Logo BeritaSatu

Peruri Perbaiki Rumah Tidak Layak Huni di Karawang

Kamis, 1 April 2021 | 09:26 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Karawang, Beritasatu.com – Sebagai BUMN yang memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kehidupan sosial dan menjaga lingkungan, Perum Percetakan Uang RI (Peruri) pada Rabu (31/3/2021) meresmikan hasil renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang terletak di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

Peresmian dan penyerahan Rutilahu ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Kepala Divisi Pengamanan dan HSE Peruri, Noneng Suangsih dan Kepala Desa Sedari, Bisri Mustopa. Renovasi Rutilahu memakan waktu kurang lebih 1 (satu) bulan dan kegiatan ini merupakan perbaikan Rutilahu ketujuh yang dilakukan Peruri selama 2021.

Perbaikan Rutilahu yang dilakukan Peruri bertujuan untuk membantu masyarakat menempati tempat tinggal yang layak, sehat dan aman. Program ini selaras dengan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Nyatanya, masih banyak warga yang menghadapi masalah ekonomi berkepanjangan dan pendapatan masyarakat yang masih rendah, sehingga mereka mencari tempat tinggal atau membangun dengan kemampuan seadanya sehingga tumbuh dan berkembang rumah-rumah tidak layak huni.

Sebelumnya Peruri telah melakukan peninjauan untuk menilai Rutilahu yang akan diperbaiki dengan memperhatikan beberapa kriteria misalnya ditemukan rumah yang dibangun tidak sesuai standar dengan konstruksi bangunan yang baik, pencahayaan alami kurang, sirkulasi udara tidak baik, kelembaban ruangan tinggi, air bersih belum/tidak memenuhi standar dan sanitasi yang buruk. Sehingga program perbaikan Rutilahu Peruri ini benar-benar tepat sasaran dan dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

“Sejatinya perbaikan Rutilahu tidak semata-mata untuk membangun rumah yang kokoh dan layak ditinggali, namun banyak hal penting yang dapat dilakukan di dalam rumah, di antaranya sebagai tempat edukasi utama bagi orang tua dan anak. Keberadaan rumah yang layak huni diharapkan mampu mendorong derajat kesehatan serta mendongkrak ekonomi penghuninya,” tutup Noneng saat penyerahan perbaikan Rutilahu di Desa Sedari.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perwira TNI AL Bawakan Lagu Karya Bung Karno, Megawati Ikut Menari

Saat para perwira TNI di Seskoal membawakan tari dan lagu "Bersuka Ria" karya Bung Karno, Megawati tak kuasa ikut menari bersama.

NEWS | 4 Oktober 2022

Megawati: Bangun Kekuatan Pertahanan Berdasarkan Geopolitik

Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Jokowi ajak Panglima TNI dan para kepala staf untuk bahas kekuatan pertahanan berdasarkan geopolitik.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Periksa 29 Saksi dan 6 CCTV di Stadion

Materi pemeriksaan terhadap 29 saksi tragedi Kanjuruhan yaitu seperti persiapan penyelenggaraan laga, pengamanan maupun rencana kontijensi dan emergency.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus KDRT, Lesti Kejora Alami Sejumlah Luka Lebam

Lesti Kejora mengalami luka lebam di beberapa bagian tubuhnya, akibat aksi kekerasan yang dilakukan suaminya, Rizky Billar. 

NEWS | 4 Oktober 2022

Update Covid-19: Stabil, Kasus Baru Hari Ini 1.851

Dengan tambahan 1.852 kasus baru maka total kasus Covid-19 sampai hari ini tercatat 6.437.750.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polri: Tragedi Kanjuruhan, 125 Meninggal dan 467 Luka-luka

Polri menyampaikan, korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, mencapai 125 orang meninggal dan 465 orang luka-luka.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hujan Deras Sejumlah Jalan di DKI Tergenang, Cek Lokasinya

BPBD DKI Jakarta mencatat sebanyak tujuh ruas jalan tergenang dengan ketinggian sekitar 20 cm hingga 45 cm akibat hujan deras.

NEWS | 4 Oktober 2022

Warga Tangerang Waspada, Sungai Cisadane Kondisi Siaga 3

Warga Tangerang diminta waspada mengingat hujan lebat merata di kawasan Bogor mengakibatkan aliran Sungai Cisadane siaga 3.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat: Jangan Saling Menyalahkan dalam Tragedi Kanjuruhan

Direktur IPI Karyono Wibowo meminta publik tidak saling menyalahkan dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan ratusan orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jakarta Hujan Deras, Katulampa Bogor Masih Normal

Hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah Jakarta namun tinggi muka air Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor masih normal 30 cm.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings