KPK Geledah Kantor Bapelitbang dan DPMPTSP Bandung Barat
Logo BeritaSatu

KPK Geledah Kantor Bapelitbang dan DPMPTSP Bandung Barat

Rabu, 7 April 2021 | 13:25 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua lokasi di wilayah Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (6/4/2021). Kedua lokasi yang digeledah tim penyidik, yakni Kantor Dinas Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan (Bapelitbang) Kabupaten Bandung Barat dan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Pemkab Bandung Bandung Barat.

Penggeledahan di dua kantor instansi tersebut terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Tahun 2020. Kasus ini telah menjerat Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dan anaknya Andri Wibawa serta pemilik PT Jagat Dir Gantara (JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL) M Totoh Gunawan.

"Selasa (6/04/2021) Tim Penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat yaitu di Kantor Dinas Bapelitbang)m Kabupaten Bandung Barat dan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Kabupaten Bandung Barat," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri, Rabu (7/4/2021).

Dari penggeledahan di dua lokasi tersebut, tim penyidik menemukan dan mengamankan berbagai bukti seperti dokumen dan barang elektronik. Barang-barang itu disita lantaran diduga terkait dengan perkara dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19.

"Selanjutnya bukti-bukti ini akan divalidasi dan dianalisa untuk segera di ajukan penyitaannya guna menjadi barang bukti dalam berkas penyidikan perkara dimaksud," kata Ali.

Diketahui, KPK menetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan anaknya Andri Wibawa serta pemilik PT Jagat Dir Gantara (JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL), M Totoh Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Tahun 2020.

Kasus ini bermula pada Maret 2020, saat Pemkab Bandung Barat menganggarkan sejumlah dana untuk penanggulangan pandemi Covid-19 dengan refocusing anggaran APBD tahun 2020 pada Belanja Tidak Terduga (BTT). Sebulan setelah itu, atau April 2020, diduga Aa Umbara bertemu dengan Totoh untuk membahas keinginan dan kesanggupan Totoh sebagai salah satu penyedia pengadaan paket bahan pangan atau sembako pada Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat dengan kesepakatan adanya pemberian commitment fee sebesar 6% dari nilai proyek.

Untuk merealisasikan keinginan Totoh, Aa Umbara memerintahkan Kadis Sosial dan Kepala UKPBJ KBB untuk memilih dan menetapkan Totoh sebagai salah satu penyedia pengadaan paket sembako. Pada Mei 2020, giliran Andri Wibawa yang menemui ayahnya, Aa Umbara dan meminta dilibatkan menjadi penyedia pengadaan sembako. Permintaan itu langsung disetujui Aa Umbar dan memerintahkan Kadis Sosial dan PPK Dinsos untuk menetapkan Andri sebagai salah satu penyedia.

Atas hal tersebut, Aa Umbara diduga menerima uang sejumlah sekitar Rp 1 miliar. Sementara, dari proyek yang dikerjakannya, Totoh diduga meraup keuntungan sekitar Rp 2 miliar dan Andri menerima keuntungan Rp 2,7 miliar



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Megawati Perintahkan Kadernya Turun Langsung Bantu Korban Bencana di NTT dan NTB

PDIP sudah menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke wilayah yang terkena bencana dan mengirimkan bantuan dan pendistribusian logistik.

NASIONAL | 7 April 2021

Kapolda NTB dan BKPRMI Canangkan "Pemuda Indonesia Mengaji"

Gerakan "Pemuda Indonesia Mengaji" akan sangat bermanfaat dan menyentuh langsung kepada remaja masjid dan pemuda Islam.

NASIONAL | 7 April 2021

Imigrasi Sebut Orient Riwu Kore Punya Paspor Indonesia Berlaku hingga 2024

Imigrasi menyebut Orient P Riwu Kore memiliki Paspor Indonesia yang berlaku hingga 2024

NASIONAL | 7 April 2021

Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Bangun Sinergisitas Elemen Bangsa

Panglima TNI menyebutkan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara merupakan momentum untuk membangun sinergisitas TNI, Polri, dan masyarakat

NASIONAL | 7 April 2021

Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur Masih Tutup Akibat Tergenang Banjir

Genangan banjir di kawasan Bandara Mehang Kunda merupakan luapan air dari Bendungan Kambaniru yang jebol diterjang banjir.

NASIONAL | 7 April 2021

Ahli: Pemegang Polis Wanaartha Jadi Korban Penegakan Hukum yang Cacat

Pemegang polis PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha telah menjadi korban dari proses penegakan hukum yang unfair dan flawed (criminal justice system).

NASIONAL | 7 April 2021

KPK Telusuri Aliran Uang Suap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Selain aliran uang yang diterima Nurdin, tim penyidik juga mendalami aliran sejumlah uang dari Nurdin Abdullah ke berbagai pihak.

NASIONAL | 7 April 2021

KJRI Los Angeles: Orient Riwu Kore Tak Jujur

KJRI Los Angeles, Amerika Serikat, Sigit Setiawan menilai Bupati Terpilih Orient Patriot Riwu Kore tidak jujur saat pengajuan paspor

NASIONAL | 7 April 2021

Presiden: Organisasi Keagamaan Wajib Miliki Komitmen Kebangsaan

Pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan.

NASIONAL | 7 April 2021

Tanahnya Dirampas, Guru Besar IPB Minta Bantuan Jokowi dan Kapolri

Pengadilan mulai tingkat pertama sampai di tingkat PK Mahkamah Agung pun sudah memutuskan bahwa tanah di tersebut milik dia dan kakaknya Since Mokoginta.

NASIONAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS