Pemkot Malang Memulai Sekolah Tatap Muka di Awal Ramadan
Logo BeritaSatu

Pemkot Malang Memulai Sekolah Tatap Muka di Awal Ramadan

Kamis, 8 April 2021 | 07:31 WIB
Oleh : Didik Fibrianto / JEM

Malang, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, akan memulai sekolah tatap muka pada awal Ramadan atau awal April 2021. Untuk itu, Pemkot Malang mendorong Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk tetap berjuang ekstra mengoptimalkan materi pelajaran kepada para siswa saat melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring maupun luring di musim pandemi Covid-19 ini.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan PGRI memiliki peran penting dalam membangun karakter anak bangsa. Peran strategis sebagai pendidik dalam rangka membangun anak bangsa di negara ini harus bisa menginspirasi semua pihak.

"Ke depan PGRI diharapkan mau dan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak tentang pentingnya peran strategis sebagai pendidik dalam rangka membangun anak bangsa di negara ini," katanya saat menghadiri Konferensi Cabang PGRI Kota Malang, di SMP Negeri 12, Kota Malang, Rabu (7/4/2021).

Menurut Edi, pada masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar mengajar mengalami tantangan tersendiri. Akibat pandemi, kegiatan pembelajaran tatap muka terpaksa ditiadakan, dan diubah menjadi belajar daring atau pembelajaran jarak jauh.

Adaptasi ini pun membuat para guru harus berjuang ekstra keras untuk bisa menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu, PGRI dituntut juga harus tetap menginspirasi dalam membangun anak bangsa.

"Mudah-mudahan pandemi segera berakhir, kita tetap sehat dan kegiatan belajar tatap muka dapat berjalan lagi," harap Edi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana memastikan kegiatan belajar tatap muka di Kota Malang akan dimulai awal Ramadan atau pertengahan April 2021. Namun akan dibatasi hanya 50% jumlah siswa yang ikut sekolah tatap muka.

"Seminggu lagi mulai sekolah tatap muka, tapi jumlah siswa kita batasi 50 persen dari total siswa. Rencana sekolah tatap muka untuk siswa Sekolah Dasar dimulai tanggal 15 April 2021, untuk SMP pada tanggal 19 April 2021," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari total 50% siswa yang ikut pembelajaran tatap muka, juga akan diatur untuk masuk kelas secara bergantian dengan protokol kesehatan ketat.

"Nantinya masuknya secara bergantian, separuh siswa masuk sekolah dan separuh siswa belajar dari rumah. ruang kelas dipencar, dua hari sekali ganti kelas," pungkasnya.

Pemkot Malang sendiri sudah melaksanakan vaksinasi kepada 9.873 guru TK, SD dan SMP negeri dan swasta. Karena itu Pemkot Malang membuat kebijakan sekolah luring, sebab selain guru sudah divaksin, angka penularan dan kasus baru Covid-19 di Kota Malang terus menurun.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

BMKG: 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

BMKG memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang diperkirakan terjadi dari Sumatera hingga Papua.

NASIONAL | 8 April 2021

Bencana di NTT, Doni Monardo: Evakuasi Warga di Tempat Terisolir Gunakan Helikopter

Evakuasi warga terisolir menunggu perkembangan cuaca.

NASIONAL | 8 April 2021

KPK Usut Dugaan Korupsi di Gresik

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Plt Jubir KPK, Ali Fikri membenarkan adanya sejumlah kegiatan yang dilakukan KPK di Jawa Timur.

NASIONAL | 8 April 2021

Update Bencana Alam di NTT, BNPB: 138 Orang Meninggal dan 61 Hilang

Doni menuturkan, kendala menemukan jenazah di sejumlah daerah, terutama di Lembata dan Alor karena kesulitan untuk mobilisasi alat berat dan cuaca.

NASIONAL | 8 April 2021

Banjir NTT, Pemda dan BNPB Upayakan Bantuan Rp 500.000 Per Keluarga

Kepala BNPB Doni Monardo menyebutkan, bantuan dana tunai ini untuk memberi keringanan kepada warga agar mencari atau menyewa rumah.

NASIONAL | 8 April 2021

Gerindra akan Dorong Sumatera Barat Sebagai Destinasi Wisata Halal

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerakan Indonesia Raya Ahmad Muzani mendorong potensi Sumatera Barat untuk mengembangkan wisata halal Indonesia.

NASIONAL | 8 April 2021

BMKG: Awan Cumulonimbus di NTT Ganggu Penerbangan

Oleh karena itu, penerbangan di wilayah NTT harus waspada hingga 11 April 2021.

NASIONAL | 7 April 2021

Konsisten Berkebaya, 7 Perempuan Terima Penghargaan Anugerah Kebaya Indonesia

Ketujuh perempuan itu juga dikenal sebagai figur publik yang sering atau rutin berkebaya. Mereka juga dianggap selalu setia mempromosikan penggunaan kebaya.

NASIONAL | 7 April 2021

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Jembrana Sasar 6.000 Warga

Ke depan, sasaran vaksinasi difokuskan di tempat padat penduduk, seperti di pasar.

NASIONAL | 7 April 2021

BMKG: Siklon Tropis Seroja Sudah Menjauh dari Indonesia

BMKG mengatakan bahwa siklon tropis seroja saat ini sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia menuju ke Samudera Hindia sebelah barat Australia.

NASIONAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS