Imigrasi Sebut Orient Riwu Kore Punya Paspor Indonesia Berlaku hingga 2024
Logo BeritaSatu

Sidang Pilkada Sabu Raijua

Imigrasi Sebut Orient Riwu Kore Punya Paspor Indonesia Berlaku hingga 2024

Rabu, 7 April 2021 | 13:12 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Perwakilan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) Ruri mengatakan, bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, NTT, Orient P Riwu Kore memiliki paspor Indonesia yang berlaku hingga tahun 2024. Paspor tersebut, kata Ruri, diterbikan pada 1 April 2019.

Hal ini disampaikan Ruri saat memberikan keterangan dalam sidang perkara sengketa hasil Pilkada Sabu Raijua, di Mahkamah Konstitusi (MK), yang disiarkan melalui channel Youtube MK, Rabu (7/4/2021).

“Betul Yang Mulia (punya paspor Indonesia), berlaku sampai 1 April 2024, pengeluaran kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Diterbitkan 1 April 2019,” ujar Ruri saat menjawab pertanyaan Hakim MK Enny Nurbangsih soal paspor Indonesia yang dimiliki Orient.

Ruri menjelaskan, paspor ini diterbitkan sebagai pengganti surat perjalanan laksana (SPL) paspor yang diterbitkan KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, pada tahun 2019. Menurut dia, pihaknya menerbitkan paspor Indonesia karena SPL Orient menunjukkan yang bersangkutan merupakan warga negara Indonesia dan fungsi SPL hanya sekali perjalanan.

“Karena fungsi SPL ini hanya digunakan sekali perjalanan pulang dari luar negeri, masuk ke Indonesia,” kata dia.

Terkait informasi atau data bahwa Orient memilik paspor Amerika Serikat, Ruri mengatakan, pihaknya tidak bisa mendeteksi jika yang bersangkutan tidak menggunakan paspor AS atau tidak melaporkan paspor tersebut kepada pihak Dirjen Imigrasi. Dia mengaku, saat mengurus paspor Indonesia, Orient tidak memberikan keterangan bahwa dirinya telah memperoleh kewarganegaraan negara lain atau asing.

“Selama paspor asing tidak digunakan atau tidak tercatat dalam perlintasan kami, kami tidak bisa mendeteksi yang bersangkutan menggunakan paspor lain selain paspor Indonesia,” tutur dia.

Ruri juga menginformasikan, terakhir Orient masuk ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia. “Terakhir masuk di catatan perlintasan kami, (Orient) masuk tanggal 16 Juli 2020 dengan paspor Indonesia dengan nomor EX 746666 melalui Bandara Soekarno Hatta, Pukul 23.28.27,” kata Ruri



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Bangun Sinergisitas Elemen Bangsa

Panglima TNI menyebutkan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara merupakan momentum untuk membangun sinergisitas TNI, Polri, dan masyarakat

NASIONAL | 7 April 2021

Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur Masih Tutup Akibat Tergenang Banjir

Genangan banjir di kawasan Bandara Mehang Kunda merupakan luapan air dari Bendungan Kambaniru yang jebol diterjang banjir.

NASIONAL | 7 April 2021

Ahli: Pemegang Polis Wanaartha Jadi Korban Penegakan Hukum yang Cacat

Pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha telah menjadi korban dari proses penegakan hukum yang unfair dan flawed (criminal justice system).

NASIONAL | 7 April 2021

KPK Telusuri Aliran Uang Suap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Selain aliran uang yang diterima Nurdin, tim penyidik juga mendalami aliran sejumlah uang dari Nurdin Abdullah ke berbagai pihak.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Tak Jujur

KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, Sigit Setiawan menilai Bupati Terpilih Orient Patriot Riwu Kore tidak jujur saat pengajuan paspor

NASIONAL | 7 April 2021

Presiden: Organisasi Keagamaan Wajib Miliki Komitmen Kebangsaan

Pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan.

NASIONAL | 7 April 2021

Tanahnya Dirampas, Guru Besar IPB Minta Bantuan Jokowi dan Kapolri

Pengadilan mulai tingkat pertama sampai di tingkat PK Mahkamah Agung pun sudah memutuskan bahwa tanah di tersebut milik dia dan kakaknya Since Mokoginta.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Ajukan Penerbitan Paspor Maret 2019

Hasil pemeriksaan berkas itu, KJRI Los Angeles tidak menerbitkan paspor Orient, tetapi mengeluarkan surat perjalanan laksana paspor.

NASIONAL | 7 April 2021

Mantan Bupati Manggarai Deno Kamelus Meninggal Dunia

"Saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga untuk jenazah almarhum dapat disemayamkan di Kantor Bupati Manggarai di Ruteng," kata Lodovikus.

NASIONAL | 7 April 2021

Gunung Sinabung Erupsi Luncurkan Abu Vulkanik Sejauh 1 Km

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

NASIONAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS