | 08:15 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / BW

Siborong-borong, Beritasatu.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) melakukan operasi rekayasa cuaca untuk menurunkan hujan di daerah tangkapan air Danau Toba, Sumatera Utara. Langkah itu dilakukan karena level tinggi muka air (TMA) Danau Toba saat ini sudah mendekati titik minimum.

Kepala BB TMC, Jon Arifian, mengatakan, Danau Toba memiliki fungsi sangat strategis, baik untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), irigasi, serta memenuhi air baku untuk industri dan rumah tangga termasuk pariwisata.

“TMC melakukan upaya untuk memodifikasi pertumbuhan awan dengan memasukkan inti kondensasi ke dalam sistem awan sehingga hujan lebih cepat terjadi dan curah hujan yang dihasilkan menjadi lebih besar,” kata Jon, dikutip dari siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (30/3/2021).

Sebelumnya, dilakukan pembukaan operasi TMC DAS Danau Toba di Siborong-borong, Senin (29/3/2021).

Jon mengatakan, data historis rata-rata curah hujan pada April di Danau Toba sebesar 203 mm, sehingga pelaksanaan TMC kali ini diharapkan dapat meningkatkan 20-30 persen dari curah hujan selama April di Danau Toba.

Direktur Eksekutif Operasi dan Produksi PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Reinaldy Harahap, menyampaikan terima kasih kepada BPPT. Dia mengatakan, sampai 26 Maret 2021, TMA Danau Toba berada pada level 903.20 meter, sedangkan level minimum di titik 902.40 meter agar PLTA dapat beroperasi secara normal.

“Kondisi ini cukup mengkhawatirkan sehingga perlu langkah praktis untuk meningkatkan tinggi muka air di DAS Danau Toba. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan TMC,” kata Reinaldy.

Bendungan
DAS Danau Toba menjadi sumber utama untuk 3 bendungan dan 2 PLTA yang dikelola oleh PT Inalum. Bendungan tersebut yaitu Bendungan Pengatur, Bendung Sigura-gura dan Bendungan Tangga. Sedang PLTA yaitu PLTA Sigura-gura dan PLTA Tangga.

PLTA Sigura-gura memiliki kapasitas produksi 286 MW dan PLTA Tangga memiliki kapasitas produksi 317 MW. Selain itu, Danau Toba juga menjadi sumber mata pencarian bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya.

Koordinator Bidang Pelayanan TMC BBTMC Sutrisno mengatakan sorti pertama kegiatan TMC DAS Danau Toba akan dilaksanakan mulai Kamis (1/4/2021) selama 20 hari mendatang.

“Pesawat yang akan digunakan yaitu pesawat jenis Piper Cheyenne II registrasi PK-TMC milik BPPT dengan metode TMC menggunakan bahan semai Flare Cosat,” kata Sutrisno.

Bandara Silangit
Tim TMC telah menyiapkan bahan semai Flare Cosat sebanyak 170 batang di Posko TMC Danau Toba di area PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Silangit, Sumut.

Koordinator Lapangan TMC DAS Danau Toba, Cornelius A Nababan, menambahkan untuk membantu pengamatan cuaca dan kondisi awan di wilayah target, akan ditempatkan personil di dua lokasi Pos Pengamatan Meteorologi (Posmet), yaitu di daerah Porsea dan Merek.

“Hasil pengamatan cuaca dan potensi awan hujan akan dilaporkan setiap saat oleh petugas di Posmet kepada tim pelaksana di Posko, untuk dianalisis dan dijadikan sebagai masukan guna menentukan strategi pelaksanaan penyemaian awan setiap harinya,” kata Cornelius.

Proses pengamatan cuaca tersebut dilakukan bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Silangit untuk analisa data cuaca dan radar.

TMA Danau Toba menunjukkan tren menurun setiap tahunnya. Selain karena efek dari perubahan iklim yang mempengaruhi curah hujan di kawasan Danau Toba, isu kerusakan lingkungan juga menjadi salah satu penyebab turunnya level muka air Danau Toba.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kisah Heroik Cosmas di Balik Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar

Aksi heroiknya menghalau pelaku bom bunuh diri untuk masuk ke area gereja, Cosmas telah menyelamatkan ratusan anggota jemaat yang masih berada di dalam gedung.

NASIONAL | 30 Maret 2021

Kadis Ketahanan Pangan Malang Tersangka Narkoba, Pemkot Belum Berikan Sanksi

Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan menghormati proses hukum yang berjalan.

NASIONAL | 30 Maret 2021

BMKG: 29 Wilayah Diperkirakan Mengalami Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Wilayah yang berpotensi hujan lebat dan angin kencang ada di kawasan Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jatim, dan Jabar.

NASIONAL | 30 Maret 2021

Warga Manado Ini Mengaku Pusing dan Lemas Setelah Divaksin Astrazeneca

Sekitar 300 dari 5.000 warga Manado mengeluh mengalami demam menggigil, nyeri tulang, muntah-muntah dan sakit kepala setelah divaksin Astrazeneca.

NASIONAL | 29 Maret 2021

JK Beri Dukungan Moral ke Uskup Agung Makassar

JK mengatakan bahwa penyebab maraknya aksi bom bunuh diri karena adalah ajaran radikal yang dengan mudah dan murah menjual surga.

NASIONAL | 29 Maret 2021

Polwan Bantu Memulihkan Trauma Warga Pengungsi Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Pemulihan trauma itu digelar di Kantor Pendopo Bupati Indramayu yang menjadi posko pengungsian sementara bagi masyarakat.

NASIONAL | 29 Maret 2021

Pegiat Media Sosial Ingatkan Pentingnya Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila

Pegiat media sosial mengingatkan pentingnya sosialisasi nilai-nilai Pancasila di ruang publik.

NASIONAL | 29 Maret 2021

Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Bersatu Lawan Kelompok Radikal

JK juga berharap para tokoh agama dapat ikut menenangkan masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh aksi teror yang mengatasnamakan agama tertentu.

NASIONAL | 29 Maret 2021

Mensos Memastikan Pengungsi Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Mendapat Pelayanan

Fasilitas yang ada di GOR milik Pertamina itu sangat memadai, sehingga diharapkan para pengungsi bisa merasakan nyaman.

NASIONAL | 29 Maret 2021

Sidang Rizieq Syihab Kembali Disiarkan Live Streaming

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur kembali menayangkan sidang Rizieq Syihab secara live streaming di kanal Youtube.

NASIONAL | 29 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS