Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Bangun Sinergisitas Elemen Bangsa
Logo BeritaSatu

Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Bangun Sinergisitas Elemen Bangsa

Rabu, 7 April 2021 | 12:58 WIB
Oleh : WM

Medan, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara merupakan momentum untuk membangun sinergisitas TNI, Polri, dan masyarakat.

"Latsitarda Nusantara menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta Tanah Air serta semangat integrasi para taruna dan mahasiswa untuk membangun sinergi dan soliditas TNI, Polri, dan masyarakat," kata Panglima TNI, didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka Latsitarda Nusantara XLI Tahun 2021, di Medan, Sumatera Utara, Rabu (7/4/2021).

Panglima TNI mengatakan, Latsitarda Nusantara yang dilaksanakan sejak 7 hingga 24 April 2021 memiliki makna yang sangat penting di tengah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Latsitarda pun diharapkan dapat membantu mengurangi kesulitan rakyat, termasuk akibat pandemi.

"Saat ini sangat dibutuhkan semangat sinergi dan semangat kerja sama, untuk bersama menuju Indonesia bangkit dan melaksanakan pembangunan nasional," kata mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini pula.

Dia mengingatkan, tantangan yang akan dihadapi para taruna/taruni serta mahasiswa nantinya akan terus berubah dan kompleksitas tantangan akan terus meningkat.

Karena itu, ujar dia lagi, perwira TNI-Polri dan generasi penerus bangsa yang tangguh, mampu beradaptasi serta memanfaatkan kemajuan yang ada.

"Maka, Latsitarda harus benar-benar dimanfaatkan untuk menimba pengalaman, menjalin komunikasi personal, dan membangun kerja sama dengan sebaik-baiknya," kata Panglima TNI.

Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 ini berharap agar para taruna/taruni melaksanakan tugas dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, serta pahami dan hayati semangat persatuan dan kesatuan yang tercermin dalam sinergi dan kerja sama antarkomponen bangsa.

"Patuhi dan taati semua ketentuan yang berlaku sesuai Perduptar, termasuk protokol kesehatan dalam melaksanakan semua kegiatan," katanya pula.

Marsekal Hadi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara, para bupati/wali kota, Forkopimda Sumatera Utara yang menjadi daerah Latsitarda Nusantara XLI tahun 2021 serta Danjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, para gubernur akademi angkatan, Gubernur Akademi Kepolisian, para rektor, serta seluruh pembina dan pelatih yang terlibat dalam Latsitarda.

"Kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara saya titipkan generasi muda terbaik bangsa. Jadikan mereka anak muda yang berjiwa Bhinneka Tunggal Ika, yang bangga akan keanekaragaman, sekaligus mampu merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar mantan Irjen Kementerian Pertahanan ini lagi.

Beberapa wilayah yang dijadikan lokasi Latsitarda Nusantara Tahun 2021, di antaranya Kabupaten Simalungun, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, dan Kota Medan.

Sasaran fisik Latsitarda meliputi perbaikan rumah ibadah, perbaikan fasilitas umum, poskamling dan MCK umum, pembersihan drainase, perbaikan rumah tidak layak huni, dan perbaikan/pengaspalan jalan/pavingisasi.

Sedangkan sasaran nonfisik meliputi riset sosial, penyuluhan Covid-19, narkoba, kesehatan, penguatan desa/kampung tangguh, penanaman nilai juang, pengenalan Akademi TNI dan Akpol, pelatihan drum band, dan anjangsana kepada tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Adapun taruna dan taruni yang mengikuti upacara sebanyak 802 orang.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur Masih Tutup Akibat Tergenang Banjir

Genangan banjir di kawasan Bandara Mehang Kunda merupakan luapan air dari Bendungan Kambaniru yang jebol diterjang banjir.

NASIONAL | 7 April 2021

Ahli: Pemegang Polis Wanaartha Jadi Korban Penegakan Hukum yang Cacat

Pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha telah menjadi korban dari proses penegakan hukum yang unfair dan flawed (criminal justice system).

NASIONAL | 7 April 2021

KPK Telusuri Aliran Uang Suap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Selain aliran uang yang diterima Nurdin, tim penyidik juga mendalami aliran sejumlah uang dari Nurdin Abdullah ke berbagai pihak.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Tak Jujur

KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, Sigit Setiawan menilai Bupati Terpilih Orient Patriot Riwu Kore tidak jujur saat pengajuan paspor

NASIONAL | 7 April 2021

Presiden: Organisasi Keagamaan Wajib Miliki Komitmen Kebangsaan

Pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan.

NASIONAL | 7 April 2021

Tanahnya Dirampas, Guru Besar IPB Minta Bantuan Jokowi dan Kapolri

Pengadilan mulai tingkat pertama sampai di tingkat PK Mahkamah Agung pun sudah memutuskan bahwa tanah di tersebut milik dia dan kakaknya Since Mokoginta.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Ajukan Penerbitan Paspor Maret 2019

Hasil pemeriksaan berkas itu, KJRI Los Angeles tidak menerbitkan paspor Orient, tetapi mengeluarkan surat perjalanan laksana paspor.

NASIONAL | 7 April 2021

Mantan Bupati Manggarai Deno Kamelus Meninggal Dunia

"Saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga untuk jenazah almarhum dapat disemayamkan di Kantor Bupati Manggarai di Ruteng," kata Lodovikus.

NASIONAL | 7 April 2021

Gunung Sinabung Erupsi Luncurkan Abu Vulkanik Sejauh 1 Km

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

NASIONAL | 7 April 2021

Keluarga Berperan Penting Cegah Penyebaran Ideologi Radikal

Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, Islah Bahrawi, mengatakan keluarga adalah hulu yang paling utama dalam membendung ideologi radikalisme.

NASIONAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS