BMKG: Perubahan Iklim Global Akibatkan Badai Seroja dan Banjir NTT
Logo BeritaSatu

BMKG: Perubahan Iklim Global Akibatkan Badai Seroja dan Banjir NTT

Senin, 5 April 2021 | 23:54 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menegaskan bahaya perubahan iklim global yang saat ini tengah terjadi. Hal ini turut menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem badai siklon tropis Seroja di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kejadian itu memicu terjadinya bencana banjir bandang dan longsor.

Dikatakan salah satu faktor terjadinya siklon tropis Seroja adalah suhu muka laut di perairan yang semakin panas di wilayah Samudera Hindia hingga 29 derajat celsius atau jauh lebih tinggi dari suhu rata-rata, yakni 26,5 derajat celsius.

Kemudian suhu udara di lapisan atmosfer menengah juga meningkat pada tekanan 500 milibar atau lebih dari 7 derajat celsius.

"Kedua hal meningkatkan kelembapan udara dan mengakibatkan tekanan udara pada zona yang suhunya semakin hangat tersebut tekanannya menjadi rendah dibanding sekitarnya. Jadi perubahan iklim global itu memang nyata ditandai semakin meningkatnya suhu baik di udara maupun di muka air laut," kata Dwikorita dalam konferensi pers bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang digelar secara virtual pada Senin (5/4/2021).

Anomali cuaca ini sudah dibaca oleh BMKG sejak 2 April 2021 saat melihat bibit siklon yang akhirnya berubah menjadi badai siklon tropis di sekitar perairan NTT.

"Akibat global warming terjadilah aliran angin yang sifatnya siklonik, maka terjadi aliran angin yang sifatnya juga siklonik dan ini sangat jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia tapi 5-10 tahun ini terjadi karena dampak perubahan iklim global," tambah dia.

BMKG telah menerbitkan peringatan dini terkait bahaya gelombang tinggi 4 - 6 meter akibat siklon tropis Seroja yang berlaku dari 5-6 April 2021, diprediksi siklon akan bergerak terus menjauh dari Indonesia dan melemah pada tanggal 7 April 2021.

"Tanggal 5 semakin bergerak ke barat daya itu kita namakan siklon seroja dan diprediksi tanggal 6 semakin lemah karena menjauh walau mengalami peningkatan dan perlu diwaspadai saat ini angin dan tanggal 7 makin melemah dan akan punah dan akan memasuki wilayah Australia," tutupnya.

Diketahui, badai siklon tropis Seroja telah menerjang 10 kabupaten dan 1 kota di NTT, antara lain; Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Malaka Tengah, Lembata, Ngada, Alor, Sumba Timur, Rote Ndao, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, dan Ende.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Saksi Cenderung Pilih Bansos Sembako ketimbang Bansos Tunai

Rumiah yang merupakan ibu rumah tangga mengaku lebih memilih bansos dalam bentuk paket sembako dibandingkan bansos tunai.

NASIONAL | 5 April 2021

Rachmat Gobel Panen Padi Nonsubsidi di Sumba

Produktivitas padi sawah dengan pupuk nonsubsidi mencapai 9-10 ton per ha.

NASIONAL | 5 April 2021

Menteri Risma: Kemsos Bergerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Bencana di NTT

Tri Rismaharini menyatakan Kementerian Sosial bergerak cepat menyalurkan bantuan bagi para korban terdampak banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur.

NASIONAL | 5 April 2021

Kejagung Akan Menyikapi Langkah Hukum Djoko Tjandra

Kejaksaan Agung akan menyikapi apapun reaksi atau langkah hukum yang diambil oleh Djoko Tjandra setelah divonis 4,5 tahun

NASIONAL | 5 April 2021

Forum Dosen Alumni PMII Gelar Muktamar Pemikiran

Forum Dosen Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar muktamar pemikiran.

NASIONAL | 5 April 2021

Walhi NTT Dorong Gubernur Tetapkan Status Darurat Bencana di NTT

Walhi NTT minta Gubernur segera tetapkan status darurat bencana untuk NTT.

NASIONAL | 5 April 2021

Wali Kota Malang Kecewa ASN RSUD Indisipliner

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku kecewa dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang.

NASIONAL | 5 April 2021

Densus 88 Antiteror Amankan Seorang Ibu Muda di Sukabumi

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan seorang ibu muda berinisial RA (22) di Kampung Pamoyanan, Kabupaten Sukabumi

NASIONAL | 5 April 2021

BWA Resmikan Wakaf Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Bojongsari Tasikmalaya

Dengan wakaf sarana air bersih yang diwujudkan juga menambah jam terbang dan skill team BWA dalam mengentaskan permasalahan air bersih di Indonesia.

NASIONAL | 5 April 2021

Polisi Ungkap Prostitusi Online Bayaran Dolar Amerika

Polresta Mataram ungkap prostitusi online yang bayar pakai uang dolar AS.

NASIONAL | 5 April 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS