Megawati Perintahkan Kadernya Turun Langsung Bantu Korban Bencana di NTT dan NTB
Logo BeritaSatu

Megawati Perintahkan Kadernya Turun Langsung Bantu Korban Bencana di NTT dan NTB

Rabu, 7 April 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turun tangan langsung mengkoordinasikan para kader partainya untuk terjun membantu para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu diungkap oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam pembukaan rapat koordinasi nasional (Rakornas) bidang Pariwisata yang digelar secara virtual, Rabu (7/4/2021).

Menurut Hasto, PDIP sudah menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke wilayah yang terkena bencana. Wasekjen PDIP Sadarestuwati berada di lapangan untuk memimpin koordinasinya. Namun, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga ternyata ikut terjun mengakselerasi proses kerja pasca bencana ini.

"Tadi malam Ibu Megawati terus mengkoordinasikan bagaimana gerak Baguna dalam tanggap bencana di NTT," kata Hasto.

Kerja-kerja penyelamatan para korban bersama aparat pemerintahan dilakukan oleh petugas Baguna PDIP. Selain itu, kerja-kerja distribusi bantuan dan logistik juga dilakukan.

Pada hari ini, lanjut Hasto, PDIP kembali mengirim logistik setelah melaksanakannya sejak minggu lalu.

"Instruksi Ibu Mega sangat detail di dalam tanggap darurat penanganan bencana. Sampai Beliau menuliskan sendiri jenis obat-obatan, makanan, dan hal-hal penting yang harus dibeli untuk menolong ibu-ibu dan anak-anak,” kata Hasto.

Megawati juga memerintahkan agar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster segera bergerak. Yakni membangun posko dan mengerahkan kader Baguna Bali segera diterjunkan ke NTT. "Sebab itulah sifat dan sikap gotong royong kita menghadapi bencana," tukas Hasto.

Lebih jauh, Hasto mengatakan PDIP juga terus mendorong kesadaran bahwa masalah kebencanaan ini tak hanya sekadar soal tindakan pasca bencana. Yang utama saat ini, seperti selalu diingatkan Megawati, perlu mencermati perkembangan dan dampak global warming saat ini.

Mengambil contoh di bencana di NTT, yang terjadi akibat anomali cuaca sehingga tercipta badai siklon tropis Seroja. Padahal, hal ini seharusnya tak terjadi di wilayah yang berada di khatulistiwa seperti Indonesia. Namun faktanya, kini itu terjadi dan diakibatkan perubahan iklim, efek rumah kaca, sehingga membawa kenaikan permukaan air laut.

"Proses ini yang membawa dampak hingga terjadi bencana ke NTT. Itulah ketika alam tak kita kelola dengan baik," kata Hasto.

"Maka Ibu Megawati dan PDI Perjuangan selalu mengingatkan, bahwa dalam politik perencanaan pembangunan ,kita harus memperhatikan perubahan iklim yang dampaknya dahsyat dalam bencana lingkungan," pungkas Hasto.

Rakornas dipimpin oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang hadir di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Selain Hasto, jajaran DPP PDIP juga hadir. Diantaranya adalah Wasekjen Sadarestuwati, Wiryanti Sukamdani, Sri Rahayu, Ribka Tjiptaning, dan Eriko Sotarduga. Sejumlah anggota DPR juga hadir seperti Andreas Hugo Pareira yang menjadi moderator. Ratusan pengurus DPC dan DPD PDIP dari seluruh Indonesia menjadi peserta acara itu.

Sejumlah menteri juga hadir sebagai pembicara. Di antaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kapolda NTB dan BKPRMI Canangkan "Pemuda Indonesia Mengaji"

Gerakan "Pemuda Indonesia Mengaji" akan sangat bermanfaat dan menyentuh langsung kepada remaja masjid dan pemuda Islam.

NASIONAL | 7 April 2021

Imigrasi Sebut Orient Riwu Kore Punya Paspor Indonesia Berlaku hingga 2024

Imigrasi menyebut Orient P Riwu Kore memiliki Paspor Indonesia yang berlaku hingga 2024

NASIONAL | 7 April 2021

Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Bangun Sinergisitas Elemen Bangsa

Panglima TNI menyebutkan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara merupakan momentum untuk membangun sinergisitas TNI, Polri, dan masyarakat

NASIONAL | 7 April 2021

Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur Masih Tutup Akibat Tergenang Banjir

Genangan banjir di kawasan Bandara Mehang Kunda merupakan luapan air dari Bendungan Kambaniru yang jebol diterjang banjir.

NASIONAL | 7 April 2021

Ahli: Pemegang Polis Wanaartha Jadi Korban Penegakan Hukum yang Cacat

Pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha telah menjadi korban dari proses penegakan hukum yang unfair dan flawed (criminal justice system).

NASIONAL | 7 April 2021

KPK Telusuri Aliran Uang Suap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Selain aliran uang yang diterima Nurdin, tim penyidik juga mendalami aliran sejumlah uang dari Nurdin Abdullah ke berbagai pihak.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Tak Jujur

KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, Sigit Setiawan menilai Bupati Terpilih Orient Patriot Riwu Kore tidak jujur saat pengajuan paspor

NASIONAL | 7 April 2021

Presiden: Organisasi Keagamaan Wajib Miliki Komitmen Kebangsaan

Pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan.

NASIONAL | 7 April 2021

Tanahnya Dirampas, Guru Besar IPB Minta Bantuan Jokowi dan Kapolri

Pengadilan mulai tingkat pertama sampai di tingkat PK Mahkamah Agung pun sudah memutuskan bahwa tanah di tersebut milik dia dan kakaknya Since Mokoginta.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Ajukan Penerbitan Paspor Maret 2019

Hasil pemeriksaan berkas itu, KJRI Los Angeles tidak menerbitkan paspor Orient, tetapi mengeluarkan surat perjalanan laksana paspor.

NASIONAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS